Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

3 menit waktu bacaan

Berapa Sih Biaya Persalinan Caesar? Cek Yuk Rinciannya!

by Achmad Fauzi on 2 August, 2018

Kehamilan merupakan salah satu anugerah dalam hidup setiap perempuan. Nah, seperti kita ketahui, setelah masa hamil, terdapat dua metode persalinan, yakni normal dan caesar. Persalinan caesar memakan biaya lebih tinggi ketimbang normal. Berapa kisaran biayanya?

mudik dengan ibu hamil _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Persalinan normal merupakan metode persalinan alami yang mana bayi dikeluarkan dari rahim sang ibu. Sementara, persalinan caesar metode persalinan yang mana bayi dikeluarkan melalui proses operasi pembedahaan di perut sang ibu.

Metode persalinan caesar ini digunakan oleh putri Presiden Joko Widodo yaitu Kahiyang Ayu di Rumah Sakit YPK Mandiri Menteng pada Rabu (1/8/2018) kemarin.

Biaya persalinan caesar bisa berkali-kali lipat dari biaya persalinan normal. Dengan begitu, Anda perlu mempersiapkan dana yang banyak, jika ingin persalinan caesar. Nah, berikut rincian biaya persalinan dengan metode caesar.

(Baca juga: Perbedaan KTA untuk Karyawan dan Wiraswasta, Cek Yuk!)

Rincian Biaya Persalinan Caesar

Seperti diketahui biaya persalinan secara caesar tidak murah. Bahkan, bisa sampai puluhan juta. Biaya caesar ini dibedakan dari kelas kamar yang akan dihuni selama masa persalinan.

Semakin tinggi kelas kamar, maka semakin mahal biaya yang dikenakan, begitu juga sebaliknya, semakin rendah kelas kamar, maka biayanya semakin terjangkau. Tentunya penentuan kelas kamar menjadi pilihan Anda.

Selain itu, Anda juga harus membeli obat tertentu untuk sang ibu sehabis melahirkan secara caesar. Tentunya ini akan membuat biaya persalinan secara caesar Anda semakin meninggi.

(Baca juga: Cek! 5 Kebutuhan Utama Pasangan yang Baru Menikah)

Di sini CekAja mengambil contoh biaya persalinan di rumah sakit tempat Kahiyang melahirkan, Nah berikut kisaran rincian biaya caesar di rumah sakit YPK Mandiri Menteng seperti dikutip dari The Asiaparents.

  • Kelas III : Rp17,75 juta
  • Kelas II : Rp19,7 juta
  • Kelas I : Rp23,3 juta
  • Kelas I Utama : Rp27,55 juta
  • Kelas VIP : Rp30,15 juta
  • Kelas SVIP : Rp35,25 juta

(Baca juga: Hore! Pendaftaran CPNS 2018 akan Dibuka Agustus Ini)

Manfaatkan Fasilitas BPJS Kesehatan dan Asuransi

Meski persalinan caesar terbilang mahal, Anda tetap bisa berhemat. Pasalnya banyak fasilitas yang bisa Anda manfaatkan untuk membiayai persalinan caesar Anda. Diantaranya yakni, memanfaatkan BPJS Kesehatan dan asuransi.

BPJS Kesehatan

Jangan lupa memanfaatkan fasilitas dari pemerintah yakni BPJS Kesehatan. Apalagi, jika Anda adalah karyawan bekerja di perusahaan, pastinya mendapatkan fasilitas ini dari kantor. Cek biaya persalinan baik caesar yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Biasanya jika kehamilan tidak berisiko, maka kita bisa melahirkan di klinik atau Puskesmas. Sementara ika terdapat kelainan, nantinya kita akan dirujuk ke rumah sakit dengan mendapat surat rujukan dari Puskesmas untuk menggunakan BPJS sebagai biaya persalinan.‎

(Baca juga: Butuh Pinjaman Cepat untuk Menikah? Cek di Sini!)

‎Asuransi Kesehatan‎

Selain BPJS Kesehatan, Anda juga bisa memanfaatkan asuransi. Apalagi, saat ini banyak asuransi yang menanggung cek rutin kehamilan dan persalinan. Sehingga, Anda bisa bernafas lega karena hampir seluruh biayanya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi tersebut. Dengan begitu, beban finansial Anda akan berkurang.

Namun, jika Anda belum mempunyai asuransi kesehatan, maka tidak perlu takut. Anda bisa mengajukannya dengan mudah di CekAja.com. E-commerce finansial nomor satu di Indonesia menyediakan asuransi kesehatan dari berbagai perusahaan. Yuk mulai dari sekarang ajukan asuransi kesehatan di CekAja.com.

Tentang Penulis

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami