Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Bedanya Saat Memulai Investasi di Usia 25 dan 35?

by hanna on 31 Maret, 2015

investasi - CekAja.com

Memiliki tabungan untuk pensiun adalah salah satu tujuan paling menantang. Nyatanya, banyak dari Anda, khususnya yang masih merasa muda, jauh panggang dari api untuk berpikir tentang hal ini.

Padahal, jika Anda baru memulai karier, maka Anda memiliki banyak waktu yang panjang untuk mempersiapkan tabungan ini. Memang, Anda dapat memulai tabungan ini di usia berapapun.

Namun, jika Anda memulainya sejak dini, maka hasil yang Anda dapatkan akan lebih besar. Terlebih, uang Anda ditempatkan dalam sebuah produk investasi yang menguntungkan. Sebab, hal terpenting adalah bagaimana Anda memulainya. Mau bukti? Coba baca dua ilustrasi cerita ini.

Ilustrasi 1#

Mawar lulus kuliah di usia 23 tahun dan langsung bekerja. Setelah dua tahun bekerja, tepatnya di usianya yang ke-25, Mawar memiliki rencana untuk memiliki tabungan investasi jangka panjang untuk pensiunnya nanti. Mawar pun berkomitmen untuk menyisihkan uang sebesar 600 ribu rupiah per bulan untuk tujuan tersebut. Artinya, ia mampu menyisihkan uangnya sebesar 7,2 juta rupiah per tahun.

Bila diasumsikan keuntungan dari investasinya adalah 8 persen per tahun, maka di usianya yang ke-35 maka uangnya akan meningkat menjadi sekitar 105 juta rupiah. Jadi, bila di asumsikan ia menerima gaji sebesar 3 juta per bulan di saat ia memulai investasi, maka saat usianya 35 tahun ia telah melipatgandakan uangnya hingga 35 kali lipat. (Baca juga: Persiapkan Kekayaan Sejak Usia 20-an)

Ilustrasi 2#

Iwan baru berpikir untuk berinvestasi di usianya yang ke-35. Ia berkomitmen untuk memulai tabungan investasinya sebesar 10 juta rupiah per tahun. Tentunya, jumlah tersebut sangat melebihi investasi yang dimiliki Mawar. Sebagai informasi, Mawar dan Iwan memiliki usia yang sama karena merupakan teman satu angkatan saat mereka kuliah.

Mari kita asumsikan peningkatan yang terjadi yang sama dalam 10 tahun, dengan asumsi persentase peningkatan yang sama, yaitu 8 persen. Selama 10 tahun, maka uang yang dimiliki Iwan akan berjumlah sekitar 146 juta rupiah.

Jumlahnya memang lebih besar dibanding Mawar di saat usia 35 tahun. Tapi ingat, saat Iwan mendapatkan uang ratusan juta tersebut di usianya ke-45, uang Mawar pun telah berlipat berjumlah sekitar 330 juta rupiah. (Baca juga: Cara Menjadi Milyuner Saat Pensiun)

Jadi, semakin cepat Anda memulai, maka semakin besar hasil yang bisa Anda nikmati. Nah, masih mau menunda atau memulainya sejak sekarang? Semua pilihan Anda.

 

Tentang Penulis

Social media writer, coffee lover, twenty-something.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami