Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Beroperasi Maret 2019, Cek Cara Ikut Uji Coba MRT Jakarta!

by Tisyrin N. T on 13 Maret, 2019

Kamu adalah pengguna transportasi publik di Jakarta? Siap-siap karena pada bulan ini akan ada transportasi publik baru yang beroperasi yaitu Mass Rapid Transit alias MRT. Sebelum benar-benar memanfaatkannya untuk mempermudah mobilitasmu sehari-hari, yuk ikutan uji cobanya!

Melalui situs resmi MRT Jakarta dijelaskan bahwa pada fase I, MRT Jakarta telah membangun 13 stasiun dan satu depo. Semuanya membentang sepanjang 15,7 kilometer dari Lebak Bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia, dengan 16 rangkaian kereta (14 rangkaian beroperasi dan dua sebagai cadangan).

Nantinya, kereta akan beroperasi mulai pukul 05.00 hingga 00.00 WIB setiap hari. PT MRT Jakarta menargetkan untuk mengangkut tidak kurang dari 130.000 orang per hari.

Cara Daftar Uji Coba Publik MRT Jakarta

PT MRT Jakarta menawarkan masyarakat untuk mengikuti tahap uji coba publik MRT Jakarta. Uji coba publik akan berlangsung pada 12-24 Maret 2019. Uji coba publik ini dibuka dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB setiap harinya.

Bagi kamu yang tertarik, bisa melakukan pendaftaran online di situs web perusahaan, www.jakartamrt.co.id, yang akan dialihkan ke www.ayocobamrtj.com.

Pendaftaran berlangsung sejak Selasa, 5 Maret 2019 hingga 23 Maret 2019. Mengingat dalam hal uji coba publik ini PT MRT Jakarta bekerja sama dengan Bukalapak, maka kamu juga bisa melakukan pendaftaran langsung melalui Bukalapak.

Akan ada dua pilihan jenis pendaftar, yaitu dengan kebutuhan khusus dan non-kebutuhan khusus. Selama masa uji coba, berlaku kuota per hari. Jadi, apabila hari yang diinginkan telah penuh, kamu bisa memilih hari lainnya.

Inilah langkah melakukan pendaftaran uji coba publik MRT Jakarta dengan menggunakan akun Bukalapak:

  • Login ke akun Bukalapak milikmu. Jika belum punya akun, lakukan registrasi dengan e-mail atau nomor handphone dan verifikasi akun terlebih dahulu.
  • Masuk ke halaman Event di Bukalapak untuk mendaftar Uji Coba MRT.
  • Masukkan informasi yang dibutuhkan seperti alamat e-mail dan identitas yang benar. Setelah itu, kamu akan menerima e-mail konfirmasi beserta e-tiket.
  • Saat uji coba, perlihatkan e-tiket yang dapat diakses melalui aplikasi Bukalapak untuk masuk ke lokasi.
(Baca juga: Mengenal Lebih Dekat dengan LRT Jabodebek)

Cara Naik MRT Jakarta

Apakah kamu berniat menggunakan MRT Jakarta sebagai alat transportasi sehari-hari jika sudah beroperasi secara resmi? Jika ya, perhatikan cara untuk naik MRT Jakarta berikut ini:

  • Masuk ke stasiun MRT Jakarta.
  • Kamu bisa membeli Single Trip Ticket (STT) atau Multi Trip Ticket (MTT) melalui loket atau lewat Ticket Vending Mechine (TVM).
  • Setelah memegang tiket MRT Jakarta, kamu cukup menempelkan tiket (tap in) di gerbang penumpang.
  • Antrelah di belakang garis aman dan di dalam garis antrian.
  • Dahulukan penumpang turun sebelum masuk dalam kereta.
  • Setelah tiba di stasiun tujuan, tempelkan kembali tiket kamu (tap in) di gerbang penumpang.
  • Ingat untuk selalu mematuhi petunjuk dan arahan petugas.

Memanfaatkan transportasi umum seperti MRT Jakarta akan memberikan kamu banyak keuntungan. Selain anti macet, kamu juga bisa berhemat. Apabila berhasil berhemat, tentu kamu bisa mengalihkan uangmu untuk hal-hal lain yang bermanfaat seperti menabung dan investasi. Kamu tidak mau kan gajimu terasa pas-pasan hanya karena kamu harus mengeluarkan bujet yang terbilang tinggi untuk pulang pergi kantor?

Bagaimana? Gak sabar naik MRT Jakarta? Yuk, daftar dulu uji cobanya!

(Baca juga: Jakarta Peringkat ke-12 Kota Termacet di Dunia)

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.