Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Berbahaya, Ini 7 Penyakit Mengerikan Akibat Merokok

by Rafly Aditia on 31 Mei, 2016

tips berhenti merokok _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Rokok menjadi salah satu musuh terbesar orang yang ingin hidup sehat. Banyak sekali orang sakit-sakitan karena kebiasaan merokok. Padahal, sudah jelas tidak ada manfaat positif yang bisa didapatkan dari rokok.

Perlu kamu sadari, rokok memiliki banyak risiko kesehatan dan membuat kamu dapat terserang berbagai macam penyakit berbahaya. Apa saja penyakit yang dimaksud? Berikut 7 penyakit berbahaya yang disebabkan oleh rokok:

Tuberkulosis

Salah satu penyakit yang diakibatkan oleh rokok dan paling dikenal adalah Tuberkulosis. Yup, Tuberkulosis atau TBC merupakan salah satu penyakit menular yang diakibatkan oleh bakteri yang hinggap di paru-paru. Menurut data yang dikeluarkan oleh WHO, Indonesia merupakan negara dengan penderita TBC terbesar ketiga.

Banyak penelitian menyatakan bahwa orang yang merokok 3-4 kali lebih sering terinfeksi TBC dibandingkan dengan mereka yang tidak. Karena rokok, pertumbuhan bakteri jahat penyebab penyakit TBC di paru-paru menjadi lebih cepat lho.

Impotensi

Khusus untuk kamu para lelaki, sebaiknya mulai sekarang berhenti merokok kalau tidak mau mengalami impotensi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Imperial College London, laki-laki yang merokok punya risiko 40% lebih banyak terkena impotensi.

Menariknya, bukan cuma di usia tua saja tetapi penyakit impotensi bisa menyerang walau kamu masih muda.

(Baca juga: Ternyata Kerugian yang Ditanggung Kalau Kamu Masih Merokok Sangat Besar. Ini Buktinya)

Kanker Paru-Paru

Rokok menyimpan banyak sekali zat-zat kimia berbahaya. Karena itu, rokok dapat memicu terjadinya kanker entah itu di paru-paru atau bahkan tenggorokan. Zat yang ada pada asap rokok dapat memicu sel kanker pada paru-paru menjadi tumbuh secara tidak normal. Tentunya kamu tidak ingin menghabiskan hidup hanya melawan kanker bukan?

Penyakit jantung

Zat karbon monoksida yang ada pada nikotin rokok diketahui dapat membuat kinerja jantung menjadi terhambat. Karena zat tersebut persediaan oksigen menuju pembuluh darah jantung semakin menipis. Hal inilah yang membuat jantung sulit untuk memompa aliran darah. Ketika aliran darah mengalami hambatan, maka sangat mungkin untuk terjadi serangan jantung mendadak.

Alzheimer

Untuk kamu yang sampai saat ini masih merokok, lebih baik berhenti dari sekarang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh organisasi kesehatan dunia WHO, salah satu pemicu seseorang terkena penyakit alzheimer adalah rokok. Kalau kamu tidak ingin mengalami kepikunan di usia yang belum terlalu tua, segera berhenti merokok.

Menurunkan kesuburan pria

Salah satu penyakit lain yang sangat serius karena kebiasaan merokok adalah kemandulan pada pria. Banyak penelitian mengungkapkan bahwa rokok membuat tingkat konsenstrasi sperma menurun sebesar 23%. Bukan hanya itu, kemampuan gerakan sperma juga menurun sebesar 13%.

Intinya, kebiasaan merokok dapat membuat kesuburan pria menurun sehingga akan sulit memiliki keturunan.

Kanker esofagus

Kamu pernah lihat dan mendengar orang yang bersuara seperti robot, atau bagian lehernya berlubang? Mungkin itu karena penyakit kanker esofagus. Penyakit tersebut disebabkan oleh asap rokok yang merusak DNA dari sel-sel esofagus sehingga kanker pun tumbuh menjadi sangat ganas.

Kurang lebih 80 persen kanker esofagus dikaitkan dengan aktivitas merokok yang dianggap sangat merugikan.

(Baca juga: 5 Hal Bermanfaat yang Bisa Dibeli dengan Uang Rokokmu)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami