Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Berapa Uang Tabungan yang Perlu Dipersiapkan untuk Biaya Masuk Kuliah Anak di Masa Depan?

by Arfan Wiraguna on 27 Oktober, 2015

Hai CekAja,

Saya Yanti (32 tahun). Saya adalah seorang pegawai swasta. Saya baru mau memulai tabungan untuk biaya masuk kuliah anak jika nanti si kecil berminat menempuh pendidikan di universitas swasta dalam negeri.

Pertanyaan saya, berapa sih jumlah uang yang perlu saya kumpulkan dari sekarang dan apa saja instrumen alternatifnya? Sebagai informasi, saat ini anak saya masih duduk di bangku kelas 1 SD. Terima kasih.

Jawaban:

Yanti yang terhormat, menjawab pertanyaan tentang berapa jumlah uang tabungan yang perlu dikumpulkan dari sekarang untuk biaya masuk kuliah anak di masa mendatang, berikut adalah jawabannya.

(Baca juga: 12 Cara Mudah Ajarkan Pengetahuan Finansial untuk Anak)

Prediksinya, si kecil akan masuk perguruan tinggi pada usia 17 tahun atau 11 tahun lagi, yaitu pada tahun 2026. Jika saat ini biaya uang masuk kuliah di universitas swasta unggulan dalam negeri diperkirakan sekitar Rp 40 juta, maka dengan asumsi peningkatan uang pangkal sebesar 10 persen per tahun, total biayanya pada tahun 2026 adalah sekitar Rp 114 juta. Untuk detailnya, lihat tabel di bawah ini.

Tabel - Berapa Sih Uang Tabungan yang Perlu Dipersiapkan untuk Biaya Masuk Kuliah Anak di Masa Depan?

Setelah mengetahui kebutuhan dana uang masuk kuliah si kecil, langkah selanjutnya adalah menentukan produk keuangan yang sesuai agar tujuan yang kita inginkan tercapai.

Asuransi Pendidikan

Dengan asuransi pendidikan, mau tak mau kita wajib disiplin menyisihkan sebagian penghasilan per bulan demi membayar premi demi pendidikan si kecil. Selain itu, ada pula proteksi di dalamnya. Oleh sebab itu, jika sewaktu-waktu kita sebagai orang tua meninggal dunia, maka perusahaan asuransi akan membayarkan dana pendidikan bagi si kecil sebagai tertanggung.

(Baca juga: Anda Wanita? Pastikan 3 Risiko Ini Masuk dalam Perlindungan Asuransi Kesehatan Anda!)

Tabungan Pendidikan

Pada prinsipnya, produk ini hampir sama dengan asuransi pendidikan, baik dalam cara pembayaran maupun tahapan pencairan dana pendidikan. Hanya saja produk ini biasanya dikeluarkan oleh bank. Dari tabungan ini, kita sebagai nasabah juga akan diuntungkan dengan bunga tabungan yang umumnya melebihi suku bunga tabungan biasa.

(Baca juga: Anak Mau Masuk Sekolah 3 Tahun Lagi? Ini Strategi Kumpulkan Tabungannya)

Mudah-mudahan informasi kami dapat membantu Yanti dalam memulai tabungan untuk kebutuhan pendidikan si kecil di masa depan. Selain itu, kedua produk di atas ini juga bisa menjadi alat alternatif bagi kita dalam mendisiplinkan diri untuk menyiapkan kebutuhan dana pendidikan yang semakin hari semakin mahal itu.

Salam,

PROFILE PICTURE-02

Tentang Penulis

Arfan Wiraguna

Writer & Coffe Lover - Finansial dan ekonomi adalah makanan sehari-hari.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami