Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Selebriti Hollywood yang Pertahankan Kekayaannya Lewat Investasi Startup

by Ariesta on 6 April, 2016

Sadar kalau karier di dunia hiburan tidak akan selamanya, beberapa selebriti Hollywood mulai mencari  cara untuk mengamankan kekayaan mereka. Meski di antara mereka masih aktif berakting atau mengeluarkan album, mereka tak segan meluangkan waktu untuk mempelajari portofolio.

Ya, investasi startup menjadi pilihan para selebriti Hollywood untuk menambah pundi-pundi dollar. Risiko gagal dari berinvestasi startup memang besar, karenanya hanya sedikit yang berani buka-bukaan soal uang yang mereka tanamkan. Ini dia daftar selebriti Hollywood yang sukses berinvestasi startup.

Leonardo DiCaprio

leonardo-dicaprio-the-revenant-1

Tahun 2011, aktor peraih Oscar Leonardo DiCaprio menanamkan US$4 juta untuk Mobli, sebuah aplikasi berbagi foto yang berbasis di Tel Aviv Israel.

Leo juga menjadi penasihat di bidang branding dan marketing, sekaligus membantu startup tersebut memperoleh akses ke selebriti lain.

Berkat bantuan Leo, aktor Tobey Maguire, atlet Lance Armstrong, dan Serena Williams memutuskan ikut berinvestasi.

Pada 2013, total investasi yang diperoleh mencapai US$86 juta. Meski demikian, Mobli masih sulit mengalahkan kompetitor paling populer, Instagram.

(Baca juga: Belajar Investasi dari Cara Warren Buffett Menjual Sahamnya)

Ashton Kutcher

Ashton-Kutcher

Mantan suami Demi Moore ini berhasil memosisikan namanya sebagai di jajaran selebriti investor paling sukses.

Tahun 2009, dia berinvestasi di Skype, aplikasi chatting dan video call yang dua tahun kemudian dibeli oleh Microsoft sebesar uS$8,6 miliar. Melalui A-Grade Investments yang didirikannya bersama Guy Oseary dan Ron Burkle, mereka telah mananam uang di lebih dari 20 perusahaan termasuk mattress maker Casper, car sharing service Getaround, dan perusahaan e-commerce Fab.

Tak puas sampai di situ, Kutcher mendirikan  Sound Ventures bersama  dengan Oseary yang lebih dikenal sebagai manager Madonna.

Jared Leto

Jared+Leto+Film+Independent+Spirit+Awards+5-jU5LLc50jl

Aktor, vokalis, dan penulis lagu Jared Leto merupakan selebriti investor rendah hati. Bagaimana tidak, diam-diam dia telah berinvestasi di 40 perusahaan yang di antaranya  Blue Bottle Coffee, perusahaan HR Zenefits, Reddit, dan aplikasi video streaming Meerkat.

Caranya membidik peluang pun cukup unik. Saat dia memutuskan membeli saham Reddit, investor lain justru menghindari karena kontroversi jejaring sosial dan situs berita ini. Namun Letto melihat peluang dan berontribusi dalam US$50 juta yang berhasil dikumpulkan Reddit pada September 2014.

Keputusan Leto memang tepat. Pasalnya pada Juli 2015, Reddit benilai US$4 miliar. Meski sukses, namum ia mengungkap investasi paling sukses yang ia lakukan adalah Nest Labs. Ini karena pada 2014, Google mengakuisisi perushaan tersebut seharga US$3,2 miliar.

Madonna

Madonna

Setelah diberitakan meminum Vita Coco coconut setiap hari selama tur konser, Madonna akhirnya memutuskan untuk berinvestasi US$1,5 juta di perusahaan tersebut pada 2010.

Selebriti lain yang juga mengikuti jejak Maonna di antara lain vokalis Red Hot Chili Peppers Anthony Kiedis, Demi Moore, dan manajer Madonna sendiri Guy Oseary. Keputusan Madonna memang tepat.

Merek air kelapa dalam kemasan ini semakin populer dari tahun ke tahun. Vita Coco memperluas jangkauannya ke 30 negara dan menghasilkan US$421,1 juta lewat penjualan internasional.

Justin Bieber

justin-bieber-2015

Siapa sangka Bieber diam-diam sudah berinvestasi sejak 2009, tepatnya saat dia masih berusia 15 tahun. Di usianya yang masih sangat muda, Bieber telah menanamkan keuntungan hasil manggung di aplikasi pesan Tinychat, aplikasi rating Stamped, dan layanan streaming musik Spotify.

Namun tak seperti selebriti Hollywood lain, Bieber berperan sebagai endorsement. Contohnya adalah aplikasi berbagi selfie Shots. Aplikasi ini mendadak populer saat Bieber mulai menggunakannya untuk mengunggah foto selfie-nya.

Meskipun perkembangannya terbilang lambat, Spots berhasil mengumpulkan dana US$8,5 juta di awal tahun ini. Semua tentu saja berkat bantuan si pelantun Love Youself.

Ryan Seacrest

Ryan-Seacrest

Host American Idol Ryan Seacrest tak hanya pandai membawakan acara, tapi juga pandai melirik peluang investasi.

Setelah berinvestasi US$1 juta di Typo, perangkat keyboard untuk  iPhone yang akhirnya dibeli Blackberry, dia mendirikan sebuah perusahan produksi.

Perusahaan Ryan memproduksi acara-acara untuk jaringan TV Amerika seperti MTV and E!

Kesuksesannya ini menjadikannya investor dan entrepreneur jajaran atas di antara selebriti Hollywood.

Lady Gaga

lady-gaga-girlhero

Lady Gaga terkenal karena tampilannya yang nyentrik dan aksi panggung yang unik.

Tak hanya berprofesi sebagi penyanyi, produser, dan penulis lagu, wanita bernama asli Stefani Germanotta ini menjajal peruntungannya sebagai investor dengan menamkan uangnya di Place.

Place adalah sebuah platform untuk orang-orang yang ingin bertukar ide.

Sejauh ini, Place telah memperoleh US$18 juta pendanaan dari total 14 investor termasuk Google Ventures dan Sequoia Capital.

(Baca juga: Investasi yang Bisa Dilakukan Tanpa Uang di Usia 20-an)

Bono U2

Bono

Vokalis U2 Bono benar-benar serius berinvestasi. Dia mendirikan firma Elevation Partners di tahun 20014 dan perusahaannya ini tergolong sebagai yang paling sukses di antara pemula. Elevation Partners fokus berinvestasi di bidang media, teknologi, dan hiburan dengan aset US$1,9 miliar.

Bono diperhitungkan setelah berhasil membeli US$120 juta saham Facebook alias 1,5 persen dari saham media sosial milik Mark Zuckerberg.

Bono juga menjadi investasi di Dropbox, Forbes, dan MarketShare dengan keuntungan mencapai US$600 juta.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami