Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Beberapa Hal yang Harus Dilakukan Saat Ingin Booking Hotel Online

by Rafly Aditia on 5 Maret, 2017

booking hotel_asuransi perjalanan - CekAja.com

Di era digital, kita tidak perlu lagi repot saat berencana Traveling. Cukup dengan smartphone, kita bisa reservasi tiket transportasi sampai penginapan secara online dari jauh-jauh hari.

Namun, ada beberapa kiat tertentu yang harus kamu lakukan saat merencanakan traveling. Khususnya untuk booking hotel online:

Perbandingan harga, cari tahu lebih lanjut

Saat booking hotel secara online lewat aplikasi atau website pasti kamu akan membandingkan antara satu dengan yang lainnya. Terkadang kamu bisa menemukan harga terpampang yang lebih murah di alah satu aplikasi atau situs tertentu.

Tetapi jangan terkecoh dulu, pastikan bahwa harga tersebut sudah termasuk pajak dan biaya lainnya. Karena di beberapa situs dan aplikasi harga yang terpampang tidak termasuk pajak dan biaya lainnya. Untuk membandingkan kamu perlu melakukan proses pesan unit terlebih dahulu agar tahu harga totalnya, namun tidak perlu sampai proses pembayaran.

Cari tahu fasilitas yang diberikan

Saat booking hotel online kamu perlu memperhatikan apa saja fasilitas yang diberikan. Perlu diketahui bahwa setiap kelas kamar yang kamu pilih tentu memiliki fasilitas yang berbeda. Tetapi ada juga fasilitas umum di hotel yang bisa dipakai mulai dari wi-fi, kolam renang, sampai penyediaan sewa motor.

Gampang saja, kamu tinggal cek kolom fasilitas yang tersedia pada hotel pilihan di aplikasi atau situs yang kamu gunakan.

Termasuk sarapan atau tidak?

Harga kamar hotel yang sama bisa berbeda, hal ini biasanya dikarenakan adanya sarapan atau tidak. Yup, saat kamu pesan kamar hotel secara online cek lebih lanjut apakah harga tersebut sudah termasuk sarapan atau belum.

Kalau harganya sudah termasuk sarapan, kamu cek harga yang tanpa sarapan. Apakah perbedaannya cukup jauh? Biasanya perbedaan harga untuk satu kamar tanpa sarapan dan dengan sarapan berkisar Rp 100-200 ribu.

Bagaimana sistem pembayarannya?

Perlu juga kamu ketahui, sistem pembayaran setiap hotel di situs yang sama berbeda satu sama lain. Bahkan kalau kamu memesan kamar yang sama sekalipun, bisa juga berbeda loh!

Perhatikan bagaimana detil pembayaran kamar yang kamu pesan, haruskah menggunakan kartu kredit, jumlah dp yang harus dibayar, atau justu bisa dilakukan pembayaran di tempat? Biasanya detil seperti ini tertera di kolom harga kamar.

Pastikan lokasi hotel

Perhatikan lokasi hotel yang kamu pilih dan sesuaikan kembali dengan informasi di Google, kalau masih ragu hubungi langsung pihak hotel. Karena ada beberapa kejadian yang menimpa para traveler dimana lokasi hotel yang tertera pada aplikasi berbeda dengan lokasi sebenarnya hotel tersebut.

Apabila ada keraguan bisa langsung menghubungi pihak hotel lewat kontak yang tertera pada bagian informasi hotel tersebut.

Mendingan cek review dulu, deh

Saat kamu sudah menyaring beberapa hotel pilihan, coba cek review dari para pelanggan sebelumnya. Berapa rating rata-rata yang diberikan dan bagaimana komentar mereka terkait pengalaman menginap di hotel tersebut?

Semakin banyak komentar positif dan rating yang tinggi, tentu menunjukkan bahwa hotel tersebut memiliki nilai yang baik.

Kalau traveling jangan lupa asuransi

Kalau kamu pergi traveling, sebaiknya kamu membeli asuransi perjalanan terlebih dahulu. Kenapa demikian? Karena saat traveling ada risiko-risiko finansial yang bisa saja merugikan dirimu.

Dengan asuransi perjalanan maka kamu dapat mempersiapkan diri sehingga apabila ada kerugian yang terjadi kamu tidak harus menguras uang banyak di dompet, kartu debit, maupun kartu kreditmu.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami