Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Begini Cara Booking Fasilitas Olah Raga di Gelora Bung Karno

by Gentur Putro Jati on 4 Oktober, 2019

Gelora Bung Karno (GBK) bisa jadi salah satu kawasan olah raga dengan fasilitas terlengkap yang menjadi kebanggaan Indonesia saat ini. Sesuai namanya, GBK dibangun oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno setelah Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Asian Games ke-IV pada 1962.

Gelora Bung Karno GBK

Saat membuka ajang olah raga tersebut, di hadapan 110.000 orang yang memadati Stadion Utama GBK, Soekarno mengatakan bahwa peristiwa ini merupakan tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia, khususnya di bidang olahraga, yang merupakan bagian dari Nation and Character Building, maupun dalam rangka pergaulan dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Saat ini, di kawasan GBK terdapat beragam fasilitas olah raga plus 36 venues yang bisa digunakan untuk keperluan bisnis, rekreasi, dan pariwisata.

(Baca juga: Stand Up Paddle, Olahraganya Susi Pudjiastuti dan Mark Zuckerberg)

Beberapa fasilitas olah raga yang ada di GBK, antara lain Stadion Akuatik, Istora Gelora Bung Karno, Stadion Tenis Indoor, Pusat Tenis Luar Ruangan (Stadion Centre Court), Stadion Madya, Lapangan Pelatihan Sepak Bola ABC, Lapangan Panahan, Stadion Basket, Lapangan Hoki, Lapangan Bola-Softball, Balai Sidang Multifungsi, Masjid Al-Bina, dan Menara GBK.

Asal tahu saja, 84 persen dari total area GBK seluas 279,1 hektare merupakan ruang terbuka hijau dan menjadi daerah resapan air terbesar bagi Jakarta. Tidak heran jika banyak warga Ibu Kota yang melakukan aktivitas olah raga maupun berekreasi di kawasan ini setiap hari.

Pada Agustus 2018 lalu, GBK juga sukses menjadi salah satu tempat pelaksanaan event olah raga internasional yaitu Asian Games ke-18.

Kalau kamu termasuk orang yang gemar berolah raga, terbuka lebar kesempatan untuk merasakan sensasi berkompetisi di fasilitas olah raga berstandar internasional yang dimiliki GBK.

Bahkan, kamu bisa melakukan reservasi stadion dan lapangan yang ada di sana secara online loh. Simak caranya di bawah ini:

1. Buat akun di laman www.gbk.id

Masuk ke halaman e-booking GBK dengan alamat https://reservation.gbk.id/ lalu pilih menu “Game” di Menu Bar di kanan atas.

Namun, pastikan kamu telah memiliki akun atau terdaftar dan memiliki nama pengguna serta memiliki kata sandi. Jika belum memiliki akun, kamu dapat mendaftar di halaman registrasi di menu registrasi.

2. Pilih venue/fasilitas olah raga

Setelah masuk di halaman menu game, pilih venue atau fasilitas olah raga yang ingin kamu pesan.

Di halaman ini, ada fasilitas Stadion Utama Gelora Bung Karno, Gedung Basket, Lapangan Basket Outdoor 1, Lapangan Basket Outdoor 2, Lapangan Basket Outdoor 3, Lapangan Basket Outdoor 4, Lapangan Gateball 1, Lapangan Gateball 2, Lapangan Hoki, dan sebagainya.

3. Pilih tanggal reservasi

Tentukan sendiri tanggal menyewa venue/fasilitas olah raga tersebut, sesuai dengan ketersediaan tempat.

(Baca juga: Unik, Koleksi Peralatan Olahraga Yuk!)

Di laman tersebut, GBK juga mencantumkan harga sewa, yaitu sewa satu hari, juga ada tarif hari kerja dan tarif akhir pekan.

4. Pilih waktu sewa

Setelah memilih jenis venue yang akan disewa dan tanggal yang dikehendaki, selanjutnya pilih rentang waktu (jam sewa). Lalu, tentukan cara pembayaran yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk membaca syarat dan ketentuan yang berlaku.

5. Klik pesan sekarang (book now)

Setelah itu, akan muncul konfirmasi terakhir terkait venue yang akan disewa, durasi waktu, baik jam maupun tanggal, informasi pembayaran, dan tenggat waktu pembayaran. Setelah kamu pastikan semuanya sudah tepat, klik pesan sekarang atau book now.

6. Pesan langsung ke kantor pengelola

Selain melakukan reservasi venue GBK via online, kamu juga dapat melakukannya dengan cara mendatangi Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno (PPKGBK) yang berada di Jalan Pintu Satu Senayan, Jakarta.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan berolah raga. Namun alangkah lebih terlindunginya kamu dan keluarga jika membekali diri dengan asuransi kesehatan yang bisa kamu dapatkan secara mudah lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Gentur Putro Jati

Ego in debitum, ergo sum