Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Begini Cara Sukses Bisnis Barang Bekas, Yuk Ikuti!

by Ayunindya Annistri on 3 Maret, 2020

Berbicara mengenai barang bekas, hal pertama yang terlintas di pikiran kamu pasti berupa rongsokan yang tidak lagi terpakai. Padahal, bila kamu jeli melihat peluang, barang bekas dapat mendatangkan pundi-pundi rupiah bahkan dalam jumlah besar. Untuk itu, kali ini CekAja bakal berbagi tips finansial seputar cara sukses bisnis barang bekas yang pastinya bakal menguntungkan. Kuy, simak!

cara sukses bisnis barang bekas

Barang bekas enggak melulu harus berakhir di tempat sampah lho. Karena sebetulnya kamu bisa mengolah barang-barang tersebut menjadi lebih bernilai untuk nantinya dijual kembali. Apalagi sekarang, bisnis seperti ini tengah moncer dan banyak diminati khususnya generasi milenial yang terkenal kreatif dan inovatif.

Namun bukan asal-asalan, kamu harus memperhatikan beberapa hal dan mengikuti cara sukses bisnis barang bekas guna meminimalisir segala risiko kerugian. Mengingat persaingan bisnis di bidang ini juga tidak sedikit.

Keuntungan Memulai Bisnis Barang Bekas

Bisnis barang bekas atau juga dikenal sebagai preloved memang tengah naik daun di Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Anggapan masyarakat mengenai barang bekas bukan lagi berupa hal murahan dengan kualitas abal-abal. Karena sekarang, pebisnis yang menggeluti bidang ini condong menjual suatu barang yang masih layak pakai dengan harga miring dan tak jarang dari brand ternama.

Berikut sejumlah keuntungan yang bakal kamu dapatkan ketika memutuskan untuk memulai bisnis barang bekas:

  • Enggak perlu modal besar

Tidak seperti bisnis lainnya, saat tertarik untuk menjual barang-barang bekas sejatinya kamu enggak perlu mengeluarkan banyak modal. Cukup dengan mengumpulkan barang-barang pribadi yang sudah tidak digunakan dan masih terhitung layak lalu posting di media sosial seperti Instagram, maka kamu sudah bisa menggeluti bisnis barang bekas.

  • Masuk di hampir semua kalangan usia

Siapa bilang bisnis barang bekas hanya disenangi oleh usia 50 tahun keatas? Justru saat ini barang bekas alias preloved banyak diincar oleh generasi milenial yang ingin memenuhi gaya hidupnya. Terlebih bagi mereka yang senang dengan produk-produk dari merek ternama namun tak ingin merogoh kocek dalam.

  • Banyak platform penunjang

Memasarkan produk kini lebih mudah dengan kehadiran sejumlah platform seperti Shopee, Tokopedia, dan Carousell. Kamu bisa memanfaatkan salah satu atau bahkan semua platform tersebut untuk memulai bisnis barang bekasmu. Imbangi pula dengan penggunaan media sosial agar keuntungan yang didapat jauh lebih besar.

(Baca Juga:  Tips Bisnis Dealer Mobil Bekas, Gak Perlu Takut Rugi!)
6 Cara Sukses Bisnis Barang Bekas

Keuntungan yang ditawarkan bisnis barang bekas mungkin menjanjikan. Namun, bukan berarti kamu bisa memulai bisnis tersebut tanpa mengetahui aturan mainnya. Karena bila salah langkah, kerugian lah yang justru kamu terima meski modal yang dikeluarkan belum sebesar bisnis kuliner atau bahkan properti.

Walaupun begitu tetap saja kamu butuh panduan agar dapat bersaing dan meraup untung besar. Untuk itu, CekAja bakal memberikan tips seputar cara sukses bisnis barang bekas seperti yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1. Tentukan fokus penjualan

Cara sukses bisnis barang bekas yang pertama dan paling mendasar adalah menentukan fokus penjualan terlebih dulu. Maksudnya, kamu mesti tahu apa saja jenis barang yang sebenarnya ingin kamu jual, misal makeup, pakaian, atau perabotan rumah yang sudah tidak terpakai.

Setelah itu, barulah kamu bisa menyiapkan strategi penjualan dengan skema STP alias segmenting, targeting, dan positioning. Skema ini bertujuan untuk memudahkan kamu dalam menentukan pangsa pasar yang bakal dituju.

2. Gunakan media sosial untuk promosi

Media sosial saat ini enggak hanya dimanfaatkan untuk mencari kepopuleran diri, lebih dari itu banyak pebisnis yang menggunakannya untuk memasarkan produk penjualan. Dan salah satu media sosial yang bisa kamu gunakan adalah Instagram.

Kamu bisa memulai promosi bisnis barang bekasmu melalui media sosial berlambang kamera polaroid tersebut. Namun pertama-tama yang perlu diperhatikan adalah konten yang dihadirkan. Karena seperti kebanyakan online shop besar, mereka sangat jeli akan pembuatan feed yang bagus untuk menarik minat beli masyarakat.

3. Pilih lokasi yang strategis

Meskipun bisa dijual secara online, tapi kamu juga membutuhkan sebuah tempat untuk membuka bisnis barang bekas yang tentu saja lokasinya harus strategis. Tujuannya sendiri untuk mempermudah konsumen dalam menjangkau tempat jualanmu. Sebagai contoh, kamu bisa membuka toko di pusat perbelanjaan yang berada di tengah kota.

Selain memiliki toko, kamu juga dapat menerapkan cara sukses bisnis barang bekas dengan sistem garage sale yang biasanya diadakan tiap Minggu pagi. Cara ini juga tak kalah efektif, terlebih jika kamu memilih lokasi yang strategis seperti kawasan car free day yang biasanya ada di tiap kota di Indonesia.

4. Cek kondisi barang dan berikan harga yang sesuai

Cara sukses bisnis barang bekas berikutnya yang perlu kamu terapkan adalah selalu cek kondisi barang sebelum menjual. Soalnya ini bakal menjadi penentu kepuasan konsumen ketika membeli barang di toko kamu.

Jika sekiranya barang masih terlihat bagus tanpa ada cacat sedikitpun, maka kamu bisa menjualnya dengan harga yang sedikit lebih tinggi namun tidak melebihi harga normal.

Sebaliknya, bila kualitas barang kurang memungkinkan tapi masih layak untuk dipakai, kamu bisa mengutarakannya terlebih dulu pada konsumen barulah mematok harga yang sesuai.

5. Selalu sertakan foto asli maupun deskripsi dari barang yang dijual

Sebagai penjual, sudah seharusnya kamu jujur dalam memasarkan produk yang dimiliki guna mendapatkan kepercayaan konsumen. Salah satu bentuk kejujurannya sendiri bisa dengan cara selalu menyertakan hasil foto asli dari barang-barang yang dijual. Enggak cuma itu, kamu pun bisa menyertakan keterangan yang jelas mengenai produk, mulai dari keadaan fisik produk hingga lama waktu pemakaian.

6. Kualitas pelayanan diatas rata-rata

Terakhir dalam cara sukses bisnis barang bekas adalah selalu memenuhi ekspektasi konsumen terlebih dari segi kualitas pelayanan. Soalnya tanpa menerapkan cara yang satu ini, bukan tak mungkin bila bisnismu akan sepi peminat.

Jadi memang ada baiknya kamu selalu meningkatkan kualitas pelayanan, bisa dimulai dengan hal kecil seperti fast respon meski pembeli baru sekedar menanyakan harga ataupun membandingkan kualitas dari barang-barang yang dijual.

(Baca Juga: Seluk-Beluk Bisnis Menjual Koin Kuno, Beneran Untung?)
Pilihan bisnis barang bekas yang bisa dijalani

Keunggulan hingga cara sukses bisnis barang bekas sudah dibahas pada poin sebelumnya, sekarang saatnya kamu mengetahui macam-macam ide bisnis dari barang bekas sebagai inspirasi untuk kamu memulai usaha tersebut. Dan berikut ide bisnis barang bekas yang bisa kamu geluti:

  • Bisnis kreasi phone holder dari botol lotion
  • Bisnis pakaian bekas layak pakai serta makeup
  • Bisnis kreasi pot tanaman dari koran bekas
  • Bisnis kreasi kotak tisu dan boneka dari kain perca
  • Bisnis kreasi lampu gantung dari kardus bekas
  • Bisnis kreasi tempat makeup dari botol atau kaleng soda
  • Bisnis kreasi frame foto dinding dari gulungan bekas tisu toilet
  • Bisnis furniture meggunakan bahan kayu bekas
  • Bisnis vas bunga dari pecahan kaca
  • Bisnis kreasi jam dinding dari stick es krim

Ingin memulai bisnis namun terkendala modal usaha? Gunakan saja layanan CekAja.com. Karena disini kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai secara online dengan bunga rendah dan cicilan ringan.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau