Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Belanja Bahan Makanan Pengganti Telur dengan Citi Cash Back Card, Banyak Untungnya!

by Anes Saputra on 4 Mei, 2020

Bisa dikatakan telur adalah bahan yang wajib dan selalu ada di dapur. Selain mudah diolah dan tahan lama, telur juga sering menjadi bahan utama dalam mengolah berbagai macam masakan.

Resep Olahan Telur

Kue, roti, atau masakan lainnya mungkin tidak akan enak atau bahkan tidak bisa matang dengan sempurna jika tidak ada telur. Kamu mungkin akan bingung jika mendadak kehabisan telur atau kekurangan telur di tengah memasak.

Tidak usah frustrasi atau mengurungkan niat untuk membuat masakan tertentu hanya karena persediaan telur kamu habis. Ternyata ada beberapa bahan makanan yang bisa memiliki fungsi dan peran layaknya telur.

Bahan ini juga cocok digunakan jika kamu ingin memasak sesuatu yang mengandung telur di dalamnya tapi kamu alergi terhadap telur. Rasa dan teksturnya akan mirip tapi aman dan sehat.

1. Tofu

Tofu - Belanja Bahan Makanan Pengganti Telur

Telur adalah bahan makanan yang kaya akan protein. Tofu juga demikian. Selain kandungan proteinnya hampir mirip, ternyata tofu bisa menggantikan posisi telur dalam mengolah makanan yang bahan utamanya didominasi oleh telur.

Jika diperhitungkan, satu butir telur dapat digantikan dengan 1/4 cup tofu. Kamu tinggal menyesuaikan nih sama resep aslinya untuk tahu berapa banyak tofu yang akan kamu butuhkan.

Secara rasa, mungkin akan sedikit berbeda karena tofu cenderung tidak memiliki rasa atau hambar. Akan tetapi, jika dilihat nilai gizinya, ternyata tofu memiliki kandungan zat besi, asam amino, kalsium, dan magnesium yang lebih tinggi daripada telur.

Ada satu kunci utama dalam menggunakan tofo sebagai pengganti telur. Pastikan kamu memilih tofu yang sangat lembut agar lebih mudah untuk hancur.

2. Mashed potato

Mashed potato - Belanja Bahan Makanan Pengganti Telur

Jika kamu membutuhkan telur sebagai bahan ‘perekat’, kamu bisa menggantikannya dengan mashed potato. Kentang yang udah ditumbuk memiliki kemampuan yang sama dalam merekatkan berbagai bahan menjadi satu kesatuan.

Penggunaan mashed potato sebagai pengganti telur juga dapat menambah cita rasa dalam masakan kamu loh. Penggantian ini akan sangat cocok jika yang kamu olah adalah savory dish.

(Baca juga: 7 Resep Cemilan Mudah untuk Peneman WFH di Rumah)

Untuk takarannya sama dengan tofu. Satu butir telur dapat digantikan dengan 1/4 cup mashed potato. Jika ingin menggunakan strach potato, takarannya adalah 2 sendok makan sama dengan 1 butir telur.

3. Pisang

Pisang - Belanja Bahan Makanan Pengganti Telur

Siapa nih yang berencana untuk membuat kue, pancakes, muffin, dan teman-temannya? Kalau kamu tidak memiliki cukup telur, gunakan saja buah pisang.

Ya, pisang adalah pengganti yang sangat tepat untuk telur yang digunakan dalam pengolahan berbagai macam kue dan roti yang rasanya manis. Kalaupun kamu memiliki banyak telur, penggantian ini tetap bisa kamu coba sih. 

Bagaimana bisa pisang menggantikan telur? Tentu bisa dong. Pisang memiliki tekstur yang creamy dan kelembaban yang mirip dengan telur. Dengan begitu, pisang mampu menyatukan berbagai bahan dalam adonan kamu.

Aroma dan rasa pisang yang khas akan memberikan rasa baru dalam kue kamu. Ditambah lagi, pisang dapat membantu melancarkan pencernaan, mengontrol gula darah, dan cocok untuk kamu yang diet. Gunakan 1/2 cup pisang yang udah dilembutkan sebagai pengganti satu telur.

4. Soda

Soda - Belanja Bahan Makanan Pengganti Telur

Percaya tidak kalau ternyata soda dapat menjadi pengganti telur loh? Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak orang dan kamu juga bisa mencobanya sore nanti.

Satu kaleng soda dapat menggantikan 3 butir telur sekaligus. Pergantian ini cocok dipakai ketika kamu ingin membuat cakes atau muffins.

Akan tetapi, jangan terlalu sering menggunakan soda ya. Gunakan jika terpaksa banget atau memang mau mencoba sekali saja boleh karena bahan makanan ini termasuk yang kurang sehat.

Meski perannya dalam menyatukan bahan sama dengan telur, kandungan gizi yang dimiliki keduanya tetaplah berbeda. Soda tetap bukan pilihan yang sehat.

Satu lagi nih catatan penting yang harus diingat jika kamu ingin menggunakan soda sebagai pengganti telur. Pastikan kamu tidak menggunakan minyak agar adonan kamu tidak terlalu encer.

5. Labu

Labu - Belanja Bahan Makanan Pengganti Telur

Labu dan kentang memiliki tekstur yang mirip jika digunakan untuk membuat kue. Karena tadi kentang udah dipastikan bisa digunakan sebagai pengganti telur, itu artinya labu juga bisa.

 Kamu bisa bikin cookies, roti dan muffins dengan labu tanpa harus menggunakan telur sama sekali. Labu justru akan membuat adonan kamu lebih lembut, buttery, dan warna kue atau roti kamu akan telihat lebih cantik.

Selain dari segi tampilan, labu juga lebih unggul dalam hal manfaatnya untuk kesehatan dibandingkan telur. Labu kaya akan antioksidan dan potasium yang dapat melancarkan peredaran darah. 

Labu bukan hanya kaya akan protein tapi juga serat dan rendah kalori. Banyak yang menyebutkan kalau labu adalah alternative pengganti telur yang jauh lebih sehat.

Untuk menggantikan 1 butir telur, kamu bisa gunakan 1/4 cup mashed pumpkin. Pastikan jumlahnya tidak lebih ya karena labu punya rasa yang sangat kuat.

(Baca juga: 9 Hacks Memasak yang Berguna Selama Bulan Puasa)

Jika berlebihan, rasa masakan kamu mungkin akan berubah dan rasa dari bahan lain akan kalah.

Ternyata telur dapat digantikan dengan bahan lainnya yah. Bahkan, ada bahan yang dianggap lebih sehat dari telur tapi dapat memiliki peran yang sama dalam sebuah resep. 

Belanja Banyak Cash Back-nya

Dapatkan bahan-bahan makanan pengganti telur tersebut di toko swalayan terdekat dengan memanfaatkan kartu kredit Citi Cash Back Card dari Citibank yang akan memberikan kamu banyak keuntungan.

Pemegang kartu kredit tersebut bisa menikmati 1% cash back untuk semua transaksi, tanpa limit cash back, tanpa batas waktu penukaran, dan tanpa belanja minimum.

Miliki Citi Cash Back Card Citibank lewat CekAja.com sekarang juga dan nikmati sebanyak mungkin cash back nya!

citi cashback card

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke