Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Begini Cara Bayar Pajak Motor Online Lewat ATM

by lhmdi on 15 April, 2016

motor matic wanita_kredit motor - CekAja.com

Dengan semakin tingginya perkembangan teknologi, maka pemerintah pun mempermudah pembayaran segala jenis macam pajak, termasuk saat bayar pajak motor online yang kini sudah bisa diproses menggunakan hampir di seluruh Indonesia.

Keuntungannya tentu saja memudahkan seseorang yang memiliki kendaraan seperti motor baru dan ingin membayar pajak, kini tidak perlu lagi mengantri berjam-jam di kantor Samsat hanya untuk membayarkan pajak kendaraan bermotornya.

Hanya dengan terhubung melalui layanan e-samsat online yang disesuaikan dengan masing-masing daerah, pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online pun bisa diproses dengan cepat. Pembayarannya pun tidak harus bertatap muka langsung dengan petugas Samsat namun menggunakan komputer yang sudah terhubung dengan internet sebagai proses awalnya.

Karena bersifat teknologi, maka akses untuk pembayaran pun dilakukan tanpa harus berpindah dari satu loket lainnya. Salah satu cara pembayaran pun kini bisa dilakukan dengan menggunakan mesin Anjungan Tunai Mandiri atau ATM.

Persiapan bayar pajak motor online

Agar proses pembayaran pajak berlangsung lancar, maka calon pembayar pajak kendaraan bermotor wajib menyiapkan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu:

  1. Sebelum mengakses layanan Samsat secara online pastikan STNK atau Surat Tanda Kendaraan Bermotor sudah dalam pengesahan satu tahun penuh atau tidak berada dalam kondisi kadarluarsa.
  1. Pastikan juga motor tidak sedang dalam kondisi berganti STNK atau sedang dalam proses berganti STNK. Sebagai contoh, jika kamu sedang ingin menjual motor atau berganti kepemilkan kendaraan dengan pemilik baru.
  1. Motor yang dimiliki harus memiliki beberapa dokumen lengkap seperti Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau BPKB, Kartu Tanda Penduduk , serta STNK dari pemilik asli motor.
  1. Kondisi motor dalam keadaan tidak hilang atau rusak, atau lapor jual. Jika kamu sedang berada alam proses ini, untuk sementara tunda dahulu pembayaran pajak, kendaraan karena akan berdampak pada kasus kriminal.

Jika hal ini sudah dipersiapkan, kamu bisa langsung mengkases formulir online dari Samsat masing-masing daerah dan mengisi formulir dengan lengkap. Setelah itu pembayran pajak motor secara online pun bisa dilakukan dengan menggunakan ATM.

Beberapa referensi situs Samsat dari masing-masing provinsi diantaranya adalah

  1. Bagi warga yang memiliki kendaraan pribadi atau motor di daerah Jakarta bisa langsung mengunjungi tautan http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB
  2. Sementara itu bagi kendaraan yang terdaftar di Jawa Barat dapat mengunjungi laman http://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/
  3. Bagi yang memiliki motor di area Jawa Tengah dapat mengunjungi laman http://dppad.jatengprov.go.id/
  4. Terakhir, bagi yang memiliki kendaraan bermotor di daerah Jawa Timur dapat mengunjungi laman berikut ini: http://www.esamsat.jatimprov.go.id

Cara bayar pajak motor online lewat ATM

Secara umum, sebelum membayar pajak motor melalui mesin ATM pastinya kamu harus memiliki rekening bank aktif yang dilengkapi dengan kartu ATM. Nah! Setelah memasukkan kartu ATM, kamu bisa melanjutkan proses pembayaran dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Buka menu pembayaran pada layar ATM, dan kemudian pilih Multi Payment. Lanjutkan dengan memilih Samsat yang sesuai dengan timpat tinggal kamu.
  1. Lanjutkan dengan memasukkan kode pembayaran di kolom bawah, berdasarkan nomor yang didapat dari pendaftaran Samsat online sebelumnya.
  1. Lalu lanjutkan dengan menekan setuju untuk melakukan proses pembayaran. Perhatikan juga, untuk tidak membuat struk pembayaran yang sudah dilakukan melalui ATM tadi. Hal ini karena  akan menjadi bukti sah untuk ditukar dengan nota pajak kendaraan yang baru.
  1. Terakhir, kunjungi kantor Samsat untuk mendapatkan nota pejak. Sekali lagi, jangna lupakan untuk membawa print out pembayaran pajak kendaraan bermotor yang sudah dilakukan tadi bersama dengan fotokopi kartu tanda penduduk beserta aslinya untuk diserahkan ke loket Samsat.

Mudahkan cara bayar pajak melalui mesin ATM.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.