Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Beberapa Keuntungan Main Saham yang Wajib Kamu Pahami

by lhmdi on 13 March, 2016

tips kaya - CekAja.com

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak masyarakat yang tertarik bermain saham. Salah satu keuntungan yang paling dicari adalah keuntungan main saham yang bisa berlipat-lipat meskipun modal awalnya sangat kecil.

Di masa depan, saham berpotensi menjadi salah satu alternatif investasi yang menguntungkan jika dilakukan dengan tepat. Tentunya tidak salah rasanya mencoba bermain saham di usia yang masih muda. Namun, ada beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui tentang beberapa jenis saham terlebih dahulu:

Saham berdasarkan hak kepemilikan

  1. Saham biasa

Saham biasa atau dikenal juga dengan common stock merupakan saham yang paling banyak muncul di bursa efek Indonesia. Jika kamu memilih jenis saham yang ini maka kamu akan mendapatkan hak untuk mengikuti voting dan dividen dalam rapat umum pemegang saham, atau dikenal juga dengan RUPS.

Keuntungan berikutnya dari memiliki saham ini adalah kamu memiliki hak klaim jika aset perusahaan di likuidasi yang sudah dipotong pajak, pendapatan karyawan, kreditur, serta pemegang saham preferen.

  1. Saham preferen

Di kalangan para bankir saham ini disebut juga sebagai saham prioritas. Beberapa perusahaan yang ada di Indonesia dan memberlakukan kepemilikan saham jenis ini diantaranya adalah PT. Bank Rakyat Indonesia, serta PT Semen Indonesia.

Jika kamu memiliki saham ini maka kamu berhak atas atas fixed dividen. Artinya adalah ketika perusahaan di likuidasi, pemegang saham preferen berhak mengklaim aset terlebih dahulu dari pemegang saham biasa atau Common stock. Sebelum membahas lebih jauh, sebenarnya berapa keuntungan bermain saham? Jawabannya tergantung apakah bermain saham dengan modal kecil? Atau modal besar? Nah, keuntungan bermain saham online, sebenarnya sama dengan keuntungan main saham. Intinya keuntungan saham per bulan.

 Jenis saham berdasarkan kapitalisasi pasar

Jika menghitung nilai saham berdasarkan nilai penguasaan pasar maka akan dibagi tiga jenis saham yang biasanya diperdagangkan.

  1. Saham papan atas yang memiliki emiten lebih dari Rp. 40 Triliyun. Saham ini biasanya dipilih karena akan sangat baik diambil untuk investasi jangka panjang.
  1. Saham lapis dua, dengan nilai emiten yang memiliki nilai diantara Rp 1 triliyun hingga 40 trilyun. Namun saham ini memiliki sifat yang lebih fluktuatif, berada dalam tahap berkembang meskipun sudah mendekati stabilitas yang sama dengan jenis saham papan atas.
  1. Saham lapis tiga yang memiliki nilai emiten bernilai di bawah Rp 1 trilyun.

Keuntungan Main Saham

Setelah mengenal beberapa jenis saham yang sering dijadikan sebagai bentuk investasi oleh masyarakat, lalu apa sebenarnya keuntungan dari investasi seperti ini? Bagi para pebisnis tentunya sudah akan mengerti apa saja perkiraan keuntungan yang akan mereka dapatkan. Lalu bagaimana dengan pemula yang ingin bermain saham? Berikut gambaran keuntungan ikut berinvestasi di saham:

  1. Memperoleh Capital Gain

Dalam investasi saham, dikenal istilah Capital Gain, yaitu selisih antara harga beli dan harga jual saham. Jika kamu tertarik berinvestasi di atau bermain saham, maka Capital Gain merupakan salah satu keuntungan yang akan diperoleh.

Selisih harga jual yang tinggi daripada saat harga beli ini bisa kamu dapatkan karena aktifitas sekunder yang terjadi di luar pasar. Sebagai ilustrasi, ketika kamu membeli satu lembar saham dengan harga Rp 4000 dan dijual kembali dengan harga Rp 5000, maka selisih sebesar Rp 1000 ini yang akan menjadi sumber main saham yang sudah kamu pilih.

Permainan saham seperti ini biasa dipilih hanya untuk investasi jangka pendek saja.

  1. Mendapatkan Deviden

Bagi kamu yang bermain saham dalam skala besar, atau menjadi salah satu pemilik mayoritas, maka deviden merupakan salah satu keuntungan saat bermain saham. Deviden adalah bagian keuntungan perusahaan yang dibagikan pada pemegang saham.saat diadakannya RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham).

Keuntungan yang diterima biasanya akan berbentuk uang tunai atau dapat juga diganti dengan keuntungan dengan penambahan saham. Hal penting yang perlu kamu pahami adalah deviden hanya berlaku bagi para investor atau pemodal yang sudah melewati Cum Date Deviden.

Isitlah tersebut merupakan tanggal pencatatan investor yang berhak menerima deviden. Bagi para investor atau pemodal, mencari keuntungan berupa deviden biasanya dilakukan untuk investasi jangka panjang.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.