11 Benda Paling Berkuman di Rumah, Wajib Cuci Tangan Setelah Sentuh!

Bukan hanya benda yang ada di toilet saja, berikut benda paling berkuman di rumah, yang bahkan tidak disangka-sangka. Setelah tahu, baiknya sering-sering cuci tangan atau gunakan hand sanitizer, setelah menyentuhnya ya!

Pasalnya, kuman atau mikroorganisme, bakteri, hingga virus yang tak kasat mata ini, sangat mudah berpindah, dari satu tempat atau benda, ke benda lainnya.

Mereka, hampir ada di semua tempat dan benda, khususnya di lingkungan yang paling sering kita singgahi, yakni rumah.

Mulai dari di toilet, kamar, dapur, dan lainnya. Dilansir dari laman lifestyle.kompas.com, meski sangat dihindari, ternyata 99 persen dari kuman itu, tidak selalu berbahaya.

Bahkan hanya sekitar 1 persen kuman, yang bisa menyebabkan penyakit. Adapun penyakit yang biasa menjangkit dari kuman ini, seperti diare, batuk, pilek, bahkan ada yang bisa menyebabkan kematian.

(Baca Juga: 10 Alat Dapur yang Paling Banyak Mengandung Kuman dan Bakteri)

Namun, hal tersebut juga bisa terjadi, jika kondisi tubuh seseorang sedang tidak vit. Jika imun seseorang bagus, maka kuman, bakteri dan virus, sulit untuk menjangkit.

Nah, dari banyaknya tempat dan benda paling berkuman seperti di rumah sakit dan toilet, berikut beberapa benda paling berkuman di rumah, yang sering disentuh.

10 Benda Paling Berkuman di Rumah

1. Keran Air

Benda paling berkuman di rumah yang pertama adalah keran air. Baik di kamar mandi atau di dapur, keran kamar mandi yang terbuat dari metal, bisa menjadi magnet bagi kuman.

Selain itu, air yang mengalir dari keran, juga akan membuat permukaan keran menjadi lembab. Kondisi benda yang lembab, bisa menjadi tempat yang ideal untuk tumbuhnya bakteri.

Keran air juga menjadi benda yang paling sering disentuh, terlebih ketika tangan sedang kotor. Misalnya, habis pegang piring kotor, mencuci daging, dan lainnya.

Maka dari ini, kini sudah banyak jenis keran yang menggunakan sensor, sehingga tak perlu menyentuh keran, air bisa keluar dengan sendirinya.

Nah, untuk menjaga kebersihannya, kamu disarankan untuk rutin membersihkan dan mengelap keran, dengan alkohol dan sejenisnya.

2. Tempat Cuci Piring

Selain kerannya, benda paling berkuman di rumah yakni tempat cuci piring. Pasalnya, benda tersebut, adalah tempat yang di mana makanan sisa, makanan basi, busuk, kotor, dan lainnya ada di tempat itu.

Bahkan, sekiranya terdapat 500 ribu bakteri jahat, yang bersarang di sekitar area tempat cuci piring.

Bahkan, tempat cuci piring bisa 10 kali lebih kotor, dibandingkan dengan dudukan toilet.

Jadi, disarankan setelah mencuci piring, bersihkan area cuci piring, menggunakan sabun anti bakteri, menggunakan sikat gigi bekas, sekaligus semprot disinfektan.

3. Serbet/Lap

Kamu pikir serbet, lap tangan, atau lap piring, bersih? Justru, itu merupakan benda paling berkuman di rumah, yang perlu diketahui.

Pasalnya, serbet atau lap, menjadi salah satu benda atau tempat favorit para kuman. Bahkan, menurut penelitian, yang meneliti serbet atau lap dari ratusan rumah di Amerika, ditemukan sekitar 7 persen, serbet terkontaminasi oleh bakteri kebal obat methicillin resistant Staphylococcus aureus (MRSA).

Adapun bakteri tersebut, bisa menyebabkan infeksi kulit yang berbahaya. Selain itu, terdapat juga bakteri E.coli dan bakteri lain.

Jika perlu, bedakan serbet untuk tangan, untuk piring, hingga untuk meja. Selain itu, sering ganti serbet atau lap, setidaknya seminggu dua kali.

4. Ponsel

Siapa yang sangka, bahwa benda yang paling sering kita pegang, ternyata menjadi benda paling berkuman di rumah.

Hal tersebut, disebutkan dalam penelitian yang mengungkapkan, bahwa ponsel menyimpan banyak kuman dan mikroorganisme lain.

Jadi, semahal atau sebagus apapun ponsel kamu, tidak menjamin kebersihannya. Jadi, jika perlu selalu jaga kebersihan ponsel kamu, dengan cara mengelapnya dengan cairan alkohol.

Selain itu, perhatikan tempat kamu meletakan ponsel, karena bisa jadi tempat berpindahnya kuman.

5. Keyboard Laptop/Komputer

Selain ponsel, keyboard juga menjadi benda paling berkuman di rumah, yang bisa menyebarkan bakteri ke tangan kita.

Terkadang, karena tak kasat mata dan terlihat bersih-bersih saja, kita sering “makan sambil mengetik di komputer”. Ternyata hal tersebut adalah kegiatan yang salah.

Karena keyboard merupakan salah satu penyebab kontaminasi bakteri, kata peneliti dalam International Journal of Environmental Research and Public Health.

Sama seperti ponsel, sebaiknya kamu bersihkan keyboard secara berkala, sekaligus meja kerjamu dengan semprotan alkohol atau desinfektan.

Selain itu, seringlah mencuci tangan, sebelum dan setelah menggunakan keyboard. Sehingga, tanganmu tetap bersih, ketika ingin makan, atau melakukan hal lainnya.

6. Vacuum Cleaner

Nah, kalau benda yang satu ini, memang menjadi sarangnya kuman, dan apa lagi kalau bukan vacuum cleaner?

Adapun, semua bagian-bagian dari vacuum cleaner, seperti sikat hingga kantongnya, merupakan tempat yang kotor, karena tugasnya memang untuk membersihkan kotoran dari benda-benda yang kotor.

Nah, ada baiknya kamu sering-sering mengganti kantongnya, dan membersihkan segala bagian-bagiannya, dengan cairan desinfektan.

7. Remote TV/AC

Sering dipegang oleh banyak orang, remote TV dan AC, juga masuk ke dalam benda paling berkuman di rumah.

Sama dengan ponsel, remote TV dan AC juga bisa menjadi benda atau media penyebaran kuman, dari tangan yang satu ke tangan yang lainnya.

Sehingga, akan lebih baik, dibersihkan secara rutin dengan cairan alkohol, dan disimpan d tempat yang bersih.

8. Handuk

Serbet dan handuk sama-sama menjadi media, yang sangat mudah dihinggapi kuman dan bakteri.

Terlebih, jika handuk dibiarkan lembab hingga 20 menit lebih. Karena, akan menghasilkan jamur dan bakteri yang berkembangbiak disitu.

Jadi, jika seseorang menggunakan satu handuk yang sama berulang kali, terutama yang lembab, maka handuk tersebut bisa menjadi peluang kuman dan bakteri, menghinggapi tubuh kamu.

Akibatnya, kamu bisa terkena alergi atau ruam dan infeksi serius lainnya juga makin besar. Sebut saja seperti panu, kadas, hingga kurap.

9. Kandang Hewan Peliharaan

Jika kamu memiliki hewan peliharaan di rumah, maka benda tersebut menjadi salah satu benda paling berkuman di rumah.

Pasalnya, banyak studi yang mengatakan, bahwa dalam satu kandang, terdapat ratusan kuman, termasuk MRSA.

Apalagi, ketika hewan tersebut pipis hingga buang kotoran di kandang. Sehingga, hewan peliharaan kamu bisa menyebarkan serbuk sari melalui, bulu-bulunya lalu sel-sel kulitnya yang mati.

(Baca Juga: 10 Sabun Antiseptik Terbaik yang Ampuh Membasmi Kuman)

Dan kuman pun, bisa menyebar ke lantai rumah, dan tempat-tempat yang dilewati hewan tersebut.

Jadi disarankan, untuk meletakan kandang hewan di luar rumah, dan jangan bawa hewan peliharaan masuk ke dalam rumah.

Jika pun kamu izinkan masuk, sebaiknya rutin untuk membersihkan lantai, dan benda lainnya, dengan cairan pembersih.

10. Karpet Ruang Keluarga

Meski terlihat bersih, dan rasanya ingin tiduran di situ, ternyata karpet di ruangan keluarga atau di ruang tamu, bisa jadi mengandung 200 ribu bakteri per inci perseginya.

Bahkan, dari 200 ribu bakteri tersebut, diantaranya yang ditemukan Reynolds adalah e-coli, salmonella dan MRSA.

Adapun bakteri-bakteri tersebut, merupakan salah satu jenis bakteri, yang menyebabkan infeksi kulit.

Selain itu, kuman dan bakteri juga bisa dihasilkan dari sel-sel kulit mati manusia, partikel makanan, serbuk sari dan bulu hewan peliharaan, yang menumpuk di karpet.

Sehingga, karpet juga berfungsi sebagai tempat berkembang biak, yang baik bagi kuman dan bakteri.

Jadi, lebih baik rutin dibersihkan, di semprot dengan cairan pembersih, atau cuci di tempat laundry.

11. Gagang Pintu

Benda paling berkuman di rumah yang juga paling sering disentuh, adalah gagang pintu. Menjadi benda yang paling bisa menyebarkan kuman ini, memang tak boleh disepelekan.

Setidaknya, setelah kamu menyentuh gagang pintu, kamu wajib mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

Bila perlu, kamu harus sering membersihkan gagang pintu, dengan cairan pembersih. Hal tersebut agar si gagang pintu tidak menjadi media perpindahan kuman.

Nah, itu dia beberapa informasi tentang benda paling berkuman di rumah, yang wajib kamu ketahui, agar kamu bisa lebih resik.

Adapun, tidak hanya rutin membersihkan rumah, agar kamu bisa tetap sehat dan jauh dari penyakit,. Tapi, kamu juga butuh proteksi tambahan, berupa asuransi kesehatan.

Nah, agar pengajuan asuransi kesehatanmu lebih mudah, kamu bisa loh mengajukan dengan praktis, secara online melalui CekAja.com.

Karena di CekAja.com, kamu bisa menemukan banyak produk asuransi kesehatan, dari berbagai perusahaan asuransi kesehatan ternama di Indonesia.

Selain itu, CekAja.com juga memastika bahwa semua produk asuransi kesehatan, yang tersedia di sini, aman dan terpercaya. Karena telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

Jadi, tunggu apa lagi? Jangan tunggu sampai sakit! Segera ajukan asuransi kesehatan terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com.