Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Begini Cara Memakai Parfum Agar Tahan Lama, Yuk Kepoin!

by Ayunindya Annistri on 5 Februari, 2020

Pernahkah kamu berpikir bagaimana sebenarnya cara memakai parfum tahan lama? Mengingat beberapa merek parfum kurang bisa memberikan aroma wangi hingga belasan jam saat beraktivitas di luar rumah. Padahal bagi sebagian orang, parfum menjadi barang wajib yang harus digunakan untuk membuat bau tubuh menjadi wangi.

cara memakai parfum tahan lama

Bisa dikatakan, parfum menjadi item untuk menunjang penampilan seseorang. Tanpa parfum, bukan tak mungkin bila aroma asli tubuhmu bisa tercium oleh orang-orang sekitar yang terkadang dianggap mengganggu. Terlebih bila kamu sering melakukan aktivitas di luar rumah dan terkena paparan sinar matahari.

Untuk mengakali hal ini, kamu bisa menerapkan cara memakai parfum tahan lama yang telah dikutip CekAja dari berbagai sumber. Namun sebelum itu, mari kita bahas jenis-jenis parfumnya terlebih dulu agar kamu tidak salah memilih parfum.

Jenis-jenis Parfum

Tiap jenis parfum umumnya memiliki ketahanan aroma yang berbeda-beda. Ini dipengaruhi oleh besaran alkohol yang terkandung dalam parfum tersebut.

Jika kamu merasa aroma dari parfum yang digunakan tidak dapat bertahan lama, mungkin sebabnya karena jenis dari parfum itu sendiri. Berikut penjelasan mengenai perbedaan tiap jenisnya.

Jika selama ini kamu menganggap bila Eau de Cologne lah yang termasuk jenis parfum dengan aroma lebih ringan, maka sebetulnya pernyataan itu salah. Sebab jenis parfum yang paling ringan diantara jenis lainnya adalah Eau Fraiche. Parfum jenis ini hanya memiliki kandungan perfume oil hanya sekitar 3 persen saja dengan ketahanan aroma kurang lebih satu jam.

(Baca Juga: Perbedaan Kutus-Kutus Asli dan Palsu beserta Segudang Khasiatnya)
  • Eau de Cologne

Eau de Cologne adalah jenis parfum yang memiliki persentase perfume oil sebesar 2 hingga 5 persen saja. Parfum ini biasanya memiliki aroma yang segar dan kerap kali digunakan oleh laki-laki. Cara memakai parfum tahan lama khususnya Eau de Cologne sangatlah gampang. Kamu hanya perlu menyemprotkan parfum tersebut pada bagian belakang leher, sisi kanan dan kiri leher, serta bagian pergelangan tangan kanan serta kiri.

  • Eau de Toilette

Eau de Toilette bisa jadi pilihan saat padatnya aktivitas yang bakal dilakukan. Sebab, jenis parfum yang satu ini mengandung perfume oil hingga 15 persen dengan waktu ketahanan aroma kurang lebih 5 jam. Untuk membuat parfum Eau de Toilette bertahan lama, kamu dapat menggunakannya di beberapa bagian tubuh, seperti pergelangan tangan, sisi kanan dan kiri leher, serta belakang siku.

  • Eau de Parfum

Jenis parfum berikutnya yang memiliki kandungan perfume oil tinggi adalah Eau de Parfum. Aroma dari EDP sendiri bisa bertahan hingga 8 jam lamanya bila digunakan pada bagian pergelangan tangan, sisi kanan dan kiri leher, dua sisi belakang telinga, dan juga siku.

Cara Memakai Parfum Tahan Lama

Jenis-jenis parfum sudah dibahas pada poin sebelumnya. Nah, sekarang waktunya kamu mengetahui cara memakai parfum tahan lama untuk menunjang penampilan sehari-hari. Karena bila digunakan sesuai dengan aturan berikut ini, wangi dari parfum mu tidak akan mudah pudar dan bahkan bertahan hingga belasan jam.

1. Semprot parfum setelah mandi

Mandi merupakan cara pertama dari serangkaian penggunaan parfum agar tahan lama. Dengan mandi, tubuh akan menjadi lebih segar dan pori-pori kulitmu juga bakal terbuka lebar serta siap menerima body lotion dan wewangian parfum.

Namun perlu diingat, bahwa parfum hanya boleh digunakan saat kulit sudah dalam keadaan kering dan tidak boleh langsung disemprotkan ke pakaian. Karena nantinya aroma dari parfum bakal bercampur dengan bau keringat tubuh yang justru membuat wanginya tidak enak.

2. Gunakan body lotion dengan aroma netral

Pemakaian body lotion dengan aroma netral bertujuan agar aroma parfum dapat menempel lebih lama. Jika tidak memiliki lotion fragrance-free, kamu juga bisa menggunakan body lotion yang aromanya serupa dengan parfummu.

3. Pakailah parfum hanya di beberapa bagian tubuh

Ini merupakan inti dari cara memakai parfum tahan lama. Dengan menyemprotkannya di titik yang tepat, seperti leher, belakang telinga, pergelangan tangan, siku, dan belakang lutut, aroma parfummu bakal langsung menyebar ke seluruh tubuh.

Ingat, gunakan teknik 15 cm saat ingin menyemprotkan parfum. Sebab penggunaan parfum dalam jarak yang terlalu dekat ditakutkan bakal mengenai bagian tubuh lainnya, seperti mata dan bibir.

Kamu juga bisa menggunakan parfum di bagian rambut. Namun sebelum itu, semprotkan dahulu parfum di sisir agar alkohol yang terkandung dalam parfum tidak langsung menyentuh kulit kepala.

4. Ulangi pemakaian parfum dalam 2 hingga 3 kali

Mengulangi pemakaian parfum atau dikenal dengan sebutan layering kemungkinan dapat membuat wangi parfum mu bertahan lebih lama. Ini dikarenakan molekul dari parfum yang disemprotkan tersebut saling mengikat dengan minyak yang diproduksi kulit.

Ketika aroma tubuh dirasa mulai tak sedap, kamu bisa mengulangi pemakaian parfum 2 hingga 3 kali tergantung kebutuhan. Cukup semprotkan pada bagian belakang telinga dan pergelangan tangan supaya aroma tubuh kembali wangi.

(Baca Juga: 10 Tempat Makan Romantis di Bandung Murah Mulai 50 Ribu-an)
5. Jangan menggosok parfum di pergelangan tangan

Sebagian dari kita pasti pernah mengoleskan parfum yang digunakan di pergelangan tangan. Cara memakai parfum seperti ini sangat tidak dianjurkan karena dapat menghilangkan partikel-partikel penting yang menjadi sumber wewangian utama pada parfum.

Sebagai gantinya, kamu hanya perlu menempelkan kedua pergelangan tangan setelah parfum disemprotkan. Cara ini sudah cukup membuat aroma parfummu bertahan lama bahkan hingga belasan jam bila diimbangi dengan pemakaian berulang kali.

6. Simpan parfum di tempat sejuk dan kering

Menyimpan parfum di tempat yang tepat juga termasuk dalam cara memakai parfum tahan lama. Mengapa demikian?

Sebab, menaruh parfum di tempat yang terlalu panas atau lembab seperti kamar mandi justru akan merusak kualitas dari parfum tersebut. Oleh karenanya, simpanlah parfum di tempat yang sejuk namun bukan lembab dan cenderung kering seperti lemari pakaian.

Nah, itulah cara memakai parfum tahan lama. Untuk memudahkan kamu dalam membeli parfum kesayangan, gunakanlah kartu kredit dari CekAja.com. Pilihan yang beragam dengan penawaran menarik tiap harinya membuat CekAja banyak dicari oleh masyarakat saat ingin apply kartu kredit. Yuk, tunggu apalagi? Segera ajukan kartu kredit pertamamu hanya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau