Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Belajar Cara Beternak Uang dari Orang Kaya Dunia

by Miftahul Khoer on 17 Desember, 2019

Setiap orang pasti ingin menjadi kaya agar segala kebutuhan hidup dan keinginannya bisa terpenuhi. Namun sayangnya, banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara mengelola keuangan agar bisa menjadi kaya dari penghasilan yang dimilikinya.

tips kaya - CekAja.com

Yang membedakan orang sukses dan tidak adalah pada kemampuan mengelola berbagai macam hal dalam hidupnya, termasuk juga mengelola keuangan pribadi. Ada prinsip-prinsip umum yang bisa menjadi panduan dalam mengelola keuangan pribadi yang biasa disebut Golden Rules yang bisa diterapkan oleh siapa saja dan juga dilakukan oleh orang sukses seperti Warren Buffett, Jack Ma, dan Carlos Slim.

Mereka telah mempraktekkan cara pengelolaan keuangan yang baik secara konsisten dan disiplin. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tips pengelolaan keuangan pribadi yang baik!

  • Jangan habiskan seluruh pendapatanmu

Kesulitan utama dalam mengelola keuangan pribadi adalah menahan diri untuk menggunakan uang dalam jumlah lebih sedikit dari total pendapatanmu. Hal ini sulit karena biasanya keinginan dan kebutuhan sering bertolak belakang, sebab yang namanya keinginan biasanya tidak pernah ada habisnya.

warren buffett - CekAja.com

Banyak orang gagal dalam pengelolaan keuangan karena lebih mengutamakan keinginan dibandingkan kebutuhan yang wajib dipenuhi sehingga uang yang dipakai menjadi lebih besar dari yang dimiliki. Seoarang investor sukses dari Amerika Serikat, Warren Buffet telah mempraktikkannya dengan menekan pengeluaran secara ketat sehingga bisa menjadikannya sebagai salah satu orang terkaya di dunia.

Prinsip dia adalah jangan menabung uang yang tersisa setelah dipakai, namun gunakanlah uang yang tersedia setelah ditabung. Walaupun kaya, namun dia tetap mempraktikkan gaya hidup sederhana termasuk tetap tinggal di rumah sederhana yang dia beli tahun 1958 silam yang saat ini bernilai hanya US$31.500 atau Rp412,3 juta saja. Harga ini tentunya sangat sederhana untuk seorang miliuner yang memiliki kekayaan lebih dari US$66,4 miliar.

(Baca juga: 5 Hal yang Dilakukan Warren Buffet Saat Sedang Tidak Bekerja)

Dia mengatakan menabung adalah kebiasaan yang harus dimiliki seseorang bila ingin sukses. Buffet menganggap seseorang yang tidak biasa menabung adalah sebuah kesalahan terbesar sehingga menabung harus diajarkan sejak dini.

  • Rencanakan masa depan dengan baik

Tips lain untuk menjadi sukses adalah dengan merencanakan masa depan dengan baik. Dalam mengatur keuangan pribadi perlu diikuti dengan kemampuan berpikir panjang ke depan.

Miliuner terkemuka aal China, Jack Ma telah membuktikan pentingnya memiliki pola pikir jangka panjang karena pola pikir jangka pendek sangat berbahaya. Kemampuannya merencakan masa depan telah membuatnya menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan total kekayaan lebih dari USS27,9 miliar.

jack ma salah satu daftar orang terkaya di dunia

Pada tahun 1994 silam, Ma melihat adanya peluang besar dari internet yang saat itu belum booming dan bahkan baru pertama kali dia dengar. Di tahun 1995 seorang teman memperkenalkannya dengan internet. Kata pertama yang dia tulis di mesin pencarian internet adalah ‘beer’ dan dia tidak menemukan ada satupun bir yang berasal dari China. Dia juga menelusuri tentang China yang juga tidak didapatkan informasi tentang negara itu di internet.

Setelah itu, dia semakin yakin dengan masa depan internet hingga kemudian pada 1998 dia mendirikan perusahaan online marketplace setelah sebelumnya sempat bekerja di beberapa perusahaan di China sebagai pembuat situs.

Perusahaan yang didirikannya kini sudah mendulang kesuksesan berkat mimpi yang dia punya pada belasan tahun lalu. Ma memilih memanfaatkan uangnya untuk keperluan masa depan.

  • Buatlah uangmu tumbuh

Prinsip lain dalam pengelolaan keuangan adalah dengan berusaha membuat uang yang dimiliki tumbuh dan bertambah semakin banyak dengan cara investasi. Salah satu tokoh yang sukses mempraktekkannya adalah Carlos Slim yang mulai berinvestasi sejal dia kecil.

2 Carlos Slim Hellu - CekAja.com

Pada usia sebelas tahun pengusaha asal Meksiko ini sudah menempatkan uangnya pada obligasi pemerintah negaranya dan pada setahun setelahnya dia mulai membeli saham pertamanya.

Pada usia 15 tahun dia sudah menjadi shareholder di sebuah bank di Meksiko. Dia berprinsip bahwa untuk memulai sesuatu tidak ada yang terlalu cepat sehingga bisa dimulai dari usia dini sekalipun.

(Baca juga: Orang-Orang Terkaya Sedunia Ternyata Mengambil Jurusan Ini Saat Kuliah)

Jadi yang mana nih tips keuangan yang cocok untuk kamu? Coba praktikan yuk! Dapatkan berbagai tips finansial lain yang bisa kamu coba lakukan dalam hidup, lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.