Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Berencana Menikah Tahun Ini? Begini Simulasi Biayanya

by Rafly Aditia on 17 Mei, 2016

modal nikah - Kredit tanpa agunan - CekAja.com

Buat kamu yang ingin menikah tahun ini, segala hal harus dipersiapkan dengan matang. Jangan sampai rencana untuk mengikrarkan janji suci dengan pasangan harus tertunda dan jadi berantakan karena kurang perencanaan. Pastikan semuanya dipersiapkan dengan baik mulai dari urusan gedung, catering, hingga souvenir.

Mengingat persiapan nikah cukup bikin pusing, sebaiknya kamu mempersiapkannya sejak dini. Terutama untuk urusan biaya, kamu harus mengkalkulasinya secara pasti. Berikut ini rencana biaya nikah yang wajib kamu siapkan bila ingin menikah tahun ini:

Gedung (Rp 8 Juta)

Untuk kamu yang ingin melaksanakan resepsi pernikahan di wilayah Jakarta, ada beberapa gedung yang bisa disewa dengan harga murah. Harga sewanya dibawah Rp 10 juta. Misalnya, gedung BKKBN yang ada di wilayah Jakarta Pusat bisa disewa dengan harga Rp 8 juta. Lalu, gedung Aldevco di Jakarta Selatan yang berkapasitas hingga 600 orang harga sewanya senilai Rp 6 juta.

Catering 600 orang (Rp 30 juta)

Urusan makanan atau catering jadi biaya yang paling besar dalam acara resepsi. Pasalnya, biaya catering sangat tergantung pada berapa banyak orang yang diundang ke acara pernikahanmu. Misalnya, kamu mengundang 300 orang maka siapkan setidaknya 600 pax makanan dalam acara resepsimu.

Dengan asumsi bahwa ada 600 orang yang datang ke resepsi pernikahan, setidaknya siapkan dana Rp 30 juta. Saat ini banyak sekali catering yang memberikan kamu pilihan dengan harga bervariasi. Tetapi, dengan memilih menu catering Rp 50 ribu/pax rasanya sudah cukup memuaskan. (Baca juga: 10 Cara Anti Bangkrut dalam Persiapan Pernikahan)

Dekorasi (Rp 12 juta)

Pastinya kamu tidak ingin kalau acara yang terjadi hanya sekali seumur hidup ini berlangsung biasa-biasa saja. Untuk itu, kesan mewah atau unik harus terlihat dalam dekorasi venue. Kamu tidak perlu pusing-pusing mengurus semuanya sendiri, sekarang banyak sekali jasa dekorasi venue pernikahan.

Misalnya, di website dierawedding.com kamu bisa mendapatkan paket dekorasi gedung seharga Rp 12 juta. Dekorasi tersebut sudah termasuk mini garden, karpet jalan, gazebo, janur kuning, dekorasi full flower dan sebagainya.

Entertainment & Dokumentasi (Rp 15 juta)

Selain beberapa poin di atas, urusan entertainment dan dokumentasi juga menjadi kewajiban dalam setiap resepsi pernikahan. Kamu tentu tidak mau kalau suasana resepsi pernikahan hening, untuk itu undanglah MC dan band pengiring agar suasana menjadi lebih bahagia dan romantis.

Jangan lupakan juga dokumentasi, kameramen dan fotografer adalah orang-orang yang sangat berjasa dalam sebuah resepsi pernikahan. Hasil kerja mereka akan membuatmu memiliki memori indah bersama pasangan yang bisa dikenang dan dinikmati di masa depan nanti. Setidaknya siapkan dana Rp 15 juta untuk dua urusan ini. (Baca juga: Cara Mudah Mengatur Keuangan Keluarga Buat yang Baru Nikah)

Souvenir & Undangan (Rp 1,8 juta)

Pada poin ini, kamu bisa menghemat bujet cukup banyak. Mengapa? Karena saat datang ke acara pernikahan, biasanya orang tidak begitu peduli dengan souvenir. Maka dari itu, kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk urusan souvenir.

Anggarkan saja Rp 3 ribu untuk setiap undangan. Jadi, kalau kamu menyebar 300 undangan hanya perlu dana Rp 900 ribu untuk souvenir. Hal dan perhitungan yang sama juga berlaku untuk urusan undangan. Jadi, total kamu perlu mengeluarkan uang senilai Rp 1,8 juta untuk urusan udangan dan souvenir sekaligus.

Sewa baju pengantin (Rp 2 juta)

Salah satu cara lain untuk mengirit pengeluaran saat menikah adalah dengan menyewa baju pengantin. Sudah banyak butik yang menyediakan layanan ini, bahkan, di situs bridestory.com dengan dana Rp 2 juta saja kamu dan pasangan sudah mendapatkan gaun dan setelan jas yang berkelas.

Setidaknya, kamu perlu menyisihkan dana total sekitar Rp 69 juta kalau ingin menikah tahun ini. Apabila dana yang dimiliki tidak cukup, bisa mengajukan KTA agar pernikahan impian dapat terwujud dengan baik.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.