Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Belanja ke Pasar, Yuk! Ini 5 Keuntungan yang Bisa Didapat

by Miftahul Khoer on 17 Februari, 2020

Keberadaan pasar tradisional amat penting bagi roda perekonomian masyarakat, karena sebagai tempat yang menunjang kebutuhan sehari-hari. Meskipun secara look dan fasilitasnya tak sebagus supermarket, banyak keuntungan belanja di pasar yang bisa kamu dapatkan. 

keuntungan belanja di pasar

Jika kamu termasuk supermarket person yang hampir selalu belanja di sana, coba deh sesekali eksplor ke pasar tradisional. Dengan begitu, kamu bisa bisa membandingkan keuntungan baik dari segi harga maupun kualitas barangnya. Lagi pula, sudah banyak pasar yang kini dibangun lebih modern. Jadi tidak perlu khawatir jorok, becek, atau kepanasan lagi.

Selain tentunya bisa menghemat keuanganmu setiap bulan, ada beberapa keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan lagi dengan belanja di pasar tradisional. Penasaran apa saja? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Jam buka lebih pagi

Di pasar tradisional, pedagang membuka tokonya lebih pagi dibanding supermarket. Dengan begitu, kamu bisa leluasa dalam mengatur waktu terutama bagi yang harus berangkat kera di pagi hari. Apalagi jika yang kamu butuhkan adalah kebutuhan dapur seperti bahan makanan. Biasanya, pedagang sayuran akan stand by dari jam 3 dini hari sudah menjajakan barang dagangannya. Jadi sebelum ke kantor, kamu bisa ke pasar untuk membeli keperluan sehari-hari terlebih dulu.

2. Bahan makanan lebih segar

Mengingat jam buka pasar selalu di pagi hari, tentunya kamu bisa mendapatkan semua barang tersebut dalam kondisi lebih segar. Apalagi pedagang biasanya mengambil barang dagangannya langsung dari supplier terkait seperti petani atau nelayan.

Ada banyak pilihan sayuran dan buah-buahan di pasar tradisional. Berbagai jenis ikan segar dari pun demikian. Daging-dagingan seperti ayam atau sapi umumnya juga baru dipotong di hari yang sama. Oleh karena itu, jika kamu membutuhkan sayuran atau bumbu masakan yang fresh, pasar tradisional adalah jawaban paling tepat.

(Baca Juga: 5 Tips Hemat Belanja Bahan Pokok)
3. Serba murah

Tidak hanya menguntungkan dari segi kualitas,  harga semua dagangan di pasar tradisional sendiri juga sangat murah. Hal ini jelas menguntungkan para pembeli, terutama untuk masyarakat yang tingkat ekonominya menengah ke bawah.

Rendahnya harga di pasar tradisional itu sendiri karena para pedagang tidak mengeluarkan modal terlalu besar. Mereka pun hanya membuka lapak sederhana untuk menjajakan dagangan dan membayar sewanya dengan harga murah.

4. Harga bisa ditawar

Selain harga semua barang-barang yang serba murah, kamu masih bisa menawarnya agar lebih pas di kantong. Hal ini merupakan salah satu daya tarik utama bagi pembeli yang mengunjungi pasar tradisional. Tapi ingat, nawa boleh asalkan jangan sampai ‘mencekik leher’ pedagang karena mayoritas pedagang tersebut adalah pedagang kecil yang juga ingin meraup untung.

5. Meningkatkan ekonomi rakyat kecil

Mengapa berbelanja di pasar tradisional bisa membantu perekonomian rakyat? Karena ketika berbelanja di pasar tradisional kamu bertemu secara langsung dengan para pedagang yang sebagian besar adalah masyarakat biasa. Dengan berbelanja di pasar, kamu otomatis turut berkontribusi demi jalannya roda perekonomian masyarakat yang ada di sekitarmu.

Seperti telah diketahui, bahwa menjamurnya supermarket atau toko-toko besar saat ini cukup mengancam bahkan sudah menggeser popularitas pasar  tradisional. Sehingga perekonomian masyarakat pun tidak merata, karena beberapa orang beralih ke tempat yang lebih moderen.

6. Nostalgia dengan jajanan tradisional

Banyaknya jenis makanan modern saat ini, terkadang membuat banyak orang  rindu bernostalgia dengan makanan tradisional seperti kue pancong, getuk lindri, kue putu, atau cendil. Tapi sayang sekali, makanan seperti itu tidak bisa kamu dapatkan di supermarket

Melalui pedagang dan gerobak-gerobaknya, sebagian besar pasar masih punya banyak jajanan tradisional. Kebanyakan dari mereka telah mempertahankan cara pengolahan dan ciri khas makanan tradisional itu secara turun temurun. 

Asyik juga ya belanja di pasar tradisional. Untungnya banyak, pun bisa sekaligus memperbanyak jalan kaki agar lebih sehat juga. Maka itu, yuk coba belanja ke pasar tradisional mulai besok. Tentu saja cara ini turut mempengaruhi keuangmu sehingga lebih hemat. Selamat berbelanja!

Bagi pedagang yang butuh modal lebih untuk ekspansi toko atau dagangan, jangan ragu ajukan KTA (Kredit Tapa Agunan) di CekAja.com. Prosesnya mudah, tanpa jaminan, dan trusted karena diawasi oleh OJK.

(Baca Juga: Belanja Bulanan Bikin Tekor? Hindari 4 Kesalahan Ini!)

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.