Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Begini Cara Cek Resi JNE Biar Tahu Nasib Barang Pesananmu

by Miftahul Khoer on 9 Desember, 2019

Pedagang online biasa memanfaatkan jasa ekspedisi untuk urusan pengiriman barang. Salah satu jasa ekspedisi yang terkenal di Indonesia adalah Jalur Nugraha Ekakurir atau yang biasa disebut JNE. Nah, pengiriman barang selalu disertai dengan bukti kirim yang biasa disebut resi. Pahami yuk cara cek resi JNE!

bisnis online - CekAja

Sebelum mengetahui cara cek resi JNE, pahami dulu yuk seputar layanan yang perusahaan penyedia jasa ekspedisi yang satu ini! JNE dipercaya masyarakat karena beberapa keunggulan. Salah satunya adalah tersedianya berbagai pilihan paket sesuai kebutuhan yaitu YES, Reguler, dan Oke.

Paket YES adalah singkatan dari Yakin Esok Sampai, yaitu paket yang menjanjikan pengiriman dalam waktu satu hari atau 24 jam. Paket ini sangat cocok untuk kamu yang membutuhkan kecepatan pengiriman barang.

Paket Reguler adalah paket yang paling sering digunakan. Menjanjikan waktu pengiriman antara 3-4 hari. Paket ini paling banyak diminati dan digunakan untuk transaksi online.

Paket OKE adalah pilihan paket ekonomis dengan tarif lebih murah, akan tetapi membutuhkan waktu agak lama, sekitar satu minggu. Biasanya, paket ini digunakan untuk mengirim barang ke tujuan yang agak jauh dengan ongkos kirim mahal.

Selain itu, kalau kamu butuh mengirimkan barang dalam jumlah banyak, JNE juga menyediakan pilihan paket JNE Trucking dengan ketentuan minimal berat barang adalah 10 kilogram. Paket JNE Trucking tergolong lebih murah dan dikirimkan dalam waktu 3-4 hari.

Seperti telah disebutkan, pengiriman barang selalu disertai dengan bukti kirim yang biasa disebut resi. Mungkin kamu sendiri sudah pernah atau sedang menggunakan layanan pengiriman barang melalui JNE? Kamu bisa mengecek status pengiriman barangmu melalui nomor resi yang terletak di bawah barcode.

Berikut ini beberapa cara cek resi JNE:

1.  Melalui website

Kamu bisa langsung mengunjungi website resmi JNE yaitu jne.co.id melalui browser kamu. Di halaman awal akan ada pilihan Trace and Tracking. Kamu hanya perlu memasukkan nomor resi kiriman kamu dan tunggu beberapa saat. Nanti hasilnya akan ada keterangan berupa status pengiriman lengkap dengan lokasi dan tanggal.

(Baca juga: Cara Cek Resi J&T Express, Emak Olshop Musti Paham)
2. Melalui aplikasi MyJNE

JNE sudah meluncurkan aplikasi MyJNE untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pengecekan status pengiriman. Dengan adanya aplikasi ini, pelanggan tidak perlu repot membuka website lagi untuk mengecek barang. Cukup install aplikasi MyJNE di smartphone berbasis Android, dan aplikasi langsung bisa digunakan dengan mudah.

Dalam aplikasi MyJNE terdapat empat fitur yaitu My Shipment, My Tariff, My Location, dan My COD. Untuk menggunakan fitur-fitur tersebut, kamu harus mendaftar terlebih dahulu. Setelah mendaftar, kamu akan mendapatkan email verifikasi. Setelah verifikasi, kamu bisa langsung login dan menggunakan aplikasi MyJNE.

Untuk cek resi, kamu bisa buka menu My Shipment. Masukkan nomor resi pada kolom “Search Air Waybill”. Nanti akan keluar status pengiriman paketmu.

Melalui aplikasi ini, kamu juga bisa cek resi JNE kamu dengan menggunakan kamera untuk menyorot barcode resi kiriman. Pastikan smartphone-mu mendukung scan barcode dan pastikan seluruh barcode terjangkau kotak merah pada layar. Setelah itu akan muncul status pengirimanmu sama seperti kalau kamu mengetik nomor resi.

Aplikasi MyJNE juga bisa digunakan untuk mengecek tarif kiriman di menu My Tariff. Kamu hanya perlu memasukkan kota asal dan kota tujuan serta berat barang di kolom yang disediakan.

(Baca juga: Pebisnis Online Wajib Tahu: Cara Cek Resi Wahana Express)
3. Tanya langsung ke kantor JNE

Kalau kamu tidak bisa menggunakan website maupun aplikasi karena misalnya, tidak tersedia sambungan internet, kamu bisa cek resi JNE dengan bertanya langsung ke kantor JNE terdekat. Petugas akan menanyakan nomor resi kiriman, dan memberitahukan status kiriman kamu.

Demikianlah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk cek resi JNE. Cek resi akan memudahkanmu memantau status kiriman dan memastikan barang sampai dengan selamat. Semoga membantu, ya!

Butuh tambahan modal bisnis? Cek ya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.