Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Belajar dari Kasus Sutan Bhatoegana, Cara Ini Ampuh Mencegah Sakit Liver

by Rafly Aditia on 26 Oktober, 2016

Hati merupakan salah satu organ tubuh paling penting. Organ yang letaknya berada di bawah kanan tulang rusuk ini berfungsi menetralisir racun dan zat yang tidak diperlukan oleh tubuh, mengganti sel yang rusak, bahkan mengatur komposisi darah serta membuat empedu.

Apa jadinya bila kamu mengalami sakit kanker liver seperti yang dialami mantan anggota DPR, Sutan Bhatoegana. Yang pasti, biaya kesehatan yang tidak sedikit harus dikucurkan untuk mengobati penyakit mematikan ini. Demi menjaga liver tetap sehat, kamu perlu menjaga kinerja hati tetap maksimal. Berikut ini ulasannya:

Menurunkan peradangan dan stress oksidatif

Berdasarkan penelitian yang dimuat di jurnal Medicine & Science in Sport, ditemukan fakta bahwa orang yang berolahraga secara rutin selama 12 minggu tanpa pembatasan diet bisa memiliki tubuh langsing serta peningkatan fungsi hati. Bukan cuma itu, dengan rajin olahraga kamu juga dapat menurunkan peradangan dan stress oksidatif pada hati.

(Baca juga: Lajang, Bergaji 2 Juta dan Tinggal di Jakarta? Ini Triknya Agar Bisa Menabung)

Hindari alkohol

Dari segi kesehatan, akohol jelas memberikan dampak buruk bagi organ tubuh. Salah satunya merusak fungsi hati dan menyebabkan kanker. Yup, alkohol telah terbukti dapat mengurangi kinerja hati sehingga hati tidak dapat lagi maksimal memerangi zat-zat negatif yang masuk ke dalam tubuh.

Salah satu zat negatif itu adalah zat penyebab kanker. Artinya, dengan mengkonsumsi minuman beralkohol sama saja menaruh diri dalam risiko kanker yang tinggi. Selain itu, senyawa Etanol yang ada dalam alkohol dapat merusak sistem saraf kamu. Sehingga apabila dikonsumsi dalam jumlah besar, manusia bisa mengalami koma atau kematian mendadak.

Mengurangi lemak di hati

Sebuah penelitian dari Leiden University Medical Center, Belanda, menemukan fakta bahwa olahraga secara rutin dapat mengurangi kadar lemak yang terdapat di hati. Seperti yang telah diketahui sebelumnya, hati atau liver punya peran sentral dalam mengatur jumlah distribusi lemak tubuh. Kandungan lemak liver dan visceral berlebih dapat merugikan kesehatan untuk jantung serta pembuluh arteri.

(Baca juga: Cara Mendapatkan Uang Tambahan dari Mobil yang Jarang Terpakai)

Demi mendapatkan hati tetap sehat, cobalah berolahraga secara rutin minimal dua bulan berturut-turut. Sebaiknya, jadikan olahraga kegiatan atau rutinitas sehari-hari dari sekarang hingga tua nanti demi tubuh yang lebih sehat.

Butuh asuransi kesehatan yang menanggulangi biaya kesehatan penyakit berbahaya? Ajukan sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami