Belanja Online atau Offline, Saat Wabah Corona?

5 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Pernahkah kamu bertanya, sebaiknya belanja online atau offline, saat wabah corona? Seiring dengan meningkatnya jumlah terinfeksi virus corona Covid-19, pemerintah mulai mengeluarkan himbauan secara resmi agar masyarakat melakukan social distancing dan mengurangi aktivitas di luar rumah selama wabah ini masih merajalela.

Tentu saja dengan diberlakukannya peraturan ini, masyarakat jadi harus mempertimbangkan mengenai langkah yang harus diambil ketika mereka ingin membeli berbagai kebutuhan selama mengisolasi diri.

Mulai dari kebutuhan pangan hingga kebersihan menjadi beberapa hal yang harus dipenuhi oleh setiap lapisan masyarakat.

(Baca Juga: Tips Belanja Hemat saat Pandemi Corona)

Merebaknya pandemi corona memang membuat siapapun khawatir ketika ingin keluar rumah, meskipun hanya sebatas pergi ke minimarket sebelah gang.

Maka dari itu, tak heran apabila banyak orang yang menanyakan, kira-kira lebih baik belanja online atau offline, saat wabah corona?

Nah, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas lebih jauh lagi tentang langkah terbaik yang bisa dilakukan oleh masyarakat jika ingin membeli berbagai kebutuhan selama masa isolasi diri. Yuk kita simak bersama-sama.

Lebih Pilih Belanja Online atau Offline saat Wabah Corona?

Belanja online dan offline saat wabah corona memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Tidak dapat dipungkiri bahwa memang ada beberapa barang yang tidak memungkinkan untuk membeli secara online, karena mengharuskanmu untuk melihat langsung secara nyata barang tersebut.

Diantaranya seperti barang elektronik dan beberapa produk fashion seperti sepatu dan pakaian dalam.

Tetapi, dengan masih mewabahnya virus corona hal ini seakan-akan membuat masyarakat tidak memiliki pilihan selain belanja secara online, guna menghindari kontak fisik dengan orang lain yang tidak dikenal.

Agar kamu bisa lebih yakin dalam menentukan pilihan berbelanja, yuk kita ketahui dulu kelebihan dan kekurangan belanja online dan offline saat pandemi corona masih mewabah.

Perbandingan Belanja Online dan Offline saat wabah corona

1. Tidak perlu beranjak dari rumah ketika ingin berbelanja

Corona merupakan salah satu virus yang sangat mudah menular. Dikarenakan hal itulah, banyak orang yang saat ini cenderung takut ketika ingin bepergian ke luar rumah dan lebih memilih untuk berbelanja online karena dianggap lebih aman.

Hanya dengan bermodalkan gadget yang dimiliki, kamu sudah bisa membeli barang yang diinginkan dan langsung diantar ke depan pintu rumah dengan aman tanpa perlu merasa khawatir.

2. Tak perlu takut kehabisan stock

Banyaknya masyarakat yang panic buying ketika berbelanja di toko offline membuat stock toko menjadi cepat habis.

Namun, hal ini berbeda dengan berbelanja di toko online yang tidak perlu mengkhawatirkan stock yang habis.

Karena biasanya, toko online yang kehabisan stock tidak akan menerima pemesanan dan pelanggan diberikan kesempatan untuk membeli barang serupa di toko lainnya.

3. Bisa Melakukan Perbandingan Harga

Perbandingan belanja online atau offline saat wabah corona juga bisa dilihat dari perbandingan harga.

Terkadang, pandemi corona ini justru dimanfaatkan oleh para pedagang untuk mengambil keuntungan yang lebih, yaitu dengan cara menaikan harga sejumlah barang mereka. Khususnya untuk barang yang dicari oleh banyak orang, seperti masker dan hand sanitizer.

Nah, dengan cukup banyaknya pedagang yang menaikan harga barang mereka, maka dengan berbelanja online para pelanggan bisa lebih mudah melakukan perbandingan harga dari satu toko ke toko lainnya hingga mendapatkan barang dengan harga terbaik.

Jika kamu berbelanja di toko offline, jelas kamu tidak akan mendapatkan kesempatan untuk membandingkan harga.

4. Barang yang bervariasi

Perbandingan belanja online dan offline saat wabah corona lainnya juga bisa dilihat dari barang yang bervariasi.

Apabila berbelanja di toko offline kamu diharuskan untuk masuk dari satu toko ke toko lainnya untuk bisa mendapatkan barang yang bervariasi, maka dengan berbelanja online kamu tidak perlu melakukan itu.

Hanya dengan membuka satu aplikasi saja, kamu sudah bisa membeli berbagai variasi barang yang diinginkan dalam satu kali transaksi.

5. Lebih hemat waktu dan uang

Jika kamu membeli barang melalui online, maka kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk ke luar rumah, yang tentu saja hal ini juga akan membuatmu menjadi lebih hemat waktu.

Selain itu, kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk moda transportasi yang kamu gunakan untuk bepergian, seperti bensin, taksi, maupun transportasi publik.

Tidak hanya itu, toko online juga sering kali mengadakan berbagai promo dan diskon menggiurkan yang secara tidak langsung juga membuat pengeluaranmu dalam berbelanja juga menjadi lebih hemat.

Jadi, apakah kamu lebih memilih belanja online atau offline saat wabah corona? Dengan dihimbaunya social distancing guna mencegah penyebaran virus corona yang semakin meluas dari pemerintah, berbelanja melalui online menjadi salah satu pilihan paling tepat.

Selain kamu tidak perlu keluar rumah, dengan berbelanja online kamu juga tidak perlu bertemu dan bersentuhan dengan banyak orang.

Namun, nyatanya berbelanja online juga memiliki beberapa hal yang harus kamu perhatikan lho, terutama ditengah pandemi corona. Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan ketika berbelanja online?

Tips Belanja Kebutuhan Pokok secara Online saat Wabah Corona

  • Membuat daftar belanja dan mencatat seluruh pengeluaran

Mudahnya berbelanja online terkadang justru membuat banyak orang kalap dan ingin membeli seluruh barang yang mereka inginkan.

Hal satu ini jelas secara tidak langsung akan membuat anggaran belanja rumah tanggamu menjadi membengkak.

Maka dari itu, sebelum kamu membuka platform jual-beli online, ada baiknya apabila kamu mencatat seluruh kebutuhan pokok terlebih dahulu beserta anggaran yang dimiliki.

Cara satu ini dianggap cukup berguna untuk mencegah panic buying dan catatan pengeluaran yang transparan.

  • Memanfaatkan promo dan diskon

Salah satu kelebihan berbelanja online adalah hadirnya berbagai promo dan diskon menarik yang dapat dimanfaatkan oleh para pelanggan.

Bahkan, terkadang promo yang dihadirkan pun tidak hanya disediakan dari toko terkait, melainkan dari platform toko online itu sendiri.

Seperti, promo jika melakukan pembayaran dengan metode tertentu ataupun voucher yang diberikan karena kamu sudah melakukan transaksi dengan jumlah tertentu. Nah, jelas saja hal ini akan membuat pengeluaranmu menjadi lebih hemat.

  • Perhatikan deskripsi dan ulasan produk

Membeli barang secara online berarti kamu harus mau menerima barang dalam kondisi apapun, termasuk jika barang datang dalam kondisi cacat atau di luar ekspektasi.

Karena kamu tidak bisa melihat barang yang dibeli secara langsung, maka ada baiknya jika kamu membaca deskripsi produk beserta ulasannya secara seksama.

(Baca Juga: 7 Benda yang Menjadi Penularan Virus Corona)

Cara satu ini dianggap bisa mencegah terjadinya kekecewaan yang disebabkan oleh produk yang ternyata tidak seperti yang diharapkan. Ditambah lagi karena ada beberapa toko online yang tidak menerima pengembalian produk.

Jadi, manakah yang kamu pilih? Belanja online atau offline saat wabah corona? Selain diperlukannya tips khusus dalam berbelanja, jangan lupa juga untuk melindungi diri dan keluarga dengan asuransi kesehatan, khususnya dengan masih mewabahnya pandemi corona.

Yuk segera ajukan asuransi kesehatanmu di CekAja.com!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha