Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Belajar Dari Bangkrutnya 5 Atlet Dunia Berikut

by Rafly Aditia on 28 Januari, 2016

Atlet adalah salah satu profesi yang bisa menghasilkan banyak uang. Seorang atlet bahkan bisa memiliki kekayaan jauh lebih banyak dari pejabat negara sekalipun.

Sayangnya, banyak atlet yang tidak bisa memanfaatkan keadaan tersebut. Banyak di antara mereka tidak bisa mengelola keuangan dengan baik.

Sehingga pada saat pensiun, mereka justru terjatuh ke dalam lubang kemiskinan. Sebagai pelajaran, yuk mari simak cerita tentang 5 atlet dunia yang mengalami kebangkrutan:

George Best

Mantan punggawa sekaligus legenda Manchester United, George Best, berhasil merasakan masa kejayaan di Old Trafford selama 11 musim mulai dari tahun 1963-1974.

Melalui karirnya di dunia sepak bola tersebut, Best dilaporkan memiliki kekayaan mencapai 60 juta poundsterling. Suatu nilai kekayaan yang sangat besar untuk ukuran tahun tersebut.

Tetapi sayangnya, pria yang tutup usia pada tahun 2005 tersebut mengalami kebangkrutan saat pensiun sebagai pesepak bola. Bahkan, sebelum meninggal Best hidup di dalam keprihatinan dan kemiskinan.

Hal ini dikarenakan dirinya yang sangat menyukai ingar bingar pesta, mobil mewah, kecanduan minuman keras serta bermain wanita.

Eddie the Eagle

Sebagai legenda olahraga ski jumper, Eddie memiliki kekayaan yang bisa dibilang lebih besar dibandingkan atlet-atlet ski jumper lain pada masanya. Eddie the Eagle, begitu julukannya di dalam dunia ski, dikabarkan memiliki uang sebesar 5 juta poundsterling yang lenyap begitu saja.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Ternyata, Eddie mengakui dirinya salah memilih tim manajemen investasi yang telah dia percayakan untuk mengelola seluruh kekayaan tersebut.

Meskipun telah memiliki kesadaran mengelola keuangan, namun pengetahuan Eddie yang terbatas akan ilmu tersebut membuatnya kehilangan seluruh kekayaannya.

(Baca juga: Lakukan 4 Cara Ini Untuk Bangkit Dari Kebangkrutan)

Allen Iverson

Atlet NBA ternama, Allen Iverson, adalah langganan skuad NBA All Star. Mantan playmaker Philadelphia 76ers tersebut berhasil masuk ke dalam skuad NBA All Star sebanyak 11 kali.

Kelihaiannya di lapangan basket membuat Iverson mengantongi kekayaan hingga 200 juta dolar lebih yang dikumpulkannya selama berkarir di dunia bola basket.

Namun nahas, saat ini dirinya mengalami kebangkrutan karena terlilit utang terhadap perusahaan perhiasan. Iverson juga memiliki kebiasaan berjudi yang tidak bisa dia hilangkan.

Marion Jones

Mantat atlet lari ternama, Marion Jones, juga masuk dalam daftar olahragawan sukses yang mengalami kebangkrutan. Dia mengalami kebangkrutan pada tahun 2006 karena kasus obat-obatan terlarang.

Kecanduan memaksanya harus mengubur mimpinya untuk meneruskan karier gemilang di dunia lari. Bahkan, karena kasus doping atau obat-obatan terlarang tersebut, Jones pernah mendekam di penjara selama 6 bulan.

(Baca juga: 5 Atlet Hebat Ini Ternyata Sukses Jadi Pebisnis)

Travis Henry

Lag-lagi obat-obatan terlarang berhasil menjatuhkan nama besar seorang atlet top dunia. Mantan atlet NFL, Travis Henry, menjadi korban atas ganasnya obat-obatan terlarang.

Mantan bintang Buffalo Bills dan Denver Broncos tersebut harus kehilangan kontrak dari Broncos senilai 318 miliar karena tidak bisa menghilangkan kebiasaan berpesta dan kasus narkoba yang menjeratnya.

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami