Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Besaran Bunga Kredit Tanpa Agunan Tiap Bank

by Satrya Agung on 20 Maret, 2016

pinjaman uang cepat_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Dalam kondisi terjepit kita cenderung bertidak cepat dengan tidak mengindahkan hal-hal lain yang justru jadi faktor penunjang. Apa lagi jika terjepit di bidang finansial.

Kita akan buru-buru mencari pinjaman yang tanpa jaminan dan gampang terlena dengan promosi rendahnya bunga kredit tanpa agunan. Lalu apakah benar bahwa bunga yang dibebankan pada kita itu rendah? Mari kita bahas. Selain bunga, ada hal lain yang tak kalah pentingnya, yakni biaya KTA. Namun sebelum kita membahas hal ini, baiknya kita gali dulu lebih dalam mengenai bunga dalam KTA ini.

Proses Memilih Produk KTA

Saat mendengar promosi bank yang mengumbar 0.99% kita spontan akan tertarik. Padahal kita juga harus tahu apakah bunga tersebut betul-betul serendah itu? Jika kita telaah, bunga tersebut menggunakan sistem bunga flat, yang mana besaran bunga ditetapkan sama setiap bulannya selama tenor atau masa pinjaman tanpa melihat saldo pokok pinjaman.

Misal, kamu meminjam uang pada sebuah bank yang memberikan bunga 0.99% sebesar 10 juta selama satu tahun. Maka setiap bulan kamu harus mencicil dengan jumlah sama. Sedangkan tiap bulannya pokok pinjaman kamu menurun, tidak 10 juta lagi karena sudah dicicil.

Sedangkan sistem yang lebih fair adalah bunga yang menggunakan sistem bunga efektif. Yang mana bunga dihitung berdasarkan sisa pokok pinjaman. Namun sekarang hampir setiap bank menerapkan sistem bunga kredit tanpa agunan adalah dengan menggunakan sistem bunga flat.

CekAja Sebagai Solusi Mendapatkan KTA

Maka untuk itu kamu perlu tahu berapa besar buanga yang diterapkan tiap bank. Dengan demikian kamu bisa membandingkan sendiri. Dan untuk mendapatkan perbandingannya bisa kamu peroleh di CekAja.com.

Selain bunga ada hal lain yang harus kita perhatikan, yakni biaya KTA. Apa saja yang termasuk dalam biaya KTA ini? Ada beberapa jenis biaya yang dibebankan pada nasabah. Ada yang pasti dibebankan pada nasabah dan dilakukan pemotongan langsung di awal dengan memotong dari jumlah pinjaman, ada juga yang dibebankan jika terjadi beberapa hal.

Biaya Terkait KTA

Ada 3 biaya yang dibebankan di awal dan langsung dipotong dari jumlah pinjaman yang cair.

Yang pertama adalah biaya provisi. Biaya ini dibayarkan dengan memotong jumlah pinjaman yang dicairkan. Biasanya besar biaya provisi ini Rp. 150.000. Jadi jika kamu meminjam Rp. 10 juta maka uang yang kamu terima Rp. 9.850.000. Tapi tidak semua bank menerapkannya. Bahkan ada bebarapa bank yang meniadakan biaya provisi ini.

Kedua adalah biaya administrasi. Sama seperti biaya provisi yang mana dibebankan di muka dengan memotong dari jumlah pencairan. Besar biaya administrasi ini pun bervariasi. Tergantung kebijakan masing-masing bank. Bank lalu memberikan pinjaman kta tanpa kartu kredit. Misalnya, pinjaman tanpa agunan bank mandiri, pinjaman tanpa agunan bni, pinjaman tanpa agunan bri. Semuanya pinjaman tanpa agunan online, intinya tetap pinjaman tunai tanpa agunan.

Terakhir adalah biaya transfer. Seperti yang kita ketahui bahwa saat melakukan transfer uang dari satu bank ke bank lain maka akan ada biaya yang timbul. Demikian juga dengan pencairan pinjaman kamu. Biaya transfer ini juga akan dibebankan pada nasabah dengan langsung memotong dari uang yang cari.

Maka tinggal kamu hitung saja berapa besar biaya yang timbul dan jumlah uang yang berkurang karenanya. Setidaknya saja ada 3 biaya di awal saat pencairan. Biaya provisi, biaya administrasi, dan biaya transfer. Untuk mengurangi pengurangan pinjaman kamu, mungkin kamu bisa memilih bank yang tidak menerapkan biaya provisi.

Biaya Lainnya

Selain 3 biaya di atas, ada biaya lain yang akan muncul jika kamu melakukan beberapa hal, yakni:

Biaya keterlambatan. Saat kamu terlambat membayar tagihan dari tanggal jatuh tempo maka akan ada biaya yang timbul atau denda.. Denda ini bisa berbentuk prosentase atau jumlah tertentu. Semakin kamu molor atau telat membayar tagihanmu maka dendanya pun akan semakin tinggi.

Biaya pelunasan dipercepat atau pinalti. Jika kamu ingin melunasi hutang lebih cepat maka bank akan mengenakan biaya atau pinalti. Hal ini dikarenakan pihak bank akan kehilangan potensi pembayaran bunga karena kamu melunasi hutangmu lebih awal.

Sekarang kamu sudah tahu kan berapa besar bunga kredit tanpa agungan dari tiap bank dan biaya apa saja yang timbul. Tinggal kamu membandingkannya saja dan pilih yang merasa paling tepat untukmu. Jadi, bunga kredit tanpa agunan, apakah itu kredit tanpa agunan bca, atau bank lain, bukan otomatis kredit tanpa agunan bunga rendah.

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.