Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Begini Cara Bisnis Online Shop di Tahun 2017

by lhmdi on 22 Desember, 2016

tips kaya - CekAja.com

Bisnis online shop mulai ramai diperbincangkan sejak delapan hingga sembilan tahun yang lalu. Namun, perkembangan teknologi yang begitu cepat membuat cara bisnis online shop pun berkembang lebih cepat.

Perkembangan tersebut terlihat dari media yang digunakan dalam menjalankan bisnis online shop. Saat era internet pertama kali menyeruak di Indonesia layanan seperti Blogspot atau Multiply menjadi tempat untuk memulai aktifitas bisnis online shop.

Namun, saat ini, ditengah perkembangannya media yang digunakan pun mengalami perbedaan yang besar. Modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar, alias bisa dilakukan dengan mudah. Modal yang dimaksud pun bukan modal dalam bentuk uang dalam jumlah yang besar, akan tetapi modal dalam kegiatan operasionalnya.

Jika dahulu perangkat yang digunakan adalah komputer atau Laptop, maka saat ini hanya dengan menggunakan perangkat komputer tablet atau ponsel pintar semuanya sudah bisa dilakukan. Perubahan-perubahan ini pun hanya sebagian saja, karena akan ada banyak hal-hal lainnya yang berganti.

rp_CekAja-Daftar-Kartu-Kredit-belanja-online-harbolnas- CekAja.com

Memasuki tahun 2017, cara bisnis online shop pun mulai bergeser menjadi sebuah hal yang baru. Tidak perlu lagi membuat website sendiri, namun hanya menggunakan beberapa media saja seseorang sudah bisa memulai bisnis onlinenya sendiri.

Media apa saja yang berkembang dan menjadi tren bari bisnis online shop? Berikut gambarannya:

  1. Aplikasi chat

Selain media sosial seperti Facebook, Instagram atau Twitter yang sudah populer sebagai salah satu media yang digunakan untuk bisnis online shop, maka aplikasi chat pun bisa dijadikan sebagai media untuk memulai bisnis online shop.

Aplikasi dari Jepang, LINE misalnya, sudah cukup sukses mengenalkan berbagai macam brand untuk meningkatkan sarana pemasaran mereka. Bahkan bisnis kecil pun bisa berkembang menggunakan media seperti aplikasi ini untuk sukses.

Jika seorang komikus bisa menjual berbagai macam komik yang dibuatnya, melalui LINE, maka kamu pun pasti mengembangkan bisnis online yang akan dikelola. Selain LINE, aplikasi chat dari Rusia, Telegram pun bisa menjadi pilihan lainnya. Aplikasi ini menawarkan seseorang untuk membuat grup sendiri. Nah! dari grup ini tentunya bisa dikembangkan menjadi salah satu layanan untuk mengelola online shop.

  1. Layanan video

Saat ini semakin banyak layanan video yang bermunculan. YouTube bisa disebut sebagai salah satu awal layanan video digemari. Namun, jangan salah video durasi pendek seperti yang terdapat di Instagram Stories, Snapchat atau bahkan Bigo bisa digunakan sebagai layanan untuk bisnis online shop.

Asalkan konten yang kamu buat menarik dan sesuai dengan yang akan dikemas dalam bisnis yang akan dijalankan, maka layanan video ini setidaknya bisa digunakan untuk memasarkan usaha yang akan dijalankan.

Semua cara bisnis online shop ini bisa dilakukan asalkan kamu bisa membuatnya menjadi hal yang lebih baik. Apa saja yang menjadi bagian pentingnya? Mau tahu bisnis online shop reseller, cara bisnis online di facebook, atau cara bisnis online shop? Baca terus artikel ini.

  1. Kelengkapan fasilitas

Fasilitas seperti perangkat ponsel pintar atau data internet menjadi hal yang sangat penting. Jadi jika ingin memulai menjalankan bisnis online kamu, dua hal penting menjadi sangat penting. Bukan hanya sebagai alat untuk memasarkannya saja, namun dua hal ini juga akan sangat penting untuk membangun komunikasi serta interaksi dengan konsumen yang akan berbelanja.

Selain itu, dengan dua fasilitas ini kamu juga dapat memonitor setiap tanggapan yang dapat dijadikan perbaikan atau penilaian terhadap pilihan bisnis yang akan dijalankan. Cara memulai bisnis online dari nol memang tak mudah.

  1. Menentukan barang atau jasa yang dijual

Tersedia banyak ragam pilihan barang atau jasa yang bisa ditawarkan dalam bisnis online. Bisa dimulai dari  menjadi reseller atau dropshipper atau bahkan memproduksinya sendiri jika kamu memiliki nilai kreatifitas yang besar.

Melalui cara ini kamu bisa belajar dan jeli melihat tingkat kebutuhan serta keinginan dari konsumen dalam meningkatkan sebuah produk baik berupa barang atau jasa. Hal ini akan membuat usaha online shop terlaris.

  1. Siapkan katalog mini

Meskipun media yang digunakan cukup terbatas, seperti penggunaan aplikasi chat, namun tentunya membuat katalog akan menjadi sangat penting dalam mengenalkan dan menawarkan produk yang akan dijual .

Cara bisnis online shop ini juga akan membantu kamu lebih mudah dalam mengatur strategi sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh banyak konsumen. Alangkah lebih baiknya jika katalog ini dini diintegrasikan antara satu platform dengan yang lainnya.

Misalnya, jika kamu berjualan melalui aplikasi LINE, maka tambahkan tautan media sosial lainnya seperti Instagram atau Facebook hingga konsumen dadapat melihat katalog produk kamu secara jelas.

Selain itu, kamu juga bisa mengukur traffic pengunjung dai media yang digunakan.

Dapatkan pinjaman bunga ringan di sini

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.