Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Begini Gaya Hidup Sehat Orang Jepang, Wajib Tirukan!

by Ayunindya Annistri on 1 Maret, 2020

Sudah menjadi rahasia umum bila kebanyakan orang Jepang memiliki tubuh yang bugar bahkan panjang umur. Hal ini karena gaya hidup sehat orang Jepang yang sangat ketat dan teratur. Penasaran bagaimana gaya hidup yang diterapkan oleh masyarakat dari negeri Sakura ini?

gaya hidup sehat orang jepang

Gaya Hidup Mempengaruhi Kesehatan

Enggak bisa dipungkiri, semakin benar gaya hidup yang diterapkan maka akan berdampak pula pada kesehatan. Ini telah menjadi hukum mutlak yang sepatutnya disadari oleh manusia.

Karena hanya dengan mengandalkan makanan saja, namun gaya hidup yang diterapkan masih kurang teratur, tubuh yang sehat atau mungkin panjang umur nampaknya sukar didapat.

Hal ini juga yang menjadi pertimbangan orang Jepang, di mana mereka enggak hanya memperhatikan apa saja makanan yang dikonsumsi. Lebih dari itu, mereka juga menerapkan gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga, hingga mengandalkan ramuan tradisional untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit.

(Baca Juga: Situs Nonton Drama Jepang Terbaru Gratis Subtitle Indonesia)
7 Tips Gaya Hidup Sehat ala Orang Jepang

Semua orang pasti ingin hidup sehat tanpa harus mengonsumsi obat-obatan dalam jangka waktu panjang. Namun yang tidak disadari, mereka mungkin masih memiliki pola hidup yang tidak teratur entah dari segi jam tidur, makanan hingga olahraga yang jarang dilakukan.

Alih-alih ingin sehat, justru sebaliknya sering mengalami penyakit yang bahkan berisiko mengancam nyawa, seperti diabetes dan kanker.

Nah, untuk menghindari penyakit ‘ganas’ seperti itu, kamu bisa mencoba menirukan gaya hidup sehat orang Jepang. Mengingat masyarakat negeri Sakura tersebut dikenal bugar dan bahkan berumur panjang hingga 90 tahun lebih. Dan berikut tips gaya hidup sehat ala orang Jepang yang dirangkum CekAja dari berbagai sumber. Kuy, tirukan!

1. Sering mengkonsumsi sayur, buah, dan ikan

Sudah sejak lama orang Jepang dikenal selalu memperhatikan asupan makanan. Mereka giat menerapkan aturan jumlah kalori untuk apapun bahan makanan yang akan dikonsumsi. Dari semua bahan, orang Jepang lebih memilih untuk mengkonsumsi sayuran, buah dan ikan.

Terlebih karena tiga kombinasi tersebut dianggap low karbohidrat. Bahkan, kebanyakan dari masyarakat Jepang saat ini mencoba tren diet Rocabo, yaitu dengan mengurangi asupan roti dan nasi.

2. Giat mengonsumsi teh hijau

Selain mengonsumsi makanan rendah kalori, gaya hidup sehat orang Jepang lainnya yang bisa kamu tirukan adalah dengan sering minum teh hijau selayaknya air putih. Bahkan saking seringnya, orang-orang di sana bisa menghabiskan 2 liter sehari untuk meminum teh hijau.

Tingkat antioksidan yang tinggi ketimbang daun teh hitam dan oolong, membuat teh hijau yang dikenal sebagai minuman diet ini cukup efektif bagi kesehatan tubuh.

Karena selain meluruhkan lemak-lemak jahat pada tubuh, teh hijau juga ampuh untuk mencegah penyakit jantung, peradangan atau inflamasi, hingga kanker.

3. Rutin konsumsi rumput laut dan miso

Mungkin sebagian dari kamu sudah tahu tentang rumput laut, namun tidak dengan miso. Bahan makanan yang berasal dari Jepang ini diolah dari hasil fermentasi rebusan beras dan kedelai dengan garam. Isi sup miso sendiri bisa berupa makanan laut dan sayur-sayuran.

Mengonsumsi sup miso sebagai menu sarapan pagi termasuk gaya hidup sehat orang Jepang yang sudah diterapkan hingga puluhan tahun lamanya. Dan biasanya mereka juga menambahkan rumput laut sebagai camilan sehat yang kaya akan kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral.

4. Cenderung jalan kaki atau bersepeda saat melakukan aktivitas

Gaya hidup sehat orang Jepang berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan sering berjalan kaki atau menggunakan sepeda saat memulai aktivitas di pagi hari.

Selain menjadi alasan kesehatan, rupanya negara tersebut dikenal memiliki kebijakan biaya parkir kendaraan pribadi yang cukup mahal. Sehingga kebanyakan masyarakat Jepang memilih untuk jalan kaki atau bersepeda.

5. Sering melakukan meditasi

Memiliki tubuh yang bugar enggak cuma bisa didapat dari seringnya jalan kaki, bersepeda, atau bahkan mengonsumsi makanan sehat. Karena di Jepang sendiri, untuk bisa mendapatkan tubuh yang sehat dibutuhkan meditasi dengan teknik Tai Chi.

Ini merupakan seni beladiri yang sudah dilakukan khususnya masyarakat Tiongkok sejak berabad-abad lalu. Gerakannya terbagi menjadi 5 posisi menyerupai aliran air yang bermanfaat baik untuk menjaga keseimbangan tubuh dan pikiran.

6. Kebanyakan menggunakan kloset jongkok

Pemukiman urban saat ini memang lebih banyak menggunakan kloset duduk untuk toilet seperti yang dianut budaya barat. Namun siapa sangka, bila negara maju seperti Jepang rata-rata masih memakai kloset jongkok, kecuali di beberapa hotel berbintang 5 di negara tersebut.

Penggunaan kloset jongkok ini juga termasuk gaya hidup sehat orang Jepang, karena nyatanya memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Seperti memperlancar buang air besar hingga melemaskan otot puborectalis.

7. Terbiasa berendam di air hangat

Selain sering melakukan meditasi, gaya hidup sehat orang Jepang yang rutin dilakukan pula adalah berendam di pemandian air hangat. Air hangat sendiri memiliki khasiat baik untuk mengatasi masalah persendian.

Lebih lanjut, menurut sebuah studi yang dikemukakan oleh para ahli, dengan berendam di air hangat, kualitas tidur jadi lebih meningkat dan tak jarang digunakan sebagai detoksifikasi alami.

Lengkapi dengan Asuransi Kesehatan

Menjaga pola hidup sehat itu penting, namun risiko datangnya penyakit hingga berujung kematian enggak akan ada yang tahu alias bisa saja datang kapanpun tanpa disadari. Oleh karenanya, selalu lindungi diri dan keluarga dengan asuransi kesehatan.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, setidaknya kamu telah berupaya untuk menjaga kondisi finansial tetap stabil meski harus mendapatkan perawatan intensif sekalipun.

Bingung cari asuransi kesehatan yang tepat dengan premi murah? Kunjungi saja laman CekAja.com pada fitur ‘Asuransi Kesehatan’. Yuk, miliki produk asuransinya sekarang juga dan dapatkan beragam manfaat demi hidup yang lebih baik.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau