Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Berbagai Teori Tentang Ramalan Jodoh Paling Populer di Korea Selatan

by Kyla Damasha on 19 Februari, 2020

Berbagai teori tentang ramalan jodoh sepertinya memang sangat menarik untuk dicari tahu. Meskipun seluruh makhluk hidup memang terlahir berpasang-pasangan, namun jodoh itu sendiri menjadi salah satu hal yang selalu menjadi misteri di kehidupan kita.

berbagai teori tentang ramalan jodoh

Jodoh bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Bahkan tidak menutup kemungkinan jodoh merupakan seseorang yang tidak pernah kita bayangkan atau kita prediksi sebelumnya.

Begitu misterinya hal-hal mengenai jodoh, tak jarang orang-orang justru mencari berbagai teori tentang ramalan jodoh yang sekiranya bisa mengobati rasa penasaran yang tak terbendung.

Nah, ramalan jodoh itu tidak hanya dilakukan bagi seseorang yang ingin mencari tahu seperti apa sosok jodoh mereka di masa depan, melainkan juga oleh pasangan yang sedang menjalin kasih demi menemukan kecocokan diantara mereka.

Ternyata, berbagai teori tentang ramalan jodoh ini tidak hanya dipercayai oleh orang Indonesia saja lho, tetapi juga oleh masyarakat di Korea Selatan. Bahkan ada beberapa teori tentang ramalan jodoh yang memang sempat dipopulerkan oleh negeri ginseng ini dan juga menjadi populer di Indonesia. Apa sajakah itu?

Berbagai Teori tentang Ramalan Jodoh
1. Tarot

Tarot - Berbagai Teori Tentang Ramalan Jodoh Paling Populer di Korea Selatan

Berbicara tentang berbagai teori tentang ramalan jodoh, kita tidak bisa lupa dengan teori satu ini. Tarot tidak hanya populer di Korsel saja, melainkan juga di Indonesia. Ramalan jodoh ini biasanya menggunakan sejumlah kartu yang disebar di atas meja.

Kemudian, sang penanya bisa menyebutkan kira-kira hal apa saja yang ingin diramalkan, mulai dari perjodohan, percintaan, keuangan, karir, kesuksesan dan masih banyak lagi. Nah, aktivitas meramal dilanjutkan dengan sang penanya memilih beberapa kartu yang sudah disebarkan di meja tersebut.

Pada nantinya, peramal akan memformulasikan berdasarkan jumlah kartu yang telah diambil yang mana masing-masing dari kartu memiliki arti khusus.

Ramalan tarot itu sendiri berasal dari Italia yang pada awalnya bernama Carte de Trionfi atau Kartu Kejayaan. Kartu tarot memiliki 78 kartu yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu 22 kartu disebut sebagai Arcana Mayor dan 56 kartu lainnya disebut sebagai Arcana Minor.

Meskipun memiliki berbagai jenis, kartu tarot yang masih populer hingga saat ini adalah tarot Rider-Waite-Smith yang diciptakan oleh A.E Waite bersama dengan seorang ilustrator bernama Pamela Colman Smith.

2. Gunghap

Gunghap - Berbagai Teori Tentang Ramalan Jodoh Paling Populer di Korea Selatan

Berbagai teori tentang ramalan jodoh selanjutnya adalah Gunghap. Warga Korea Selatan percaya bahwa Gunghap mampu meramal dan memprediksi keharmonisan hubungan kedepannya setelah sebuah pasangan menikah dan bersatu.

Teori satu ini berpendapat bahwa jalannya kehidupan berumah tangga ditentukan oleh saju, yaitu data kelahiran yang bisa memprediksi kompatibilitas pasangan. Masyarakat Korea Selatan percaya bahwa keharmonisan antara karakteristik pasangan itu sangatlah penting.

Bahkan hingga saat ini, banyak orang tua yang pergi ke peramal untuk memastikan gunghap ketika anak mereka memutuskan untuk menikah dengan pasangannya. Nah selanjutnya, sang peramal akan merekomendasikan tangan pernikahan yang dianggap baik.

Tidak hanya ketika menjelang pernikahan saja, ramalan gunghap juga sering dilakukan bagi pasangan yang baru saja berkencan, hanya untuk bersenang-senang saja. Selain itu di dalam gunghap ini, takdir seseorang ditentukan dari empat komponen, yaitu tahun, bulan, tanggal, dan jam kelahiran.

3. Saju

Saju - Berbagai Teori Tentang Ramalan Jodoh Paling Populer di Korea Selatan

Setelah membaca tentang gunghap yang masuk ke dalam berbagai teori tentang ramalan jodoh, mungkin kamu akan bertanya-tanya, apa itu saju? Nah, saju merupakan sebuah ramalan kuno tentang analisa mengenai energi kosmik pada hitungan hari lahir seseorang, baik itu melalui jam, hari, bulan, hingga tahun.

(Baca Juga: Feng Shui Jodoh 2020, Tips Menemukan Pasangan yang Langgeng)

Teori ini mengungkapkan bahwa takdir seseorang itu melekat, tidak dapat diubah, dan ditentukan dari kondisi kelahiran seseorang. Lalu, apa hubungannya dengan gunghap? Kedua teori ramalan jodoh ini sangatlah berhubungan.

Data yang diperoleh dari saju ini pada nantinya akan menghubungkan setiap pasangan di Korea untuk memeriksa gunghap mereka.

4. Palm Reading

Palm Reading - Berbagai Teori Tentang Ramalan Jodoh Paling Populer di Korea Selatan

Selanjutnya ada palm reading atau membaca garis telapak tangan yang juga tidak boleh terlupakan ketika berbicara tentang berbagai teori tentang ramalan jodoh. Palm reading juga bisa disebut sebagai palmistry dan berasal dari India.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, berbagai teori tentang ramalan jodoh ini juga mulai populer di negara-negara lainnya, seperti Korea dan Cina. Ramalan palm reading ini mengusung gagasan bahwa garis tangan seseorang bisa menggambarkan kehidupan dan takdir dari orang tersebut.

Tidak hanya di Korea, palm reading nyatanya juga dipercayai oleh sebagian dari orang Indonesia. Apabila kamu datang ke peramal dan meminta di ramalkan garis tangannya, maka peramal tersebut akan memeriksa tanganmu yang paling aktif digunakan untuk beraktivitas.

Tangan aktif akan menunjukan ramalan masa depan sedangkan tangan lainnya akan menunjukan masa lalu kamu. Nah, disetiap garis tangan akan memiliki jalur-jalur yang menunjukan the fate, life, heart, dan head line yang bisa menggambarkan kehidupan kamu.

5. Gwansang

Gwansang - Berbagai Teori Tentang Ramalan Jodoh Paling Populer di Korea Selatan

Berbagai teori tentang ramalan jodoh yang akan dibahas terakhir adalah Gwansang yang juga berasal dari Korea. Gwansang bisa dikatakan sebagai ‘membaca wajah’ yang sering digunakan untuk meramal karakter dan kepribadian seseorang. Teori ini dijalankan melalui fitur wajah.

Masyarakat Korea percaya bahwa wajah merupakan penggambaran kehidupan seseorang yang dimulai sejak seseorang masih berada di dalam rahim.

Karakteristik wajah dianggap memiliki banyak resolusi di dalamnya, yang mana hal tersebut dapat diketahui melalui bahasa tubuh, nada suara, serta raut wajah ketika menilai seseorang.

Sebagai contoh, orang yang memiliki tanda lahir di bawah mata, garis vertikal di bibir, serta hidung dengan lubang yang sedikit lebar merupakan ciri-ciri dari orang yang sulit dalam mempertahankan hubungan.

Namun, akhir-akhir ramalan gwansang ini mulai ditinggalkan karena banyak orang yang sudah mulai melakukan operasi plastik wajah di Korea, sehingga peramal menjadi kesulitan dalam mengetahui fitur wajah asli seseorang dan tidak bisa menggambarkan prediksi secara tepat.

Perlu diketahui bahwa walaupun saat ini sudah terdapat berbagai ramalan tentang jodoh yang bisa kita temukan, tentu saja jodoh atau jalan hidup sepenuhnya kita yang menentukan, dan bukan dari ramalan semata.

Dan tentu saja ramalan tersebut tidak hanya berlaku untuk memprediksi jodoh saja melainkan juga hal-hal lainnya, seperti kesehatan. Nah, agar kamu dan keluarga tetap bisa terlindungi dari berbagai penyakit yang mengintai, yuk ajukan saja asuransi kesehatan dan asuransi jiwa di CekAja.com.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda