Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Berapa Usia yang Tepat untuk Mulai Mengenal Investasi Saham?

by Rafly Aditia on 6 November, 2015

kelola uang ala miliarder - CekAja.com

Tidak jarang kita mendengar pertanyaan berapakah usia yang paling tepat untuk berinvestasi di pasar saham? Apakah pelajar atau mahasiswa yang notabene belum memiliki penghasilan tetap dapat terjun ke pasar saham dan mendulang kesuksesan?

Untuk menjawab pertanyaan yang umum ini, salah seorang pakar saham Indonesia, Ellen May mengungkapkan kepada CekAja.com bahwa semakin cepat seseorang mengawali diri untuk berinvestasi di pasar saham maka akan semakin baik pula.

Menurut wanita kelahiran 1983 tersebut, usia yang paling tepat untuk mulai berinvestasi saham adalah sedini mungkin. Untuk itu, bagi para orang tua yang memiliki anak dapat segera memberikan pengetahuan tentang berinvestasi dan konsep perencanaan keuangan terhadap anak.

“Usia yang paling tepat untuk memulai berinvestasi saham adalah sedini mungkin, bahkan jika kita punya anak di bawah usia teenager, kita bisa mengenalkan mereka untuk mulai berinvestasi di pasar saham,” terangnya kepada tim CekAja.com, Kamis (5/11).

Setidaknya, ada tiga hal yang dapat dilakukan oleh para orang tua dalam mempersiapkan anak untuk berinvestasi di pasar saham, yaitu;

Bisa dimulai sejak dini

Trader saham yang mendulang kesuksesan pertamanya di tahun 2006-2007 tersebut menyarankan agar sejak balita anak diajarkan mengenai konsep mengatur keuangan dan konsep berinvestasi. Sehingga nanti ketika anak memasuki usia sekolah dasar, kita dapat memberikannya sedikit pengertian dan konsep investasi saham.

(Baca juga: Berapa Uang Tabungan yang Perlu Dipersiapkan untuk Biaya Masuk Kuliah Anak di Masa Depan?)

Lakukan bimbingan terhadap anak adalah keharusan

Berhubung anak-anak belum memiliki pengetahuan serta kemampuan yang cukup dalam berinvestasi di pasar saham, maka sebagai orang tua kita harus melakukan bimbingan terhadap mereka sampai usia remaja dini. Belum lagi, dalam memiliki account untuk melakukan trading pastinya harus menggunakan nama kita sebagai orang tua.

Usia sekolah menengah jadi awal investasi mandiri anak

Mengingat pada usia sekolah menengah atas anak sudah memiliki kemampuan yang cukup setelah ditanamkan konsep-konsep dan pengertian tentang investasi saham sejak dini. Maka sebagai orang tua kita dapat melepaskan mereka untuk berinvestasi secara mandiri di umur 17 tahun keatas.

Sehingga ketika mereka memasuki masa-masa menjadi mahasiswa, mereka dapat mengasah kemampuan dan insting mereka untuk mempertimbangkan segala sesuatunya secara matang berdasarkan pengalaman serta pengetahuan yang mereka miliki selama beberapa tahun terakhir. (Rafly)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami