Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Beli Tiket Pesawat Buat Mudik Sekarang, Mumpung Katanya Harga Lagi Turun!

by Miftahul Khoer on 15 Mei, 2019

Pemerintah akhirnya menurunkan harga tiket pesawat yang selama ini menjadi polemik dan bahan perbincangan di tengah masyarakat. Berapa besaran penurunan harga tiket pesawat yang dijanjikan akan mulai turun pada hari ini, Rabu (15/5)?

mudik lebaran

Penurunan harga tiket pesawat dilakukan setelah rapat koordinasi terbatas antara Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Deputi Kementerian BUMN Gatot Trihargo, Deputi Sekretariat Kabinet Satya Bhakti Parikesit, dan Komisaris Utama PT Garuda Indonesia Tbk Sahala Lumban Gaol di Gedung Kemenko Perekonomian pada Senin (13/5/2019) malam.

Budi Karya mengatakan penurunan harga tiket yakni pada tarif batas atas berada di kisaran 12 persen hingga 16 persen dengan memperhitungkan keselamatan penerbangan. Hanya saja, penurunan tarif pesawat ini tidak berlaku untuk semua jenis maskapai, melainkan hanya untuk kelas ekonomi yang memberikan layanan full service seperti Garuda Indonesia, Sriwijaya Air dan Batik Air. Adapun maskapai berbiaya rendah seperti Lion Air, NAM Air, AirAsia hingga Citilink tidak berlaku.

(Baca juga: Harga Tiket Pesawat Fluktuatif, Siasati dengan Cara Ini)

“Kita tetapkan penyesuaian tarif batas atas dengan penurunan antara 12 sampai 16 persen. Kalau dihitung rata-ratanya adalah 15 persen. Tetapi ini hanya berlaku bagi pesawat kelas ekonomi jenis jet, tidak termasuk jenis propeller,” ujar Budi seperti dilansir dari situs resmi Kementerian Perhubungan.

Penurunan mulai 15 Mei 2019

Penurunan harga tiket pesawat tersebut diharapkan bisa berlaku mulai Rabu (15/5). Setelah rapat terbatas tersebut masing-masing pihak akan mensosialisasikan kepada masyarakat. Dengan demikian setelah penurunan tiket pesawat tersebut bisa kembali meningkatkan gairah industri penerbangan yang selama ini tingkat keterisian maskapai dinilai mengalami penurunan akibat harga tiket domestiknya yang mahal.

“Pak Menko Perekonomian tadi memberi target kepada kami pada 15 Mei ini sudah selesai dilakukan perhitungan tarif batas atas yang baru. Untuk itu, kami akan bekerja keras untuk menyelesaikannya dan segera mensosialisasikannya,” kata Budi.

Simulasi penurunan harga

Di atas telah dijelaskan bahwa penurunan tarif tiket pesawat tarif batas atas hanya berlaku bagi maskapai full service kelas ekonomi. Dalam Kepmenhub Nomor 72 Tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri dijelaskan tarif batas atas penerbangan rute Jakarta – Palembang mencapai Rp982.000 sekali jalan, dengan demikian jika penurunan tarif rata-rata mencapai 15 persen, maka tarif tiket pesawat Jakarta – Palembang sekali jalan mencapai Rp788.800.

Berdasarkan penelusuran CekAja, harga tiket pesawat kelas ekonomi untuk penerbangan Sabtu (18/5/2019) dari maskapai Batik Air rute Jakarta – Palembang pemberangkatan sekali jalan mencapai Rp974.000. Adapun Sriwijaya mencapai Rp1.061.000 dan Garuda Indonesia Rp1.194.300.

Tips mudik dengan pesawat

Penurunan harga tiket pesawat untuk kelas ekonomi tentu menjadi kabar gembira terutama buat para penumpang pesawat. Pasalnya, di momen mudik lebaran pasti banyak orang yang ingin mudik ke kampung halaman menggunakan pesawat dengan tarif yang tidak terlalu mahal.

(Baca juga: Uang atau Barang Hilang di Bagasi Pesawat? Segera Lakukan Ini!)

Selain itu, ada beberapa tips buat kamu yang berencana mudik menggunakan pesawat biar aman dan nyaman selama di perjalanan:

  1. Usahakan kamu datang tiga jam sebelum pesawat berangkat. Lebih baik kamu menunggu di bandara ketimbang kamu telat beberapa menit yang bisa membuatmu ketinggalan pesawat.
  2. Pastikan segala barang bawaan kamu selama di perjalanan disimpan di tempat aman. Kamu bisa menyimpan barang bawaan berharga di kabin bukan di bagasi pesawat. Pastikan juga kamu tidak membawa barang-barang yang tidak diperlukan, karena semakin berat bagasi kamu maka semakin mahal biaya yang harus kamu bayarkan.
  3. Untuk jaga-jaga jika terjadi sesuatu selama di perjalanan, alangkah baiknya kamu sudah memiliki asuransi perjalanan. Jenis asuransi ini memberikan banyak manfaat yang sesuai kebutuhan selama di perjalanan yang bisa memberikan keamanan dan kenyamanan dalam perjalanan mudik.

Nah, buat kamu yang tertarik membeli asuransi perjalanan, kamu bisa akses CekAja untuk memilih mana saja produk asuransi perjalanan yang menarik dan bermanfaat selama perjalanan mudik kamu. Kuy cek aja!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami