Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Cara Belanja di eBay Dengan Kartu Kredit, Gampang Banget!

by Vera Khairifah on 6 Maret, 2020

Belanja kebutuhan apa saja kini bisa dibeli di berbagai e-commerce, salah satunya eBay. Untuk kamu yang ingin belanja di eBay secara kredit, berikut cara mudah belanja di eBay dengan kartu kredit.

belanja di ebay dengan kartu kredit

Mengenal eBay

eBay adalah situs online jual-beli barang apa saja di seluruh dunia. Situs ini berasal dari San Jose, California, Amerika Serikat, dan sudah ada sejak 1995. Bisa dikatakan, eBay adalah cikal bakal dari hadirnya banyak e-commerce saat ini.

Mulanya, eBay diluncurkan sebagai tempat untuk berdagang barang koleksi dan barang lainnya yang sulit ditemukan. Karena pengguna yang semakin banyak, maka eBay pun berkembang dan menjual barang yang lebih variatif.

Dengan daftar barang sebanyak 103,6 juta di seluruh dunia dan penambahan daftar barang sebanyak 6,1 juta yang dilakukan setiap hari, eBay menjadi wadah bagi semua orang yang ingin membeli dan menjual di seluruh dunia.

Kemudahan membeli barang yang hanya tersedia di negara tertentu saja kini sangat terbantu berkat adanya eBay kala itu. Hingga kini, eBay masih terus eksis dan digunakan banyak pengguna, lengkap dengan layanan kirim barang internasional.

Selain melalui situs online-nya, kamu juga bisa berbelanja di eBay dengan mengunduh aplikasi di smartphone berbasis Android maupun iOS.

(Baca Juga: Cara Kredit Paling Mudah di Kredit Pintar, Anti Ribet!)
Tahap-tahap Belanja di eBay

Cara belanja di eBay sebenarnya hampir sama dengan tahap berbelanja di e-commerce lainnya. Untuk penjual, kamu diharuskan untuk membuat akun terlebih dulu dengan memasukkan data identitas diri, alamat e-mail, dan lain sebagainya.

Kemudian, pasang foto dan deskripsi barang yang ingin dijual beserta harganya. Ketika unggahan barang tersebut selesai di-post, maka pengguna maupun pengunjung eBay bisa melakukan penawaran harga.

Ya, harga barang di eBay bisa ditawar, dan akan diberikan ke pembeli yang menawar dengan harga yang disetujui penjual. Jika penjual sudah sepakat, maka penjual memberitahu pembeli tersebut bahwa pembeli itu lah yang memiliki penawaran terbaik dan harus melakukan pembayaran.

Jika pembayaran (meliputi harga barang dan ongkos kirim) sudah terkonfirmasi, maka penjual akan mengirimkan barang.

Sedangkan untuk membeli barang, pembeli tak harus membuat akun terlebih dulu. Selain praktis, eBay juga memberi jaminan uang kembali jika barang yang dipesan tidak kunjung sampai hingga batas waktu yang diperkirakan.

Cara Belanja di eBay Dengan Kartu Kredit

Belanja di eBay bisa dilakukan dengan beberapa metode pembayaran, yakni PayPal, PayPal Credit, dan kartu debit. Kamu juga bisa belanja di eBay dengan kartu kredit.

Keuntungan belanja di eBay dengan kartu kredit adalah, kamu bisa memiliki barang yang dibutuhkan dengan angsuran, tanpa harus menabung uang di muka.

Berikut tahap belanja di eBay dengan kartu kredit:

  • Pilih produk yang ingin dibeli
  • Cek harga barang dan ongkos kirim ke alamat pengiriman
  • Hubungi penjual jika kamu ingin menawar harga barang
  • Jika harga disetujui, klik “Buy It Now”, lalu pilih satu dari dua pilihan yakni “Sign in to check out” untuk pembeli yang memiliki akun eBay, atau pilih “Check out as guest” untuk kamu yang tak memiliki akun eBay.
  • Masukkan data diri pembeli, alamat pengiriman, dan konfirmasi e-mail.
  • Klik “Done”, dan pilih metode pembayaran belanja di eBay dengan kartu kredit dan kartu debit berlogo VISA dan MasterCard.
  • Masukkan nomor kartu, tanggal kadaluarsa kartu, kode keamanan berupa tiga digit nomor yang berada di belakang kartu kredit, serta nama pemegang kartu kredit.
  • Klik “Done”, lalu cek lagi jumlah pembayaran harga barang dan ongkos kirim. Jika sudah sesuai, klik “Confirm and Pay”. Sistem akan memproses pesanan.

Belanja di eBay dengan Pinjaman Dana dari Kredit Pintar

Jika kamu tidak memiliki kartu kredit, maka kamu bisa belanja di eBay dan membayarnya dengan pinjaman dana dari Kredit Pintar. Pinjaman dana yang didapat akan dikirimkan ke rekening bankmu, dan kamu bisa membayar tagihan belanja di eBay dengan kartu debit.

Kredit Pintar adalah aplikasi pinjaman online legal, yang berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kamu bisa mendapatkan pinjaman dana hanya dengan menyertakan KTP, serta konfirmasi rekening bankmu saja. mudah banget, kan?

Ada dua nominal pinjaman yang bisa kamu ajukan.yakni pinjaman Rp550.000 dengan waktu angsuran dua bulan, serta pinjaman Rp2,3 juta dengan waktu angsuran selama tiga bulan. Proses pencairan pun sangat cepat, maksimal 24 jam atau satu hari kerja.

Aplikasi Kredit Pintar ini bisa diunduh di smartphone berbasis Android. Tunggu apa lagi? Yuk, unduh dan ajukan kredit sekarang!

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast