Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Benarkah Eukaliptus Mencegah Corona? Berikut Penjelasannya!

by Nadhillah Kusindriani on 14 Mei, 2020

Diketahui angka korban dari virus corona atau Covid-19 semakin hari semakin meningkat. Hal tersebut membuat para peneliti mencari solusi untuk mengatasi hal itu. Dan baru-baru ini, Kementerian Pertanian meluncurkan produk antivirus corona berbasis eukaliptus. Namun, benarkah eukaliptus mencegah corona?

Benarkah Eukaliptus Mencegah Corona? Berikut Penjelasannya!

Apa Itu Eukaliptus?

Pada pembahasan sebelumnya telah disinggung sedikit, bahwa eukaliptus digunakan sebagai bahan dasar dari produk antivirus untuk membunuh virus corona atau Covid-19.

Sebagian besar orang mungkin sudah mengetahui apa itu eukaliptus dan kegunaannya. Tetapi bagi sebagian lainnya, mungkin kata eukaliptus sangat asing ditelinga.

Untuk itu, sebelum membahas lebih jauh tentang kebenaran eukaliptus mencegah corona, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu definisi dari eukaliptus itu sendiri.

Sejatinya, eukaliptus merupakan salah satu jenis tanaman yang berasal dari Australia. Tanaman yang satu ini juga dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak khasiat. Di mana, daun eukaliptus mampu digunakan untuk membuat obat.

Hanya saja, sebelum digunakan untuk membuat obat, daun eukaliptus perlu melalui proses penyulingan dahulu untuk bisa mendapatkan minyak eukaliptus.

Dengan minyak tersebut, kamu bisa langsung mengolahnya menjadi obat-obatan, antiseptik, pengharum ruangan hingga beragam kebutuhan di bidang industri.

Di Indonesia sendiri, tanaman eukaliptus kerap kali digunakan sebagai bahan dasar untuk obat-obatan tradisional. Salah satu obat tradisional yang menggunakan bahan dasar eukaliptus adalah minyak kayu putih.

Karena seperti yang diketahui, minyak kayu putih yang mengandung eukaliptus sering digunakan pada beberapa kondisi kesehatan tertentu, seperti misalnya saat asma, bronkitis, gingivitis hingga membasmi kutu pada kepala.

(Baca Juga: Obat Alami Untuk Menangkal Virus Corona)
Kegunaan dari Eukaliptus

Untuk kegunaan dari eukaliptus sendiri sebenarnya sangat banyak. Beberapa di antaranya sudah kamu ketahui pada pembahasan di atas. Namun, untuk informasi lengkapnya, CekAja.com akan mengulas beberapa kegunaan dari eukaliptus yang telah dirangkum sebagai berikut.

Meredakan Sakit Kepala

Meski tidak mampu menyembuhkan rasa sakit pada kepala, namun nyatanya minyak dengan kandungan eukaliptus mampu menenangkan dan meredakan sakit kepala. Dengan begitu, orang yang mengalami rasa sakit pada kepala dapat kembali berpikir jernih dan lebih baik.

Meredakan Nyeri Sendi

Sudah tidak asing apabila minyak eukaliptus kerap kali menjadi salah satu kandungan dalam obat-obatan, seperti krim atau salep pereda nyeri sendi.

Hal tersebut juga sudah dibuktikan pada sebuah penelitian, di mana minyak eukaliptus memang mampu meredakan nyeri sendi, seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Mengobati Batuk, Pilek hingga Bronkitis

Batuk, pilek dan bronkitis bisa diobati dengan cara menghirup uap dari minyak kayu putih. Pasalnya, minyak kayu putih memiliki fungsi sebagai dekongestan yang mampu melegakan penyakit tersebut hanya dengan menghirup uapnya.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengusapkan minyak kayu putih pada tubuh untuk mengobati batuk dan pilek. Kemudian apabila kamu mencampurkannya dengan ekstrak jeruk nipis dan pinus, maka campuran minyak eukaliptus tersebut mampu mengatasi penyakit bronkitis.

Mengurangi Plak Gigi dan Mengatasi Bau Mulut

Memiliki kandungan antibakteri, nyatanya membuat eukaliptus kerap kali digunakan untuk mengatasi bau mulut yang disebabkan oleh kuman, kerusakan gusi dan mengurangi pembentukan plak gigi.

Meringankan Sinusitis dan Asma

Kegunaan berikutnya dari minyak eukaliptus adalah mampu meringankan sinusitis dan asma. Bagaimana tidak, untuk sinusitis sendiri minyak eukaliptus pada dasarnya membantu mencairkan dahak, sehingga cairan dapat dikeluarkan dengan mudah dan semakin berkurang.

Sedangkan untuk penyakit asma, minyak eukaliptus memiliki kandungan zat yang mampu meredakan gejala asma, yaitu sesak napas. Namun tentu saja, minyak eukaliptus tidak bisa digunakan oleh semua penderita asma. Sebab, ada beberapa penderita asma yang memiliki alergi terhadap eukaliptus.

Meningkatkan Respon Kekebalan Tubuh

Kegunaan yang terakhir adalah eukaliptus yang terkandung dalam minyak kayu putih dinilai mampu merangsang respon sistem kekebalan tubuh. Di mana, para peneliti telah menemukan bahwa minyak eukaliptus dapat meningkkatkan respon fagostik sistem kekebalan tubuh terhadap patogen yang ada pada tikus.

Fagositis sendiri sejatinya merupakan sebuah proses untuk sistem kekebalan tubuh dalam menghancurkan atau mengonsumsi partikel asing.

Benarkah Eukaliptus Mencegah Corona?

Pada Jumat (8/5) Kementerian Pertanian mengeluarkan produk antivirus corona dari eukaliptus. Produk tersebut tentu saja diperuntukkan bagi orang-orang yang sudah terinfeksi virus corona atau Covid-19.

Tidak hanya itu, produk antivirus corona juga diungkap Syahrul Yasin Limpo selaku Menteri Pertanian telah melalui uji lab oleh peneliti pertanian. Pengujian antivirus tersebut dilakukan terhadap virus influenza, beta dan juga virus gama corona.

Tetapi sebelum produk antivirus corona tersebut diluncurkan, benarkah eukaliptus mencegah corona? Mengklaim dari peneliti pertanian, bahwa eukaliptus mampu membunuh 80 hingga 100 persen virus corona berdasarkan hasil uji lab.

Yang mana, uji lab tersebut dilakukan dengan membuat beberapa prototipe eukaliptus dalam bentuk inhaler, balsem, salep serta defuser menggunakan nano teknologi.

Inggrid Tania selaku Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) mengatakan bahwa eukaliptus memang memiliki kandungan antivirus, anti bakteri dan anti jamur.

Tidak hanya itu, eukaliptus juga memiliki kandungan zat aktif berupa 1,8 cineole (eucalyptol) yang mampu terikat pada Mpro virus corona jenis apa saja.

Mpro (main protease) atau CIpro (chymotrypsin like protease) merupakan jenis senyawa yang memiliki spesifitas substrat yang conserved di antara virus corona.

Selain itu, Mpro dan CIpro juga sangat bermanfaat dalam replika virus. Dengan begitu, proses replikasi virus pun jadi terhambat.

Sebuah penelitian terkait eukaliptus pun pernah dilakukan. Kemudian  ditemukan hasil bahwa eukaliptus memang mampu membunuh virus betacorona secara efektif, bukan virus Covid-19 atau bahasa ilmiahnya SARS-CoV-2.

(Baca Juga: Pohon Kina Ternyata Bisa Jadi Anti Virus Corona)

Meskipun SARS-CoV-2 merupakan bagian dari virus beta corona, namun virus tersebut merupakan virus baru dan lebih kompleks. Penelitian yang dilakukan hingga saat ini pun baru bersifat invitro, sehingga baru bisa dipastikan bahwa eukaliptus mampu membunuh virus beta corona saja.

Untuk detail terkait kemampuan eukaliptus dalam membunuh virus corona yang sedang mewabah saat ini belum bisa dipastikan. Terlebih, penelitian yang dilakukan pun hanya sebatas molecular docking atau simulasi dalam komputer.

Penelitian tersebut dilakukan dengan cara menyamakan molekul zat aktif yang terdapat pada eukaliptus dengan molekul protein pada virus Covid-19 atau SARS-CoV-2. Dari penelitian tersebut kemudian ditemukan adanya kecocokan, sehingga eukaliptus bisa dijadikan kandidat.

Namun tetap saja, menurut Inggrid eukaliptus belum bisa digunakan sebagai obat untuk virus corona atau Covid-19. Sebab, perlu dilakukan pengujian pada virus yang lebih spesifik, yaitu virus corona atau SARS-CoV-2 itu sendiri.

Jadi dapat disimpulkan bahwa hingga saat ini penggunaan eukaliptus sebagai antivirus corona belum bisa digunakan dan semua masih bersifat prediksi.

Nah, kini kamu sudah mengetahui beberapa informasi terkait eukaliptus, mulai dari definisi, kegunaan hingga eukaliptus sebagai antivirus untuk mencegah corona.

Dari seluruh informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa saat ini para peneliti sedang mencari obat yang tepat untuk membunuh virus corona dan menghentikan rantai penyebarannya.

Di samping itu, kamu juga bisa membantu mencegah meningkatnya penyebaran virus corona dengan cara tetap dirumah aja, melakukan physical distancing dan tentunya menjaga kesehatan.

Tetapi rasanya akan lebih baik jika kamu juga melindungi diri dengan asuransi kesehatan. Kamu tidak perlu khawatir apabila saat ini kamu belum memiliki asuransi kesehatan.

Sebab, kamu bisa langsung mengajukannya dengan mudah dan cepat hanya di CekAja.com. Terlebih, CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, langsung ajukan asuransi kesehatan sekarang!

Tentang Penulis