Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Beginilah Cara Uang Mempengaruhi Kehidupan Cinta

by Ariesta on 5 Oktober, 2016

tips atur uang keluarga - CekAja.com

Kamu tentu setuju kalau cinta lebih berharga daripada uang. Meski demikian, cinta dan uang saling berhubungan. Fakta bahkan membuktikan kalau uang sering menjadi penyebab bencana pada pernikahan.

Tapi jangan pesimis dulu, karena semua tergantung bagaimana kamu mengelola dan mendiskusikannya bersama pasangan. Sebuah survei TD Bank pada tahun 2016 yang melibatkan 1.902  orang yang berada dalam hubungan asmara membahas tentang cara pandang responden terhadap uang dan cinta. Hasilnya, uang ternyata berdampak pada kehidupan cinta secara tak terduga, bahkan jika kamu lajang sekalipun. Berikut fakta-fakta mengejutkan bagaimana uang dapat mempengaruhi kehidupan cinta.

cekaja-daftar-kartu-kredit

Orang yang punya banyak utang kartu kredit terlihat tidak menarik

Sebanyak 44% responden berkata, mereka tidak mau berkencan dengan orang yang punya utang kartu kredit. Hal ini karena stigma sosial di masyarakat yang mengaitkan utang kartu kredit dengan kebiasaan boros. (Baca juga: Ini Mobil Baru yang Bisa Dibeli Cukup dengan Rp 20 jutaan)

Mentraktir pasangan bisa membuatmu lebih bahagia

Kalau kamu ingin merasa lebih senang, cobalah untuk menraktir pasangan. Sebanyak 60% responden merasa senang ketika mengeluarkan uang untuk pasangan. Alasannya, mentraktir dapat membuat orang lain senang dan menimbulkan kepuasan pribadi yang akhirnya berkorelasi dengan perasaan bahagia. 

Sering membahas tentang uang sejak dini membuat hubungan lebih bahagia

Komunikasi yang baik merupakan kunci kesuksesan hubungan. Jadi meskipun diskusi tentang uang bisa memicu argumen antara kamu dan pasangan, membahas keuangan ternyata bisa membuat hubungan lebih bahagia. Faktanya hampir 80%  responden yang membahas keuangan paling tidak sekali seminggu mengatakan kalau mereka lebih bahagia.

Dalam survei tersebut juga diketahui bahwa generasi muda lebih dini dan lebih sering membahas soal uang bersama pasangan. Hasilnya generasi muda ini lebih bahagia daripada generasi orangtua saat seusia mereka. (Baca juga: Gaji Rp 3 Juta Bisa Beli Mobil Dalam Setahun Jika Ikuti Tips Ini)

Membahas soal uang harus dilakukan sedini mungkin. Jika tidak, kamu akan berakhir seperti 42% responden yang tidak bahagia karena sudah terlambat untuk membahas uang bersama pasangan. Hal in ijuga dirasakan 21% pasangan yang menyesal tidak membicarakan uang sejak awal.

Berbohong soal uang tidak membuatmu dicampakkan

Mengingat pentingnya rasa saling percaya dalam hubungan yang sehat, sedikit mengejutkan bahwa berbohong tentang uang bukan termasuk masalah besar. Setidaknya ini yang dirasakan responden dalam survei tersebut.

Hanya satu dari 10 responden mengatakan mereka akan putus jika menemukan rahasia keuangan pasangan mereka. Sementara 90% responden lainnya mengatakan tidak akan berpikir tentang putus bahkan jika mereka menemukan rahasia finansial pasangan. 

Kalau kamu punya rumah, kamu akan dipandang lebih independen secara finansial

Ingin membuktikan kalau kamu benar-benar mapan, cara terbaik adalah membeli rumah. Bukan hanya 51% responden yang percaya kalau rumah adalah bukti nyata kemapanan, tapi 46% lainnya juga berpendapat rumah merupakan bukti kemandirian.

Rumah merupakan kebutuhan primer, tapi sayangnya harganya sangat tidak terjangkau. Orang yang berhasil punya rumah dianggap bisa mengatur prioritas sehingga bisa memenuhi kebutuhan paling utama. Memiliki rumah merupakan pertanda kesiapan membangun keluarga. Dan yang terpenting, pasangan merasa terlindungi dari ketidakpastian masa depan. (Baca juga: Menikah Bisa Bikin Kamu Kaya Asalkan Ikuti 9 Hal Ini)

Punya tabungan untuk liburan merupakan kunci hubungan bahagia

Memiliki rumah mungkin menandakan kemandirian finansial, tapi berlibur bersama bisa membuat hubungan lebih bahagia. Sebanyak 64% responden yang mengaku bahagia berlibur paling tidak sekali dalam setahun.

Berlibur bersama merupakan investasi kebahagiaan karena banyak manfaatnya untuk kesehatan mental. Memang memiliki rumah itu penting, tapi jangan lupa meluangkan waktu untuk menciptakan kenangan agar hidup lebih bahagia.

Berencana membeli rumah idaman di tahun ini? Ajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan cicilan terjangkau di sini

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami