Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Benarkah Batas Usia Pensiun PNS Diubah?

by Satrya Agung on 17 Februari, 2016

tips lebih kaya saat pensiun - CekAja.com

Pegawai Negeri Sipil atau PNS adalah orang yang bekerja dan mengabdi pada pemerintah. Beberapa waktu belakangan ini tersebar berita bahwa batas usia pensiun PNS berubah dari yang tadinya 56 tahun menjadi 58 tahun.

Berita ini pun sontak membuat kaget para pegawai pemerintahan ini. Jika benar demikian berarti masa bakti mereka diperpanjang 2 tahun lebih lama. Dan bukan hanya itu saja, gaji pensiun yang tadinya dibayarkan tiap bulan layaknya pegawai aktif gajian, mulai tahun 2017 sistemnya akan diubah menjadi pesangon atau gaji pensiun akan dibayarkan sekaligus. Jumlahnya pun tergantung golongan terakhir saat masih bertugas.

Besar pesangon dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  • PNS golongan I dan II akan mendapatkan pesangon sebesar Rp. 500 juta
  • PNS golongan III sebesar Rp. 1 milyar
  • PNS golongan IV mendapat Rp 1,5 milyar

Meskipun perubahan batas usia pensiun PNS berubah serta sistem pembayaran gaji pensiun yang berganti menjadi pesangon masih wacana, ada hal lain yang wajib diperhatikan ketika akan memasuki masa pensiun. Yaitu kesiapan saat pensiun kelak. Ini harus sudah disiapkan jauh-jauh hari. Jangan sampai saat pensiun nanti malah bingung mau kerjain apa dan berujung cepat pikun.

pinjaman tanpa jaminan kta tanpa agunan-CekAja.com

Berhubung masih pada muda, sudah saatnya kamu mempersiapkan masa pensiun nanti. Ada 3 hal yang bisa kamu siapkan.

  1. Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

Walau sudah ada Jaminan Hari Tua (JHT) yang telah disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan, tidak ada salahnya jika menyisihkan sebagaian gaji untuk ikut dalam DPLK ini. Sistem kerjanya seperti menabung, yang mana kamu akan menyetorkan uang setiap bulan dan uang terkumpul akan dikelola oleh Lembaga Keuangan tersebut dan tentunya kamu akan mendapat bunga yang lebih tinggi ketimbang dari tabungan biasa. Dan uang yang sudah kamu tanam ini baru bisa diambil saat pensiun nanti.

Bicara soal dana pensiun, batas usia pensiun pegawai swasta, menarik untuk dibahas. Sebab, kisaran usianya sama dengan batas usia pensiun pns 2016. Pertanyaannya, batas usia pensiun pns guru terbaru, berapa?

  1. Investasi

Saat ini sudah banyak tersedia jenis investasi yang bisa kamu pilih. Seperti Reksadana yang dengan beberapa ratus ribu rupiah perbulan kamu dapat mendulang rupiah yang banyak nantinya. Perdebatan mengenai batas usia pensiun pns struktural, cukup hangat. Perbandingannya mirip dengan batas usia pensiun tni. Lantas, bagaimanakah peraturan pemerintah tentang batas usia pensiun pns 58 tahun.

  1. Aset

Aset yang dimaksud bisa bermacam-macam, ada yang produkti dan non produktif, bergerak dan tidak bergerak. Memiliki aset tentu membutuhkan waktu panjang, kecuali kalau kamu tiba-tiba dapat warisan yang miliaran rupiah. Oleh karena itu disiplinkan diri sedari sekarang untuk mewujudkan aset yang diimpikan.

(Baca juga: 5 Pelajaran Penting Agar Tidak Miskin Ketika Pensiun)

Saran dari kami, jika saat ini kamu sudah punya motor dan sedang berangan memiliki mobil, baiknya kamu pikirkan ulang, apakah mobil tersebut hanya digunakan untuk keseharian saja atau untuk menghasilkan uang? Jika hanya untuk dipakai sehari-hari dan untuk bergaya, mending batalkan impian tersebut. Atau ubah menjadi mobil yang menghasilkan. Karena mobil aset bergerak yang nilainya dari tahun ke tahun akan turun. Belum lagi biaya perawatannya.

Kalau kamu tidak ingin repot, kamu bisa mengalihkan jenis aset yang dipilih. Contoh, kamu bisa membeli sebidang tanah dan membangun kontrakan. Selain perawatan yang tidak susah, property setiap tahunnya mengalami kenaikan pada nilainya.

Jika kamu perhatikan, banyak anak muda sekarang yang terlena dengan dunianya dan melupakan akan masa depan. Mereka lebih memilih tampil gaya dan trendi ketimbang kestabilan finansial di masa depan. Ingatlah, masa depan bukan besok, tapi hari ini. Karena apa yang kamu lakukan hari ini akan mempengaruhi masa depanmu.

So, dengan persiapan yang matang, kamu tidak akan khawatir apakan usia pensiun PNS itu umur 56 tahun atau 58 tahun. Di umur berapa pun, kamu telah siap menikmati masa tuamu. Untuk mendapatkan perpanjangan batas usia pensiun pns, presiden usul naikkan batas usia pensiun pns. Kita tunggu usulan usia pensiun PNS

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.