Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Belanja Saat Corona, Lakukan 5 Hal Ini Setelahnya Agar Bebas Virus

by Miftahul Khoer on 26 Maret, 2020

Perang melawan virus corona hingga kini masih belum berakhir. Korban  terus berjatuhan, sampai menewaskan sedikitnya 14.652 orang di seluruh dunia karena gugur melawan COVID-19. Dalam mencegah penyebaran virus mematikan tersebut, banyak orang yang akhirnya berusaha untuk diam di rumah. Namun, ternyata #dirumahaja pun tidak mudah, mengingat kebutuhan-kebutuhan makanan harus selalu in stock dengan membelinya di luar. Bagaimana cara aman belanja saat corona?

Tips Aman Belanja Saat Corona

Nah, bagi kamu yang ingin tetap aman belanja di luar dan terhindar dari penularan virus corona, ikuti 5 langkah berikut ini. Jangan ditunda, segera lakukan setibanya di rumah ya. Yuk, simak bersama!

1. Lepaskan APD 

Agar terhindar dari paparan bakteri dan virus setelah belanja di supermarket atau pasar, segera lepas Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker dan sarung tangan sesampainya di rumah. APD ini merupakan alat penting agar kamu terhindar dari virus. Namun, usai digunakan sebaiknya buang dengan dimasukkan ke dalam kantong plastik dulu, baru kemudian enyahkan di tong sampah. Kalau bisa, letakkan tong sampah tersebut jauh-jauh dari rumah. Hal ini untuk menghindari agar kemungkinan virus yang menempel pada APD tidak menyebar. 

2. Jangan berinteraksi dulu

Setelah kamu pulang dari belanja dan melepas APD, ingat jangan langsung berinteraksi dengan anggota keluarga di rumah. Bahkan, hindari menyentuh perabot apapun juga.  Sebab jika demikian, kemungkinan jika ada virus yang menempel pada badan atau pakaian, bisa terbang ke udara dan menyebar. 

Pasalnya, virus corona mampu bertahan hidup di udara selama berjam-jam dan 72 jam di suatu permukaan. Dalam studi yang dirilis oleh The New England Journal of Medicine, para peneliti menemukan bahwa COVID-19 masih berpotensi menularkan ketika mereka bersifat aerosol atau tersebar di udara bisa hidup selama tiga jam.

(Baca Juga: Imbas Corona, Jokowi Beri 4 Jaminan Ini Buat Rakyat Kecil)

3. Cuci tangan sampai wajah

Kamu juga harus memastikan bahwa bagian bagian tubuh kamu, seperti wajah dan tangan secara menyeluruh harus dicuci dengan menggunakan sabun anti bakteri saat mandi. Cara menjaga kebersihan yang satu ini, mungkin terdengar sederhana, tapi sebenarnya sedikit lebih sulit dilakukan dibandingkan langkah lainnya. Sering sekali, secara tidak sadar kita menyentuh wajah dengan mengusap hidung, mengucek mata, atau menyentuh mulut.

4. Ganti pakaian

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika Serikat, virus corona umumnya ditularkan melalui droplet atau percikan cairan saat orang yang terinfeksi bersin atau batuk. Bahkan, pakaian yang terkontaminasi oleh cairan tersebut bisa berpotensi besar untuk menularkan penyakit. CDC mencatat bahwa virus corona dapat bertahan selama berjam-jam di permukaan yang terbuat dari kain atau bahan, termasuk pakaian.

Seperti dilansir HuffPost.com, Robert Amler, dekan Fakultas Ilmu dan Praktik Kesehatan di New York Medical College dan mantan kepala medis CDC, mengatakan bahwa lamanya umur virus corona tergantung pada jenis kain, karena beberapa bahan lebih rentan daripada yang lain. Menurut dokter tersebut, bahan spandex seperti poliester dapat menahan kuman lebih lama dari kain berbahan dasar kapas. Meski begitu, semua jenis kain dapat terkontaminasi virus. Oleh karenanya sepulang berbelanja, langsung ganti pakaianmu. 

5. Segera mandi 

Usai belanja saat corona, segeralah mandi. Hal ini dilakukan agar tubuh kamu bersih dari kemungkinan virus yang menempel. Tentu dengan memakai sabun yang  mengandung antiseptic agar lebih ampuh. Selain itu, mandi juga bisa bermanfaat bagi tubuh kamu, sebuah penelitian dalam European Journal of Applied Physiology and Occupational Physiology membuktikan, suhu yang dingin bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh.

Belanja saat corona tak masalah asalkan jelas tujuannya. Demi terhindar dari penularan COVID-19, mulai sekarang perlu benar-benar menghentikan kebiasaan ini. Sebab begitu ada di tempat umum, kita tidak pernah tahu mana saja orang yang sehat atau sakit. Bahkan suata baran mungkin saja terkontaminasi virus.

Jangan takut nggak punya duit selama virus corona terus mewabah. JULO siap memberimu pinjaman dana, agar tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga di rumah. Ajuka sekarang, yuk di CekAja.com!

(Baca Juga: Beda, Ini Tata Cara Mengurus Jenazah Pasien Virus Corona)

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.