Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Benarkah Pria Butuh Lebih Banyak Uang Dibandingkan Perempuan, Ini Alasannya

by Surtan Siahaan on 18 Maret, 2016

Benarkah biaya hidup perempuan lebih mahal dibandingkan pria? Sebab, jika dilihat dari sejumlah segi, pengeluaran rutin yang dikeluarkan pria rupanya jauh lebih besar dibandingkan perempuan. Hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan Guardian beberapa waktu lalu.

Tidak heran, kebutuhan pria terhadap uang jauh lebih banyak dibandingkan perempuan. Namun, kenapa banyak penelitian yang menimpulkan bahwa kebutuhan perempuan untuk hidup jauh lebih tinggi dibandingkan pria. Seperti dikutip dari berbagai sumber, berikut ini jawabannya:

Produk ritel pria lebih mahal

Pakaian perempuan lebih mahal dibandingkan pria? Mungkin ada betulnya. Namun, jika melakukan perbandingan sebuah produk dengan bahan dan produsen yang sama, rupanya harga produk pria lebih mahal dibandingkan perempuan.

Salah satu contohnya adalah sweater wol buatan Uniqlo. Pada produk yang dikeluarkan untuk 2 gender ini, pria harus membayar harga hingga Rp 200 ribu lebih mahal. Begitu juga untuk produk pelembab, sabun muka dan kaos kaki.

(Baca juga: Usaha Sampingan yang Cocok Dikerjakan Karyawan Kantoran)

Kebutuhan kalori pria lebih besar

Pengeluaran ini berkaitan dengan biaya makan sehari-hari. Sebuah penbelitian yang diterbitkan Guardian menyebut, kebutuhan kalori pria mencapai 2.500 per hari sementara kebutuhan kalori perempuan hanya sebesar 2.000 per hari.

Dari perbandingan tersebut terlihat bahwa kebutuhan kalori pria lebih besar 25% dibandingkan pria. Hal ini pun mengakibatkan kebutuhan makan pria lebih besar dibandingkan perempuan.

Artinya, pengeluaran pria untuk makan lebih besar 25% dibandingkan perempuan. Di Amerika Serikat misalnya, biaya yang dikeluarkan pria saat makan siang lebih besar dua kali lipat dibandingkan perempuan.

Pria butuh lebih banyak uang pensiun

Perempuan memang dikenal lebih terampil dalam mengelola uang. Namun, pria memiliki kebutuhan yang lebih besar untuk pensiun. Alasannya karena sebagai kepala rumah tangga, banyak lelaki masih bertanggungjawab membiayai pengeluaran anak terutama biaya sekolah saat sudah pensiun.

Hal ini sering terjadi pada keluarga yang telat memiliki keturunan. Karena alasan ini pula, kebutuhan pria untuk menambung uang pensiun lebih besar dibandingkan perempuan. Namun, berdasarkan survei yang dilakukan ONS, perempuan ternyata lebih banyak berbelanja dibandingkan pria.

Lantas kenapa biaya perempuan lebih besar ?

Item kebutuhan perempuan jauh lebih banyak dibandingkan pria. Di saat semua kebutuhan dasar pria juga dibutuhkan oleh perempuan, kaum hawa juga memiliki kebutuhan yang tak iperlukan pria.

Studi yang dilakukan di Inggris menyatakan bahwa pengeluaran bulanan perempuan bisa 214 poundsterling lebih besar karena lebih banyak item yang harus dibelanjakan. Sementara, kebutuhan pria justru jauh lebih sedikit. Berikut ini sejumlah contoh kebutuhan di mana perempuan menghabiskan lebih banyak uang dibandingkan pria:

Pakaian dalam

Perempuan mengeluarkan biaya jauh lebih besar dibandingkan pria untuk pakaian dalam. Hal ini bukan karena harga melainkan karena banyaknya item yang harus dibeli. Jika pria hanya membutuhkan celana dalam dan kaos dalam, perempuan harus membeli bra, celana dalam dan tank top.

Survei ONS mengungkapkan, untuk pengeluaran pakaian dalam, pria Inggris hanya merogoh kocek 26 poundsterling sementara perempuan bisa mengeluarkan hingga 57 poundstering.

(Baca juga: Biaya yang Mesti Dikeluarkan Ketika Mengurus Sertifikat Tanah)

Kosmetik

Item lain yang mengharuskan perempuan mengeluarkan uang lebih karena faktor gender adalah produk kesehatan. Perempuan membutuhkan pembalut, produk pembersih bagian vital seperti sabun dan tisu khusus. Selain itu, kebutuhan kosmetik seperti make up lebih tinggi dibandingkan pria.

Biaya perawatan rambut

Kebutuhan perempuan untuk urusan satu ini jauh lebih tinggi dibandingkan pria. Karena sejumlah alasan, biaya potong rambut antara perempuan di sebuah salon yang sama jauh lebih mahal dibandingkan pria. Di Inggris, biaya potong rambut untuk perempuan bisa mencapai 16 pounds. Sementara, perempuan bisa membayar hingga 23-24 pounds.

Tentang Penulis