Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Rencana Mudik Lebaran Pakai Mobil Pribadi? Ini Cara Hitung Biayanya

by Tisyrin on 8 Juni, 2017

mudik hemat _ asuransi kendaraan - CekAja.com

Semua mesti disiapkan, mulai dari biaya pengeluaran perjalanan seperti tarif tol, biaya bensin; hingga jalur mudik lebaran 2017 yang aman; serta asuransi mudik lebaran yang mesti dibeli agar lebih aman.

Musim mudik sebentar lagi tiba. Ada banyak alternatif cara untuk mengunjungi kampung halaman mulai dari menggunakan transportasi umum seperti kereta, bus dan pesawat hingga menggunakan mobil pribadi. Saat memutuskan menggunakan mobil pribadi, sebaiknya hitung terlebih dahulu estimasi pengeluarannya agar keuangan keluarga tetap terkontrol.

Ada beberapa komponen utama yang harus dihitung ketika memutuskan untuk mudik dengan mobil pribadi, antara lain, servis mobil, menyiapkan biaya bensin, biaya tol, asuransi mudik lebaran yang mesti dibeli, hingga biaya makan dan minum sepanjang perjalanan. Lebih jelas, simak gambarannya berikut ini.

Persiapan 

Sebelum membawa mobil ke kampung halaman, persiapkan matang-matang kondisi mobil untuk meminimalisir risiko buruk di perjalanan. Siapkan sejumlah dana khusus untuk mendatangi bengkel sebelum mudik.

Selain ke bengkel, pastikan pula kendaraan terlindungi asuransi kendaraan bermotor. Asuransi kendaraan bermotor akan menekan risiko finansial yang harus ditanggung ketika terjadi sesuatu yang buruk dengan mobil kesayangan.

Biaya bensin

Untuk menghitung biaya bensin, carilah estimasi harga bahan bakar tertinggi per liternya. Selain itu, cari tahu berapa jarak yang bisa ditempuh dengan 1 liter bahan bakar. Jangan lupa juga hitung jarak dari kota perantauan ke kampung halaman.

Harga bahan bakar saat ini ada di kisaran Rp 8.000 – Rp 9.400 per liternya. Untuk memudahkan perhitungkan, ambil saja angka tertinggi yaitu Rp9.400 per liter.

Lihat dahulu apa jenis mobil yang digunakan untuk mudik. Konsumsi bahan bakar setiap jenis mobil bisa berbeda-beda. Untuk konsumsi bensin All New Avanza 1.300 cc adalah 12,6 km per 1 liter bensin, sama dengan All New Xenia 1.298 cc yaitu 12,6 km per 1 liter bensin.

Sementara jenis lain yaitu Ertiga mesin bensin 1.373 cc mampu menempuh 16,02 km per 1 liter bensin dan mesin diesel 1.300 cc mampu menempuh 20,77 km dengan 1 liter solar.

Contoh perhitungan:

Tujuan mudik = Jakarta – Brebes dengan jarak 281 km

Mobil = All New Xenia 1.298 cc (12,6 km per 1 liter bensin)

Bensin yang dibutuhkan = 281 km : 12,6 km = 22,3 liter

Biaya bensin = 22, 3 liter x Rp9.400 = Rp209.620

Biaya tol  

Untuk menghitung biaya tol Lebaran. Cari tahu jalur tol mana saja yang akan dilewati, kemudian update tarif tol 2017 terbaru. Berdasarkan pemberitaan di media, beberapa jalan tol untuk mudik lebaran 2017 digratiskan karena baru bisa dilalui secara fungsional atau darurat.

Contoh perhitungan :

Mengutip situs berita Detik.com, untuk tujuan mudik Jakarta – Semarang, setidaknya ada 7 ruas tol yang harus dilewati. Ruas tol tersebut yaitu Tol Jakarta – Cikampek, Tol Cikopo – Palimanan (Cipali), Tol Palimanan – Kanci, Tol Kanci – Pejagan, Tol Pejagan – Pemalang, Tol Pemalang-Batang dan Tol Batang-Semarang.

Pemudik harus membayar Rp109.500 di Cikarang Utama – Palimanan. Rinciannya adalah Cikarang Uatama – Cikopo Rp13.500 dan Cikopo – Palimanan Rp96.000. Di tol Brebes Timur, pemudik dari Palimanan harus membayar Rp55.500, rinciannya Palimanan – Kanci Rp11.500, Kanci – Pejagan Rp24.000, dan Pejagan – Brebes Timur Rp 20.000.

Selanjutnya, untuk tahun ini, setelah melewati Brebes Timur, pemudik bisa melanjutkan perjalanan secara gratis via tol hingga Waleri. Dari Brebes Timur, pemudik bisa melewati Tegal sampai Pemalang. Pemudik juga dapat meneruskan perjalanan Pemalang – Batang.  Dan, dari Batang ke Semarang, pemudik bisa menggunakan tol hingga Waleri, Kabupaten Kendal.

Jadi, pemudik harus mengeluarkan biaya Rp165.000 untuk tol yang telah melakukan operasional penuh yaitu Cikarang Utama – Brebes Timur. Jika ingin berhemat, terdapat diskon besar bagi pemudik yang menggunakan uang elektronik di musim mudik tahun ini.

Jangan lupakan biaya untuk makan dan minum

Membawa bekal makanan berat dan cemilan dari rumah tentu akan menghemat biaya perjalanan. Namun, apabila merasa repot membawa perbekalan, maka siapkan bujet untuk ini.

Misalnya, batasi biaya makan hanya Rp25.000 sekali makan per orang, sehingga saat mencari makan tidak perlu berhenti di restoran yang mahal. Carilah tempat makan yang sesuai bujet untuk menekan biaya perjalanan.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.