Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Beda Jaket dan Motor Presiden Jokowi vs Dilan, Yuk Cek!

by Tisyrin on 9 April, 2018

motor sport _ kredit kendaraan bermotor - CekAja.com

Pada akhir pekan lalu, Presiden Joko Widodo mencuri perhatian dengan aksi bermotor yang penampilannya sekilas mirip Dilan, tokoh dalam film Dilan 1990 yang fenomenal belakangan ini. Persamaan dari keduanya adalah menggunakan jaket denim sembari menunggangi sepeda motor.

Aksi Jokowi yang mengendarai sepeda motor menggunakan jaket denim terlihat di Sukabumi. Jokowi melakukan touring di Sukabumi dengan motor yang unik  bersama rombongan bikers pada Minggu, 8 April 2018. Dia menempuh jarak sekitar 30 km dari kantor Kecamatan Bantar Gadung hingga Pesanggrahan Tenjo, Pantai Pelabuhan Ratu.

Meski sekilas terlihat mirip, Jokowi dan Dilan menggunakan jenis motor yang berbeda. Jaket denim yang mereka kenakan juga berbeda dari segi desainnya. Yuk, simak penjelasan tentang jaket dan motor yang dipakai Jokowi dan Dilan dari berbagai sumber.

Jaket Jokowi vs Dilan

Jokowi memakai jaket denim yang bertema Indonesia, sedangkan Dilan memakai jaket denim berkerah cokelat. Jaket yang mereka kenakan langsung diburu oleh masyarakat.

Pada bagian lengan kanan jaket Jokowi, terdapat tulisan ‘Indonesia’. Kata tersebut berwarna hitam, terkecuali huruf terakhir yang berwarna merah. Pada bagian dada, terdapat hiasan peta Indonesia berwarna putih, dengan latar belakang berwarna merah.

Untuk bagian punggung juga terdapat hiasan yang berukuran besar, berupa tulisan ‘Indonesia’ dengan motif bertema etnik dan budaya. Latar belakang tulisan tersebut adalah warna merah putih. Kabarnya, jaket itu dibuat secara custom oleh seorang seniman bernama Abenk. Dan, harganya mencapai Rp4 juta.

Sementara untuk jaket denim yang jadi ciri khas Dilan, selain memiliki kerah berwarna cokelat, terdapat hiasan bendera Amerika Serikat yang terbalik. Usai kesuksesan filmnya, jaket dengan desain semacam itu langsung bertebaran di berbagai online shop dan menjadi buruan.

Motor Jokowi vs Dilan

Jenis

Youtube

Saat touring di Sukabumi, Jokowi menggunakan motor miliknya sendiri. Motor tersebut adalah Royal Enfield Bullet 350 cc bergaya chopper hasil modifikasi. Presiden ke-7 Indonesia ini membelinya di bengkel bernama Elders Garage di Jakarta Selatan.

Jokowi tertarik dengan motor tersebut sejak dipamerkan di suatu acara perayaan Sumpah Pemuda pada Oktober 2017. Akhirnya, dia memutuskan untuk membelinya. Meski sudah dibeli olehnya, tunggangan ini masih sempet dipamerkan pada ajang Yokohama Hot Rod Custom Show 2017 di Jepang.

Instagram

Sementara tokoh Dilan menggunakan motor Honda CB 100 atau biasa dikenal Honda Gelatik. Kru film Dilan 1990 memperoleh motor klasik tersebut di situs jual beli online.

Sebelum syuting, kru mencari motor yang kondisinya paling orisinal serta lengkap surat-suratnya. Meski begitu, saat akan digunakan untuk syuting, tetap ada sedikit modifikasi agar lebih sesuai dengan tema yang diangkat dalam film. (Baca juga: Grab Akuisisi Uber dan Beberapa Hal yang Sebaiknya Anda Ketahui)

Harga

Jokowi membeli motor modifikasi Royal Enfield Bullet 350 cc bergaya chopper dengan harga Rp140 juta. Sementara kru film Dilan 1990 mendapatkan motor Honda CB 100 dengan harga  Rp14 juta.

Warna

Warna motor Jokowi adalah emas, sementara Dilan menggunakan motor dengan cat tangki kombinasi antara putih dan biru.

Spesifikasi

Motor Jokowi yang merupakan hasil modifikasi menggunakan mesin Royal Enfield berkapasitas 350 cc. Sementara rangkanya menggunakan rangka Chopperland yang merupakan hasil kolaborasi antara Elders Garage dengan Kickass Choppers.

Mesin yang digunakan hanya satu silinder dengan busi ganda dan perbandingan kompresi 8,5:1, serta masih menggunakan karburator UCAL 29 mm tipe vakum. Dengan tenaga mencapai 19 dk pada 5.250 rpm dan torsi 28 Nm di 4.000 rpm, mesin ini dilengkapi dengan transmisi 5 percepatan.

Jika Anda ingin melihat langsung motor Jokowi, bisa mendatangi ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) pada 19-29 April 2018 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Rencananya, motor tersebut akan dipamerkan pada ajang IIMS.

Sedangkan motor yang digunakan oleh Dilan, Honda CB 100, merupakan keluaran tahun 1970-an. Motor Dilan menggunakan mesin dengan kapasitas 99 cc satu silinder yang dilengkapi dengan transmisi lima percepatan. Mesin itu mampu menghasilkan 11,5 tenaga kuda pada torsi 10.500 rpm. Mesin menciptakan kompresi sebesar 9,5 dan bisa melaju secepat 110 km/jam.

Untuk keperluan film, modifikasi yang dilakukan antara lain menghilangkan sepatbor dan mengubah bagian knalpot, serta pencopotan pelat nomor. Tujuannya untuk menyesuaikan dengan karakter Dilan yang badung. (Baca juga: Telat Lapor SPT? Cek 5 Fakta tentang Pajak yang Harus Anda Ketahui!)

Anda tertarik melakukan modifikasi motor? Ajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) secara online di CekAja.com untuk mewujudkan impian Anda. Hanya dengan klik sana dan klik sini, Anda bisa mendapatkan dana hingga ratusan juta untuk berbagai kebutuhan.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.