Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mau Beli Rumah? Cek Tawaran KPR dengan Bunga 0%!

by Tisyrin N. T on 17 September, 2017

biaya rumah bekas_KPR - CekAja.com

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) menjadi solusi bagi siapa pun yang ingin memiliki rumah tanpa harus mengeluarkan uang dalam jumlah banyak sekaligus.

Namun, seringkali bunga yang tinggi menjadikan orang-orang ragu untuk mengajukan KPR. Dengan kondisi semacam itu, tawaran bunga rendah tentu akan sangat menggiurkan bagi siapa pun. Uniknya, bunga KPR CIMB Niaga, Danamon, serta Permata bisa ditekan hingga 0%.

Ketiga bank tersebut menawarkan produk KPR yang berbeda, yang memungkinkan nasabah mendapatkan bunga seringan mungkin. CIMB Niaga menawarkan bunga hingga 0% lewat KPR Xtra Manfaat CIMB Niaga, Permata melalui Permata KPR Bijak, dan Danamon melalui KPR Danamon Lebih. Ketiga jenis KPR tersebut terhubung dengan rekening tabungan. Ini penjelasan ketiganya :

KPR Xtra Manfaat CIMB Niaga

KPR Xtra Manfaat CIMB Niaga merupakan KPR yang terhubung dengan rekening tabungan keluarga. Rekening yang terhubung bisa mencapai hingga sembilan rekening misalnya rekening atas nama bapak, ibu, suami, istri, dan anak-anak.

Dengan adanya sistem semacam itu, nasabah bisa saja tak perlu membayar bunga alias bunga Rp0 dan melunasi KPR lebih cepat dari biasanya. Perhitungannya adalah sebanyak 80% saldo tabungan akan mengurangi pokok pinjaman dan bunga KPR CIMB Niaga yang satu ini. Jadi, berapa pun jumlah tabungannya, maka angsuran akan semakin kecil.

Tak perlu mengkhawatirkan tabungan akan terganggu karena terhubung dengan KPR. Meskipun terhubung, pemegang rekening tetap punya akses penuh terhadap dananya. Pemegang rekening bisa melakukan berbagai transaksi seperti biasanya.

Nasabah dapat menambah saldo tabungan hingga mencapai 125% dari sisa pokok pinjaman KPR untuk mendapatkan bunga KPR CIMB Niaga 0%. Jadi, apabila punya dana ekstra dan ingin mengurangi beban bunga, bisa dilakukan dengan cara menambah jumlah tabungan.

Selain membeli rumah, KPR Xtra Manfaat CIMB Niaga juga dapat digunakan untuk membeli apartemen, ruko atau rukan, tanah kavling, alih pinjaman,  membangun rumah, hingga renovasi rumah.

Syarat umum untuk mengajukan KPR ini adalah sebagai berikut :

Selain memenuhi syarat umum di atas, lengkapi pula berbagai dokumen yang mencakup :

-Form Aplikasi

-Fotokopi KTP

-Fotokopi NPWP

-Fotokopi Kartu Keluarga dan Surat Nikah

-Fotokopi Rekening Koran/Tabungan 3 bulan terakhir

-Slip Gaji asli/Surat keterangan Gaji/SPT PPh 21/ePay slip

-Laporan Keuangan (bagi wiraswasta)

-Fotokopi Surat ijin Praktik/Ijin Operasi  (bagi profesional)

-Fotokopi Akte SIUP, TDP, NPWP, Perusahaan, Akte pendirian dan perubahannya (bagi wiraswasta)

Permata KPR Bijak

Bank Permata juga punya produk sejenis, yaitu Permata KPR Bijak. KPR ini juga terhubung dengan tabungan, dan berpotensi memberikan bunga hingga 0%. Nasabah juga bisa melunasinya dengan lebih cepat.

Nasabah juga tetap dapat menggunakan tabungannya seperti biasa. Apabila ingin bunga semakin rendah atau 0%, tinggal menambah jumlah tabungan. Dengan begitu, nasabah bisa mengatur waktu pelunasan agar lebih cepat.

Perhitungannya adalah sebanyak  75% saldo tabungan akan dipakai untuk mengurangi pokok pinjaman dalam menghitung bunga KPR. Maka, semakin besar saldo tabungan, akan semakin kecil beban bunga KPR. KPR pun akan lebih cepat lunas.

Contoh perhitungannya sebagai berikut :

Pokok Pinjaman : Rp1 miliar

Bunga KPR : 10,25%

Tabungan : Rp300 juta

Beban bunga : Rp1 miliar – (75% x Rp300 juta) x 10,25% = Rp79,4 juta

KPR Danamon Lebih

Bank lain yang memiliki produk serupa adalah Danamon yaitu KPR Danamon Lebih. Seperti kedua jenis KPR sebelumnya, KPR Danamon Lebih merupakan gabungan antara KPR dan tabungan.

Nasabah dapat mengatur beban bunga dan waktu pelunasan KPR hanya dengan menambah jumlah tabungan. Dengan begitu, bukan tidak mungkin akan mendapatkan bunga 0%.

Pada KPR Danamon Lebih, sebanyak 80% dari saldo tabungan akan mengurangi pokok pinjaman ketika menghitung bunga KPR. Jadi, semakin tinggi saldo tabungan, akan semakin ringan beban bunga KPR. KPR juga bisa lunas dalam jangka waktu yang lebih cepat.

KPR Danamon Lebih ini berlaku untuk membeli rumah, apartemen, kavling, hingga renovasi rumah. Nasabah bisa mendapatkan plafon kredit mulai dari Rp100 juta hingga Rp10 miliar. Sementara untuk jangka waktu pinjaman bisa mencapai hingga 20 tahun.

Untuk mengakses KPR yang satu ini, siapkan persyaratan dokumen sebagai berikut :

-Fotokopi KTP (Suami/Istri)

-Fotokopi Kartu Keluarga

-Fotokopi Akta Nikah

-Fotokopi NPWP

-Slip Gaji terakhir atau Surat Keterangan/Pernyataan dari perusahaan

-Fotokopi SIUP/TDP (wiraswasta)

-Akta Pendirian Perusahaan (wiraswata)

-Surat Izin Profesional/Surat Izin Praktek Profesi (Profesional)

-Rekening Bank (Tabungan/Giro) 3 bulan terakhir

-Laporan Keuangan 2 tahun terakhir (wiraswasta)

-Surat Pernyataan Penghasilan

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.