Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Beda Gaya Ketika Anak muda dan Orangtua Pensiun

by Ariesta on 9 Agustus, 2016

Masa pensiun sejatinya menjadi masa-masa tenang menikmati hidup. Uang seharusnya bukan lagi kekhawatiran di masa tenangmu itu. Ini hanya terjadi bila kamu mempersiapkan pensiun dengan baik.

Tapi jika direnungi, masa pensiunmu di masa depan mungkin berbeda dengan masa pensiun orangtuamu saat ini. Kira-kira apa ya yang membedakannya?

Momong cucu Vs jalan-jalan

Cucu-cucu lucu memang favorit kakek-nenek. Kunjungan cucu saat liburan jadi hal yang paling ditunggu-tunggu. Tak heran jika orangtua zaman dulu tidak keberatan jika diminta mengurus cucu. Tapi jika kamu pensiun nanti dan punya banyak uang, mungkin kamu akan memilih untuk keliling dunia daripada duduk di rumah dan mengurus cucu.

Traveling kini sudah menjadi bagian hidup masyarakat kekinian. Jika saat muda kamu tidak punya uang tapi punya banyak waktu, saat tua nanti kamu punya kedua-duanya sehingga keliling dunia seharusnya bisa diwujudkan.

(Baca juga: Kisah Pasangan Manula Keliling Dunia Tanpa Jadi Bangkrut)

Uang pensiun dari hasil kebun Vs uang pensiun dari investasi

Orangtua zaman dulu pensiun dari hasil kebun atau uang penjualan tanah. Tapi jika pensiun nanti, kamu yang sekarang masih muda mungkin hidup dari hasil investasi. Jika uang hasil jual tanah bisa habis karena hanya digunakan untuk konsumsi, uang investasi akan terus mengalir karena selalu bertumbuh.

Santai di rumah vs berbisnis

Mendengar kata pensiun, kamu mungkin terbayang nenekmu yang duduk di beranda menikmati angin sore. Atau kakek yang sehari-harinya mengurus burung peliharaan. Tapi sebaiknya kamu berpikir ulang sebelum bersantai-santai ala orangtua zaman dulu.

Masa pensiun ibarat sisa hidup yang harus dinikmati dan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Jika selama ini kamu kerja kantoran dan sudah lama ingin berbisnis tapi belum ada keberanian, saat pensiun adalah waktu yang tepat untuk mewududkan keinginan terpendam ini. Kalau hanya bersantai di rumah tanpa melakukan aktivitas apapun, kamu malah rentan terkena penyakit lho. Tidak hanya bisnis, kamu juga bisa menyibukkan diri dengan mempelajari keahlian, bahasa, atau mendalami hobi. 

Berhenti kerja karena sudah tua vs berhenti kerja karena ingin usaha

Istilah pensiun saat tidak hanya untuk menggambarkan usia tua yang tidak bekerja lagi karena masa tugasnya sudah selesai. Kini istilah pensiun juga sering digunakan untuk menjelaskan keadaan di mana seseorang berhenti menjadi karyawan karena ingin mandiri. 

Pensiun kini bisa dilakukan jauh sebelum usia 55 tahun. Ibaratnya, bekerja kantoran menjadi momen untuk mengumpulkan modal, pengalaman, dan koneksi sebelum memutuskan pensiun dan menjadi entrepreneur. Pensiun dini juga bisa dilakukan jika kamu sudah merdeka secara finansial.

(Baca juga: Jenis Investasi yang Cocok Saat Kamu Pensiun Kelak) 

Sakit saat pensiun ditanggung anak vs sakit saat pensiun ditanggung asuransi

Anak biasanya menanggung semua biayanya ketika orang tua mengalami sakit serius. Sampai saat ini masih banyak kejadian di mana sakit saat tua membuat harta terkuras. Padahal hal semacam ini tidak perlu terjadi kalau punya asuransi kesehatan.

Jika orangtua zaman dulu belum sadar pentingnya asuransi kesehatan, jangan sampai kamu mengulangi kesalahan ini. Seandainya masa pensiunmu nanti banyak dihabiskan di rumah sakit, pastikan asuransi kesehatan yang menanggung biayanya.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami