Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Beli Rumah atau Mobil Dulu? Ini Jawaban yang Terbaik!

by Rafly Aditia on 26 Agustus, 2016

beli rumah atau mobil _ KPR - CekAja.com

Rumah adalah sebuah kebutuhan penting, namun mobil juga menjelma menjadi barang yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas hidup. Lantas mana yang harus didahulukan?

Mungkin kamu tengah berada dalam kondisi harus memilih antara membeli mobil terlebih dahulu atau rumah lebih dulu. Mengingat keduanya begitu penting, maka kamu perlu menimbang dengan baik sesuai situasi dan kondisi.

Dengan asumsi saat ini kamu memiliki uang Rp 150 juta, maka pilihan untuk beli mobil atau rumah akan cukup membuat pusing. Mana yang sebaiknya kamu pilih?

Beli rumah dulu

Sebaiknya kamu menggunakan uang tersebut untuk uang muka rumah terlebih dahulu, apabila memang beli rumah dirasa lebih dibutuhkan. Terutama bagi kamu yang sudah atau ingin menikah dalam waktu dekat, mendahulukan rumah adalah pilihan yang tepat.

Selain itu, kalau kamu sampai saat ini masih ngekost atau mengontrak membeli rumah dengan cara Kredit Pemilikan Rumah (KPR) jauh lebih baik secara finansial dibandingkan membayar kost atau uang kontrak setiap bulan.

(Baca juga: Tips Kaya Tanpa Kerja Kantoran Lewat Hobi Blogging)

Beli mobil dulu

Sementara kamu bisa menjadikan pembelian mobil sebagai prioritas apabila kamu masih belum punya tanggungan. Misalnya jika saat ini kamu masih melajang dan masih bisa tinggal di rumah orang tua, tidak ada salahnya memprioritaskan pembelian mobil.

Selain itu, apabila kamu memiliki karier dengan jabatan tinggi, memiliki mobil sudah jadi kebutuhan. Mengapa demikian? Coba bayangkan kalau kamu sudah ada schedule meeting dengan client sementara cuaca tidak bersahabat seperti hujan deras. Sementara menggunakan transportasi umum seperti taksi bisa membuat kamu terlambat tiba di kantor. Di sinilah fungsinya kendaraan pribadi.

(Baca juga: Bisnis Sampingan Artis Indonesia yang Bikin Mereka Jadi Lebih Kaya)

Impian memiliki rumah idaman bakal terwujud dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami