Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Begini Caranya Cari Pinjaman Tanpa Bunga untuk Mengembangkan Usaha

by lhmdi on 13 Oktober, 2016

Mendapatkan pinjaman dana tunai di mana pun pastinya membuat kamu terbebani dengan bunga yang ditawarkan masing-masing lembaga keuangan. Namun, sebagai solusinya kamu tetap bisa mencari pinjaman tanpa bunga yang membebani pembayaran utang dari hasil pinjaman.

Syaratnya adalah jangan salah dalam memilih tempat meminjam uang. Apalagi jika ketika kamu  membutuhkan dana yang sifat kebutuhannya sangat mendesak. Mulai dari biaya untuk melanjutkan  sekolah anak, biaya perawatan di rumah sakit hingga untuk menambah modal usaha.

Khusus untuk menambah usaha, persyaratan untuk mendapatkan pinjaman pun belum tentu semudah yang dibayangkan. Pastinya bank atau lembaga keuangan akan melakukan pemeriksaan terhadap jenis usaha yang sedang kamu jalani. Berbagai kemungkinan pun bisa terjadi seperti kegagalan mendapatkan pinjaman dari bank.

cekaja-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

Namun jangan khawatir, karena tempat meminjam uang tidak hanya di bank atau lembaga keuangan yang sudah memiliki reputasi baik saja. Masih banyak tempat-tempat lainnya yang bisa digunakan sebagai tempat meminjam uang. Jika kamu membutuhkan pinjaman uang tanpa beban biaya bunga, ikuti tips berikut ini:

1. Gunakan jasa Pegadaian

Sebagai perusahaan milik pemerintah Pegadaian dapat digunakan sebagai tempat peminjaman tanpa bunga yang menambah beban biaya keuangan. Kamu bisa mendapatkan pinjaman untuk menutupi kebutuhan keuangan. Nilai pinjaman yang diterima pun bergantung pada nilai taksir dari jaminan yang akan kamu berikan kepada pegadaian.

Beberapa barang jaminan yang dapat digunakan sebagai jaminan di Pegadaian diantaranya adalah  ponsel pintar, alat-alat elektronik, perhiasan hingga kendaraan bermotor.

Barang-barang ini nantinya akan digunakan sebagai jaminan serta ditaksir nilainya berdasarkan kualitas. Setelah selesai ditaksir, kamu bisa langsung mendapatkan pinjaman tanpa ada biaya tambahan lainnya yang dibebankan.

2. Gunakan sistem Syariah

Cari pinjaman tanpa bunga berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan layanan syariah. Misalnya ketika melakukan pinjaman di bank syariah, kamu tidak akan dibebankan biaya bunga saat membayar namun disebut menggunakan sistem kemitraan dalam bentuk bagi hasil.

Sistem ini disebut juga dengan model akad seperti mudharabah dan musyarakah, murabahah, salam, dan istishna. Terdapat juga akad yang terkait dengan kegiatan sewa seperti ijarah, serta gadai yang disebut dengan Rahn atau Qardul Hasan.

Cara ini tentunya tepat buat kamu yang mencari pinjaman tanpa bunga untuk mengembangkan usaha yang sedang dijalani. Tertarik mencobanya?

3. Meminjam melalui keluarga terdekat

Pilihan berikutnya adalah mengajukan pinjaman kepada keluarga terdekat. Pinjaman ini jelas sekali tidak akan membebani kamu tentang pembayaran bunganya.

cekaja-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

Apalagi jika saat ingin membangun usaha, kamu masih menyimpan bayang-bayang kegagalan, sehingga tidak jarang fokus untuk mengembangkan bisnis menjadi terganggu. Hal-hal sederhana tidak jarang juga membuat keraguan-keraguan buat kamu sendiri saat ingin meminjam sejumlah dana di bank sebagai modal untuk usaha.

Supaya aman, kamu bisa meminjam sejumlah dana dari keluarga terdekat yang memiliki modal yang kuat. Namun setelah mendapatkan sejumlah pinjaman dari keluarga, bukan berarti kamu bisa bersantai-santai mengelola bisnis dan membayar pinjaman tadi.

Secara sederhana, kamu bisa membuat sebuah perjanjian tertulis yang telah disepakati tentang awal proses pinjaman dana, kebutuhan apa saja yang akan dilaksanakan dan bagaimana proses pembayaran atau cicilan dana.

Jadi, kini cari pinjaman tanpa bunga tidak sesulit yang kamu bayangkan lagi!

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami