Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Beli Mobil Pakai Cicilan Kredit Kendaraan Bisa Lebih Untung? Ini Alasannya!

by Tisyrin on 1 Januari, 2017

beli mobil - CekAja.com

Punya rencana beli mobil di 2017? Ambil cicilan kredit kendaraan aja, karena ternyata lebih menguntungkan. Tidak percaya? baca tuntas artikel ini.

Jika miliki rencana beli kendaraan roda empat, salah satu langkah efektif awal yang mesti kamu lakukan adalah cek harga mobil terbaru di 2017. Namun, benarkan jika membeli mobil secara kredit itu malah lebih menguntungkan? Hal-hal di bawah ini akan menambah keyakinanmu untuk membeli mobil secara kredit.

Dapat asuransi

Setiap pembelian mobil secara kredit, biasanya akan dilengkapi dengan asuransi kendaraan. Jadi, cicilan yang kamu bayarkan setiap bulannya sudah termasuk untuk membayar premi asuransi kendaraan.

Kamu pun tidak perlu repot-repot lagi mengurus dokumen untuk keperluan asuransi mobil atau mengalokasikan uangmu secara khusus untuk membayar premi, karena kamu sudah secara otomatis mengalokasikannya lewat cicilan mobil.

Jika membeli mobil secara kredit. Biasanya dealer sudah kerja sama dengan pihak pemberi kredit dan perusahaan asuransi tertentu, kamu pun tinggal membayar sesuai ketentuan. Berbeda dengan membeli mobil secara tunai, kamu harus mengurus asuransi kendaraan sendiri, dari mulai menyiapkan dokumen, mengajukan, dan mengalokasikan secara terpisah uang untuk membayar premi.

Hal kecil semacam ini kadang terlupakan dan akan memakan waktumu. Bayangkan jika kamu lupa mengurusnya dan tiba-tiba mobilmu rusak, uangmu akan terkuras untuk memperbaikinya.

Ada beberapa jenis asuransi kendaraan antara lain asuransi all risk yang akan menanggung semua risiko dari yang ringan hingga berat. Ada pula asuransi TOL (total loss only) yang hanya menanggung jika kendaraan hilang atau kendaraan mengalami kerusakan lebih dari 70%.

(Baca: Mau Kredit Mobil Tapi Takut Dililit Utang? Pelajari Dulu Simulasinya Disini)

Tidak perlu mengeluarkan uang banyak sekaligus

Iya dong. Jika kamu membeli mobil secara kredit, kamu akan merasa lebih ringan karena membayar dengan jumlah yang tak terlalu besar setiap bulannya. Bayangkan jika harus membayar secara cash, taruhlah harga mobil incaran kamu adalah Rp200  juta, dalam waktu berapa lama kamu harus mengumpulkan uang sebanyak itu?

Apakah yakin kamu sanggup mengumpulkannya? Sedangkan kebutuhan untuk membeli mobil sudah mendesak? Dan kebutuhan-kebutuhan lain juga harus terpenuhi. So, kredit mobil adalah solusi khususnya buat kamu yang belum memiliki uang sebanyak itu. Atau, kamu mau coba alternatif lain untuk kredit mobil bekas?

Toh, kalaupun kamu tergolong orang yang sudah punya simpanan sebanyak itu, apakah tidak sayang jika kamu menggunakan seluruh simpananmu hanya untuk membeli mobil?

Masih bisa belanja keperluan lain

Kamu harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang pasti setiap bulannya sebagai cicilan mobil. Namun, ingat ya, pertimbangkan secara matang apakah besar cicilan yang harus kamu keluarkan sudah ideal? Dalam perencanaan keuangan, total cicilan hutang termasuk untuk cicilan mobil maksimal 30% dari penghasilan bulanan.

Nah, jika jumlah cicilan yang harus kamu bayar sudah tergolong aman, sisanya bisa kamu alokasikan untuk kebutuhan lainnya. Jangan lupa pula untuk berinvestasi dan menabung ya.

Habis ongkos sehari-hari? Kredit mobil aja!

Apakah kamu pernah merasa biaya untuk transportasi menggunakan kendaraan umum untuk menunjang kegiatanmu sehari-hari terlalu berat? Bayangkan uang yang kamu keluarkan itu ‘hilang’ begitu saja.

Kamu memang mendapatkan manfaat karena berhasil sampai di tempat tujuan, tetapi alangkah lebih baik jika alokasi biaya untuk transportasi umum itu kamu alihkan sehingga kamu bisa mendapatkan mobil impian? Memang kamu harus menambah jumlahnya, tapi setidaknya kamu pun akan memiliki tambahan aset pribadi bukan?

(Baca juga: 4 Alasan Kamu Harus Segera Kredit Mobil Tahun Depan)

Kamu dapat memanfaatkan mobil itu untuk keperluanmu sehari-hari dan yang lebih menyenangkan, bisa mengajak keluargamu untuk turut serta jalan-jalan ke luar kota.

Jadi, tunggu apalagi? Saat penghasilan sudah cukup, cobalah untuk mempertimbangkan kredit mobil. Kamu juga tak sabar bukan untuk memiliki mobil impian?

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami