Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Beberapa Balita Ini Belanja Online Ribuan Dollar Karena Asal ‘Klik’ Saat Bermain Tablet dan Smartphone

by JTO on 27 September, 2015

Kedekatan anak-anak dengan teknologi memunculkan kemungkinan terjadinya transaksi aneh karena ulah mereka. Hal itu dibuktikan dengan beberapa kejadian ini. Karena tidak sengaja ‘klik’ dengan tablet atau smartphone yang dimainkannya, beberapa balita ini belanja online hingga ribuan dollar.

Bagi orang dewasa, belanja barang yang sebenarnya tidak diinginkan dengan menggunakan kartu kredit melalui tablet atau smartphone mungkin sudah biasa. Orang dewasa kini lebih berani mencicil dengan kartu kredit untuk hal-hal yang sebelumnya harus dibayar tunai atau dicicil dengan cara kredit lainnya.

Sebuah studi yang dilakukan Op4G untuk CardRatings.com menemukan bahwa sudah banyak orang Amerika Serikat yang berani melakukannya. Ada yang membeli mobil, membayar biaya pernikahan, atau membayar biaya masuk kuliah dengan gesekan kartu kredit.

Namun, yang lebih seru adalah pembelian yang dilakukan para balita. Yang pasti, mereka tidak sengaja melakukannya. Transaksi ini membuat perputaran uang lewat kartu kredit cukup besar. Nah, barang apa saja yang sudah masuk dalam daftar pembelian aneh yang pernah dilakukan anak-anak? Simak pada daftar berikut ini:

 

Membeli Austin Healy Sprite 1962

ebay-austin-healey

Dikutip dari koin.com, kejadian ini terjadi pada 2013. Di mana bayi lucu bernama Sorella Stoute secara tak sengaja memaksa ayahnya membelikan mobil bekas klasik Austin Healy Sprite 1962 dari situs e-commerce ebay. Sorella membeli mobil tersebut saat sedang bermain-main dengan smartphone sang ayah. Meski sudah sempat dibatalkan penjualannya, ayah bayi perempuan berusia 14 bulan ini memutuskan untuk tetap membeli mobil klasik Inggris seharga 225 dollar AS tersebut. Sorella berhak menggunakannya saat dewasa kelak.

 

Membayar Farmville seharga 1.900 dollar AS

Asyik bermain Farmville di Facebook, seorang anak di Inggris tak segan memakai akun kartu kredit milik ibunya untuk membeli sebuah peternakan seharga 1.900 dollar AS. Sayang, peternakan itu tidaklah nyata. Padahal dengan uang sebanyak itu dia bisa membeli peternakan yang asli plus seekor kuda serta kebun apel. (Baca juga: Jangan Pernah Punya Kartu Kredit Yang Miliki Ciri Seperti Ini)

 

 

Membeli aplikasi iPhone super mahal

Nick Turner hanya sedang bermain-main dengan iphone di tangannya. Alhasil, bayi berumur 11 bulan ini pun sukses bertransaksi mengunduh salah satu aplikasi IOS bernama BarMax. Jika biasanya aplikasi yang banyak ditawarkan gratis, Turner justru memilih aplikasi super mahal. Harganya mencapai 999 dollar AS.

Membeli eskavator

Bermain pasir di pantai dengan alat keruk mungil lengkap dengan ember berbagai ukuran kerap menjadi favorit mainan bayi dan balita. Namun sepertinya Pipi Quinlan ingin sesuatu yang berbeda. Bayi lucu dari Belanda ini sepertinya ingin membeli alat pengeruk pasirnya sendiri. Dia pun sukses memakai komputer ibunya yang sedang tak bertuan untuk membeli buldozer berjenis eskavator seharga 16.500 dollar AS.

 

Belanja jor-joran di game Zombie

Danny Kitchen sangat sudah bermain Zombies VS Ninja di smartphone. Tanpa sadar, balita ini sudah 2.570 dollar AS di game favoritnya tersebut dengan sejumlah pembelian di dalam aplikasinya.

 

Membeli resep asli Coca-cola

Ide ini datang dari seorang remaja berusia 15 tahun yang sangat menyukai minuman soda. Ia pun berusaha mendapatkan racikan minuman soda tersendiri. Namun, bukan dengan teknik coba-coba, dia memilih untuk mencoba membeli resep asli Coca-cola yang dijajakan di ebay. Harganya fantastis, mencapai 15 juta dollar AS. (Baca Juga: Rewards Kartu Kredit Yang Kasih Sebuah Kapal Pesiar dan Tur Luar Angkasa Itu Ada Lho!)

 

 

Menghabiskan 5.600 dollar AS untuk aplikasi iPhone

Remaja bernama Cameron Crossan hanya ingin membeli dua aplikasi di iTunes. Namun, ia justru tidak sengaja memencet layar iPhone beberapa kali dan akhirnya terbelilah aplikasi dengan total harga 5.600 dollar AS. Ia akhirnya diserahkan ke polisi oleh ayahnya hanya agar bisa dilaporkan lebih lanjut sebagai tindak penipuan pada sang anak.

 

Mendapatkan paket nyasar berupa uang tunai

Remaja asal Inggris membeli konsol PlayStation 2 yang masih mulus secara online. Ketika paket pesanannya datang, yang ditemukan justru uang sebesar 44 ribu Poundsterling atau setara dengan 90 ribu dollar AS. Karena dia adalah anak yang baik, temuannya itu langsung dilaporkan pada orang tuanya sehingga paket tersebut kemudian dikembalikan ke polisi setempat.

 

Belanja ribuan dollar untuk sereal buah-buahan virtual

Anak bernama Madison Kay ini asyik menghabiskan uang yang susah payah didapatkan ibunya tersebut hanya untuk semacam sereal buah-buahan di game iPhone Smurf’s Village bernama Smurfberries. Karena terasa janggal, transaksi aneh itu pun diblokir oleh Apple.

 

Ayo bandingkan dan dapatkan kartu kredit yang paling cocok dengan gaya hidupmu di sini

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami