Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Besok Sidang Putusan MK, Ini Sikap Biar Kamu Tidak Pusing!

by Miftahul Khoer on 26 Juni, 2019

Mahkamah Konstitusi (MK) menjadwalkan untuk membacakan putusan sidang sengketa Pilpres pada Kamis, 27 Juni 2019. Putusan inilah yang ditunggu-tunggu oleh kubu Jokowi – Ma’ruf dan Prabowo – Sandiaga tak terkecuali bagi jutaan para pendukung dari kedua kubu.

Namun, tampaknya gak semua masyarakat akan sangat antusias untuk segera mengetahui putusan sidang yang akan dibacakan hakim MK tersebut. Ada juga sebagian masyarakat yang merasa persoalan Pilpres ini sangat menguras tenaga dan pikiran sehingga memilih cara untuk cuek dengan keputusan tersebut.

Tentu terdapat banyak alasan mengapa ada sebagian orang yang merasa persoalan Pilpres 2019 ini begitu memuakkan hingga memilih untuk tidak berada di kubu manapun. Salah satu alasannya adalah karena masing-masing para pendukungnya merasa paling benar hingga tak jarang terjadi debat kusir yang tak berkesudahan dari kedua pendukung.

Lalu bagaimana caranya agar tetap terhindar dari ‘kisruh’ Pilpres 2019 ini tanpa mengganggu kegiatan kamu? Nah, berikut ini kami rangkum beberapa kiat buat kamu yang memilih untuk bersikap bodo amat terhadap apapun hasil putusan sidang yang akan dibacakan MK.

Kiat-kiat berikut ini juga sekaligus untuk menghindari ketersinggungan antara kedua pendukung. Yuk simak!

(Baca juga: Kucumbu Tubuh Indahku dan Sederet Film Karya Anak Bangsa yang Kontroversial)
Fokus beraktivitas

Sidang putusan gugatan hasil Pilpres 2019 yang digelar oleh MK digelar pada hari kerja. Buat kamu yang memilih untuk gak peduli terhadap hasilnya dan ogah terganggu dengan respons atau reaksi dari para pendukung kedua kubu, maka sebaiknya kamu tetap fokus untuk beraktivitas.

Jika kamu adalah seorang karyawan, maka fokuslah untuk tetap bekerja mulai dari pagi hingga sore. begitu juga jika kamu adalah seorang wiraswasta atau freelancer, tetaplah fokus dengan kegiatanmu tanpa harus terdistraksi oleh pemberitaan mengenai hasil putusan sidang MK.

Dengan begitu, kamu akan tetap tenang dan khusuk melakukan tugas dan pekerjaan kamu.

Tidak mengakses media

Buat kamu yang benar-benar ingin menghindari dampak dari hasil putusan sidang sengketa Pilpres, coba deh kamu matikan segala akses informasi untuk sehari saja. Kamu misalnya bisa memilih untuk tidak menonton televisi, mendengarkan radio, membaca koran hingga mengakses media sosial.

Kita mungkin tahu, akan ada banyak informasi berseliweran selama proses hingga pembacaan putusan sidang yang dibacakan oleh MK. Tak sedikit info hoax atau yang belum terkonfirmasi cepat beredar di media sosial. Atau mungkin akan ada banyak perdebatan, cacian, yang gak bertanggung jawab viral di media sosial. Jika hal itu akan mengganggu kamu, ya sebaiknya kamu puasa media dan media sosial untuk beberapa saat.

Leave group WA sejenak

Gak bisa dipungkiri, tahun politik seperti sekarang ini, menjadi salah satu pemicu keretakan rumah tangga, saudara, kerabat hingga teman. Persoalan beda pilihan politik seringkali membuat emosi.

Apalagi sekarang hampir semua dari kita terhubung dengan orang lain dalam satu grup WhatsApp (WA). Masalahnya, seringkali anggota grup WA yang ada di ponsel kita seringkali mengunggah apapun yang berkaitan dengan peristiwa politik.

Maka jangan heran jika informasi apapun tentang putusan sidang sengketa Pilpres diperkirakan akan datang bertubi-tubi dari berbagai grup yang kamu ikuti.

Persoalannya, gak semua orang yang ada di grup WA menyukai info tersebut, malah sebaliknya, tak sedikit pengguna WA merasa risih jika ada unggahan terkait Pilpres di grup-grup yang mereka ikuti.

Nah, dengan demikian, untuk mengindari hal tersebut, maka kamu cukup untuk meninggalkan grup sejenak. Jika memang berat atau segan untuk meninggalkan grup WA, kamu bisa mencari alasan-alasan lain yang tidak menyinggung anggota grup lain untuk leave group.

Misalnya dengan mengatakan, “Maaf saya leave group sebentar. Mau servis HP dulu. Jika sudah selesai, saya masuk grup lagi.”

Cari kegiatan lain

Ada banyak kegiatan agar terhindar dari ‘wabah’ Pilpres 2019 terutama saat putusan gugatan Pilpres. Kamu misalnya bisa melakukan kegiatan lain seperti main game, nonton film streaming, melihat video-video inspiratif di Youtube hingga mengajak teman yang satu pendirian dengan kamu untuk nongkrong di kedai kopi. Cara ini mungkin akan lebih menarik buat kamu yang bosan dengan apapun tentang Pilpres 2019.

Selain itu, kamu juga bisa mengerjakan apapun yang sesuai dengan hobi kamu. Bermain musik, skateboard, menulis karya sastra, hingga mengutak-atik sepeda motor kesayangan. Atau, jika kamu sedang kasmaran, kamu bisa mengajak gebetan kamu pergi ke bioskop dan melupakan semua hiruk pikuk hasil sidang gugatan Pilpres 2019.

(Baca juga: Gunakan GPS Saat Mengemudi Boleh, Asal…)
Tunjukan sikap bodo amat

Sepertinya tak sedikit orang yang merasa bodo amat terkait siapa yang menang dan kalah dalam sidang putusan gugatan Pilpres di MK. Bagi mereka, mau Jokowi atau Prabowo yang menang, sepertinya mereka gak mau ambil pusing. Dan memang demikianlah sikap mereka yang harus dilakukan.

Bersikap bodo amat atas putusan sidang sengketa Pilpres 2019 di MK pada Kamis, 27 Juni 2019 memang menjadi hak bagi siapa saja, terlebih bagi mereka yang sudah benar-benar ingin segera menyudahi persoalan Pilpres ini.

Tampaknya, cara satu ini, bersikap untuk bodo amat atau cuek bisa kamu lakukan untuk menunjukan kepada saudara, teman kantor, kerabat hingga sahabat bahwa kamu gak peduli seperti apa hasil putusan sidangnya.

Nah, kalau kamu sendiri berada di pihak mana? 01 atau 02? Atau jangan-jangan kamu memilih untuk bodo amat dan tetap fokus pada pekerjaan atau bisnis kamu?

Fokus pada bisnis lebih baik ketimbang ngurusin  hal yang tidak ada ujungnya. Butuh modal untuk bisnis? jangan ragu, ajukan KTA di CekAja.com.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.