Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Berbahaya, Kenali 4 Gejala Diabetes Ini Sejak Dini

by Rafly Aditia on 14 November, 2016

biaya vaksin _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan bisa mematikan. Namun kesadaran masyarakat akan kesehatan tubuh yang minim membuat penyakit satu ini menyerang lebih banyak orang.

Berdasarkan laporan International Diabetes Federation tahun 2015 lalu, sekitar 53% dari 9,1 juta orang penderita Diabetes di Indonesia tidak menyadari bahwa dirinya mengidap penyakit serius tersebut. Untuk itu, kamu perlu mengenali 4 gejala diabetes sejak dini:

Sering buang air kecil

Gejala yang sering dialami oleh para penderita diabetes dalah terlalu sering buang air kecil. Yup, biasanya orang normal rata-rata buang air kecil sebanyak 4-7 kali selama satu hari. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi penderita penyakit diabetes.

(Baca juga: Ini Risiko Finansial Kalau Kamu Menderita Diabetes)

Penderita diabetes buang air kecil lebih dari 7 kali per hari. Hal ini dikarenakan gula darah meningkat sehingga tubuh memproduksi lebih banyak urin. Untuk itu, kalau kamu terlalu sering pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil dalam beberapa waktu belakangan lebih baik konsultasi dengan dokter sesegera mungkin.

Selalu merasa lapar

Saat gula darah tinggi, tubuhmu bakal kesulitan untuk mengontrol glukosa. Ketika kamu makan makanan yang punya kandungan karbohidrat tinggi, maka tubuh bakal memproduksi insulin lebih banyak sehingga kamu bakal selalu merasa lapar. Terutama setiap kamu makan-makanan yang mengandung karbohidrat dan gula cukup tinggi.

(Baca juga: 5 Produk Asuransi Kesehatan Terbaik Tahun 2016)

Berat badan turun drastis

Turun berat badan tidak selalu berarti positif. Walaupun kelebihan berat badan merupakan salah satu faktor risiko diabetes, menurunnya berat badan secara drastis dalam waktu singkat juga jadi pertanda buruk.

Tingkat gula darah yang terlalu tinggi pada penderita diabetes justru dapat membuat berat badan turun hingga 5 kg-10 kg hanya dalam waktu kurang dari tiga bulan.

(Baca juga: Coret Makanan Ini dari Daftar Belanja Bulanan Kamu Kalau Tidak Mau Terkena Diabetes)

Muncul masalah penglihatan

Salah satu pertanda awal dari penyakit diabetes adalah masalah dalam penglihatan. Biasanya pada penderita diabetes tipe 2, kemampuan mata akan menurun sehingga menyebabkan pandangan kabur.

Penyebabnya adalah otot-otot pada mata yang dipaksa bekerja lebih keras agar bisa fokus sehingga menyebabkan kelelahan dan penglihatan mulai kabur. Kalau sudah dalam tahap yang serius, diabetes bisa menyebabkan kebutaan.

Lindungi diri kamu dan keluarga dengan produk asuransi terbaik. Dapatkan sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami