Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Begini Cara Membuat Kartu Keluarga, Syarat dan Kegunaannya yang Wajib Diketahui

by Nadhillah Kusindriani on 27 Desember, 2019

Kartu keluarga merupakan kartu identitas yang wajib dimiliki oleh sebuah keluarga. Karena sifatnya yang wajib, maka masyarakat Indonesia juga harus mengetahui cara membuat kartu keluarga.

Pada dasarnya kartu keluarga berisi tentang data susunan keluarga, hubungan, hingga jumlah anggota keluarga. Tidak hanya itu, pada saat pembuatannya, kartu keluarga dicetak sebanyak tiga rangkap, yaitu untuk kepala keluarga, ketua RT dan kantor kelurahan.

Kartu keluarga merupakan dokumen milik Pemerintah Daerah Provinsi setempat, sehingga masyarakat selain petugas kelurahan tidak diperbolehkan untuk mengubah, mencoret, menambah ataupun mengurangi isi data yang tercantum di dalam kartu keluarga.

Jika ada perubahan pada isi data di kartu keluarga, kamu wajib melaporkannya kepada Lurah setempat paling lambat 14 hari setelah adanya perubahan. Selain itu perlu kamu ketahui, bahwa proses pembuatan kartu keluarga yang baru, memakan waktu yang cukup lama.

Hal tersebut dikarenakan ada beberapa tahap yang harus kamu lalui. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui cara membuat kartu keluarga yang sesuai dengan prosedur dan ketentuannya.

Cara Membuat Kartu Keluarga

Ketika ingin membuat kartu keluarga, kamu tidak hanya sekadar datang ke kantor kelurahan, lalu melapor kepada petugas bahwa kamu ingin membuat kartu keluarga, tanpa tahu bagaimana prosedur dan cara membuat kartu keluarga. Di bawah ini adalah cara membuat kartu keluarga yang perlu kamu perhatikan, diantaranya :

  • Meminta surat pengantar pembuatan kartu keluarga baru di Ketua RT setempat
  • Membawa surat pengantar tersebut ke Ketua RW dan meminta stempel RW.
  • Membawa surat pengantar tersebut dan persyaratan lainnya ke kantor kelurahan, lalu mengisi formulir permohonan pembuatan KK baru yang tersedia di kantor kelurahan
  • Petugas kelurahan akan mengecek kelengkapan berkas-berkas yang menjadi syarat pembuatan KK baru
  • Jika sudah lengkap, Lurah akan menandatangani formulir permohonan pembuatan KK baru tersebut
  • Berkas yang sudah ditandatangan Lurah kemudian kamu teruskan ke Kecamatan

(Baca Juga: Bisa Lewat 5 Media, Ini Cara Cek NIK yang Mudah!)

Syarat Membuat Kartu Keluarga

Jika cara membuat kartu keluarga sudah dipahami, kini saatnya kamu mengetahui persyaratan apa saja yang perlu kamu bawa ke kantor kelurahan ketika ingin membuat kartu keluarga baru.

Tidak hanya itu, tetapi persyaratan yang kamu bawa harus disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti penambahan anggota keluarga baru (kelahiran), penggantian kartu keluarga yang rusak atau hilang, dan sebagainya. Di bawah ini beberapa syarat untuk membuat kartu keluarga sesuai dengan jenis kebutuhannya.

1. Pasangan Baru (Setelah Menikah)

Bagi pasangan baru, kamu dapat membuat kartu keluarga sesaat setelah penikahan selesai dilaksanakan. Karena, jika kamu sudah memiliki kartu keluarga, itu akan memudahkanmu dalam mengurus berbagai dokumen keperluan.

Seperti untuk kredit kepemilikan rumah (KPR), membuat tabungan, paspor dan lainnya. Berikut syarat yang harus kamu lengkapi untuk membuat kartu keluarga, diantaranya :

  • Surat pengantar dari RT yang sudah distempel RW
  • Fotocopy buku nikah atau akta perkawinan
  • Surat keterangan pindah (khusus untuk anggota keluarga pendatang)
2. Penambahan Anggota Keluarga (Kelahiran)

Di dalam keluargamu terdapat anggota keluarga yang baru lahir, kemudian kamu akan menambahkannya ke dalam kartu keluarga baru. Berikut beberapa syarat yang harus kamu lengkapi, diantaranya :

  • Surat pengantar dari RT atau RW
  • Kartu keluarga (KK) yang lama
  • Surat keterangan kelahiran calon anggota keluarga baru yang akan ditambahkan ke dalam kartu keluarga nanti
3. Penambahan Anggota Keluarga yang Menumpang

Meski sama-sama menambahkan anggota keluarga, namun syarat yang diperlukan berbeda dengan syarat penambahan anggota keluarga yang baru lahir. Beberapa syarat membuat KK untuk penambahan anggota keluarga yang menumpang diantaranya sebagai berikut :

  • Surat pengantar RT atau RW daerah setempat
  • Kartu keluarga yang lama atau kartu keluarga yang akan ditumpangi
  • Surat keterangan pindah datang (jika tidak satu daerah)
  • Surat keterangan datang dari luar negeri (untuk WNI yang datang dari luar negeri)
  • Paspor, izin tinggal tetap, dan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) atau surat tanda lapor diri (untuk WNA)
4. Pengurangan Anggota Keluarga (Kematian)

Adapun syarat yang perlu kamu lengkapi untuk membuat kartu keluarga baru, jika ada pengurangan anggota keluarga karena kematian. Beberapa persyaratan tersebut diantaranya, yaitu :

  • Surat pengantar dari RT atau RW daerah setempat
  • Kartu keluarga (KK) yang lama
  • Surat keterangan kematian (untuk yang meninggal dunia)

Jika pengurangan terjadi karena adanya anggota keluarga yang pindah, maka surat keterangan kematian diganti dengan surat keterangan pindah (untuk anggota keluarga yang pindah).

5. Penggantian Karena Hilang atau Rusak

Apabila kamu ingin mengganti atau membuat baru kartu keluarga karena hilang atau rusak, dibawah ini beberapa syarat yang harus dilengkapi, yaitu :

  • Surat pengantar dari RT atau RW daerah setempat
  • Surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian (hanya untuk KK yang hilang)
  • Kartu keluarga (KK) yang rusak (hanya untuk KK yang rusak)
  • Fotocopy dokumen kependudukan (KTP) dari salah satu anggota keluarga
  • Dokumen keimigrasian bagi orang asing (WNA)

Cara membuat kartu keluarga dan beberapa syarat yang diperlukan sudah di paparkan diatas. Kini kamu bisa langsung membuatnya, karena banyak sekali kegunaan dari kartu keluarga untuk beberapa kepentingan.

Kegunaan Kartu Keluarga

Tanpa kamu sadari ternyata kartu keluarga memiliki kegunaan yang sangat banyak, dan tentunya hal ini tidak bisa disepelekan. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui apa saja kegunaan dari kartu keluarga. Tidak hanya cara membuat kartu keluarga dan persyaratannya saja yang perlu kamu ketahui.

Kartu keluarga memiliki manfaat dalam kehidupan bermasyarakat, lingkungan pekerjaan, sosial dan sebagainya. Berikut beberapa kegunaan kartu keluarga sebagai salah satu dokumen penting, yaitu :

  • Syarat pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Bukti sah dan kuat atas status identitas keluarga dan anggota keluarga terhadap kedudukan keberadaan kependudukan seseorang
  • Syarat dalam pembuatan Akta Kelahiran anggota keluarga yang baru lahir
  • Syarat dalam pendaftaran asuransi, BPJS dan hal-hal sejenis lainnya
  • Syarat dalam pendaftaran masuk sekolah

Nah, cara membuat kartu keluarga, syarat dan beberapa kegunaannya sudah dipaparkan di atas. Masih banyak kegunaan lain dari kartu keluarga untuk kepentingan berkehidupan, selain sebagai identitas keluarga.

Jika diantara kamu ada yang belum memiliki kartu keluarga, bisa segera diurus. Karena cara membuat kartu keluarga dan syaratnya sangat mudah. Kamu hanya perlu bersabar untuk menunggu sampai kartu keluargamu terbit, karena terdapat beberapa prosedur dan ketentuan, yang membuat proses dari penerbitan kartu keluarga kamu memakan waktu yang cukup lama.

(Baca juga: Cara Cek Nomor NPWP Secara Online)

Jika keluargamu sudah memiliki identitas melalui kartu keluarga, kini saatnya melindungi keluargamu dengan asuransi jiwa. Kamu tidak perlu khawatir dan pusing memilih asuransi mana yang sesuai dengan kebutuhan keluargamu. Langsung saja konsultasikan di situs CekAja!

 

Tentang Penulis