Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Benarkah Barang Palsu Lebih Baik daripada Barang Asli? Ini Kata Jack Ma

by Ariesta on 22 July, 2016

Persoalan merek pastinya menjadi faktor pertimbangan sebelum membeli suatu barang. Merek sering dihubungkan dengan kualitas, harga, bahkan gengsi. Pendiri Alibaba, Jack Ma pun punya pendapat sendiri tentang barang palsu.

Setuju atau tidak, ada merek-merek besar yang menghasilkan miliaran rupiah karena menjual barang yang sebenarnya biasa saja. Ada juga merek kecil yang sebenarnya kualitasnya lebih bagus namun tidak terlalu dikenal.

Tapi karena konsumen sudah kadung percaya dengan si merek besar, mereka pun membeli produk yang dijual. Istilah membeli merek ini sudah biasa dalam persaingan baju, tas, sepatu, atau smartphone.

Karenanya banyak produsen lain yang berlomba-lomba memalsukan produk merk besar. Harapannya apalagi kalau bukan untuk mendulang untung dari orang-orang yang ingin pakai barang bermerk tapi tidak ingin membayar mahal. (Baca juga: Tips Agar Tidak Tertipu Saat Beli Rumah Baru)

Miliarder sekaligus pendiri Alibaba, Jack Ma punya opini soal barang palsu. Saat menjadi pembicara dalam Alibaba Investor Day di Hangzhou, Ma berkata, “Masalahnya produk palsu sekarang ini semakin banyak yang kualitasnya bagus dan tentu saja lebih murah daripada produk asli. Mereka berasal dari pabrik yang sama, bahan baku yang sama, hanya saja mereka tidak dibeli label merk. Itu saja.”

Tapi harus dicatat, produk palsu yang dimaksud Ma adalah produk OEM (Original Equipment Manufacturer). Produk OEM bukanlah produk KW. Jika produk original di produksi oleh pihak pembuatnya sendiri, produk OEM merupakan produk original diproduksi produsen lain yang juga memiliki nama besar.

Misalnya perusahaan A membuat produk headset. Perusahaan A kemudian mencari mitra lain yaitu Perusahaan B untuk produksi. Headset yang diproduksi Perusahaan B inilah yang dikatakan sebagai OEM. Meskipun demikian, barang yang diproduksi oleh Perusahaan B akan tetap dijual dengan menggunakan merek milik Perusahaan A, tapi dengan harga lebih murah dari produk asli.

Tetap Lindungi IP

Selama ini Alibaba telah sering mendapat kecaman dari pelanggan karena menjual barang palsu dan mendapat keuntungan besar dari tindakan ini. Jack Ma lalu membuat pernyataan ini untuk meredam kekhawatiran pelanggan.

Jack Ma menambahkan, “Kita harus melindungi intellectual property (IP), kita harus menghentikan peredaran produk palsu. Tapi OEM membuat produk yang sama dengan harga lebih murah.”

Pernyataan Jack Ma ini tentu saja menuai kontra dari brand partner Alibaba. Tahun lalu, sebuah perusahaan yang berbasis di Paris Prancis mengajukan gugatan terhadap Alibaba karena mendukung produk OEM. Pada bulan Mei di tahun yang sama, Alibaba dikeluarkan dari the International Counterfeiting Coalition, organisasi yang aktif mencegah penjualan barang palsu.

Apakah pendapat Jack Ma ini sepenuhnya salah? Faktanya, banyak merek-merek terkenal di dunia yang memproduksi barangnya di luar negeri, kebanyakan di Asia seperti China, Vietnam dan Indonesia. Mereka memberi label dan menjualnya dengan harga mahal. Mereka mengeruk untuk dari ongkos produksi yang rendah.

“Industri di China merasa tumbuh subur dan para buruhnya memproduksi produk berkualitas hanya untuk menambah tebal kocek pemilik merk terkenal. Di sisi lain, produsen-produsen asal China mencari cara agar untuk memproduksi produk berkualitas sama dan menjualnya secara online,” paparnya.

“Cara berbisnis kita telah berubah. OEM bukan produk palsu, ia hanyalah model bisnis baru,” pungkas Jack Ma. (Baca juga: Jangan Sembarangan Beli Barang Diskon! Ini Alasannya)

Setujukah kamu dengan bos Alibaba ini?

Tentang Penulis

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami