Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Biar Kayak Shandy Aulia, Ini Tips Mengecilkan Perut Usai Lahiran

by Miftahul Khoer on 27 Februari, 2020

Memiliki perut rata setelah melahirkan memang terdengar mustahil. Artis Shandy Aulia yang baru 14 hari lalu melahirkan, beruntung tidak mengalami hal tersebut. Melalui postingan Instagram pribadinya, bintang film Eiffel I’m in Love itu nampak tetap langsing dan bertubuh kencang saat berpose sambil menggendong sang buah hati. Namun, semua didapatnya bukan tanpa usaha. Beragam cara mengecilkan perut telah dilakukan ibu dari anak perempuan bernama Claire herbowo ini.  

Tips Mengecilkan Perut Usai Melahirkan

Selalu jadi momok tersendiri bagi para wanita, hamil dan melahirkan memang kerap meninggalkan perubahan berarti pada fisik mereka. Tubuh yang tadinya langsing, perut rata nan kencang, tiba-tiba semua membesar. Mau diet pun rasanya masih sulit ketika harus sembari menyusui si kecil.

Tanpa diet menurunkan kalori, Shandy sendiri memilih untuk tetap beraktivitas dan bergerak sejak masa kehamilan. Ia bahkan rajin berolahraga seperti yoga, pilates, hingga berenang meski sering dicibir netizen berbahaya.

Mau seperti Shandy Aulia? Berikut ini cara mengecilkan perut sebelum atau usai melahirkan yang bisa dilakukan dengan mudah dan tak menimbulkan efek samping.

1. Yoga secara rutin sejak hamil

Yoga secara rutin sejak hamil - Biar Kayak Shandy Aulia Ini Tips Mengecilkan Perut Usai Lahiran

Yoga adalah aktivitas olah tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, fleksibilitas dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas fisik serta mental seseorang. Olahraga ini termasuk low impact, sehingga aman dilakukan ibu hamil. Namun, ebaiknya yoga dilakukan ketika di atas trisemester kedua atau di usia kehamilan mencapai empat belas minggu. 

Adapun 5 pose yoga yang memberi efek positif bagi tubuh ibu hamil antara lain:

  • “Cat cow”, mengurangi pegal
  • “Warrior II”, menguatkan kaki dan paha dalam
  • “Bridge”, melatih otot vagina, paha, serta lutut
  • “King Pigeon”, melenturkan panggul
  • “Butterfly”, membantu proses pembukaan

Setelah melahirkan, lanjutkan terus yoga dengan variasi gerakan lain. Pastikan kamu melakukannya ketika masa nifas selama 40 hari atau lebih telah selesai.

2. Biasakan berenang

Biasakan berenang - Biar Kayak Shandy Aulia Ini Tips Mengecilkan Perut Usai Lahiran

Untuk mengecilkan otot perut dan membentuk perut kencang, tidak cuma bisa kamu lakukan di darat. Berenang ternyata juga bisa membantu membentuk otot perut, terlebih bagi kamu yang baru saja melahirkan. Pada saat kamu bergerak di dalam air, tubuh akan menahan terjangan tekanan air yang bisa 12 kali lipat lebih kuat, dan itu akan membuat otot-otot perut dua kali lebih kuat dan kencang dibanding melakukan olahraga di darat.

3. Ikut pilates

Ikut pilates - Biar Kayak Shandy Aulia Ini Tips Mengecilkan Perut Usai Lahiran

Pilates merupakan olahraga yang berfokus pada keseimbangan, fleksibilitas, penguatan postur tubuh. Gerakan-gerakan dasar pilates dapat melatih tubuh untuk bergerak dengan kekuatan otot. Bila dilakukan dengan rutin, pilates akan membentuk tubuh menjadi lebih langsing dan berisi.

Jadi, olahraga ini sangat cocok bagi ibu yang ingin mengembalikan postur tubuh ideal pasca melahirkan. Bila tidak sempat ke tempat fitness karena harus mengurus bayi,  berlatih lewat tutorial di YouTube pun cukup. Itulah mengapa pilates dinilai sangat efektif, tapi juga mudah dilakukan. 

(Baca Juga: Deretan Pompa ASI Elektrik Terbaik 2020. Busui Wajib Punya!)

4. Konsumsi probiotik

Konsumsi probiotik - Biar Kayak Shandy Aulia Ini Tips Mengecilkan Perut Usai Lahiran

Jika kamu memiliki masalah perut buncit setelah melahirkan, selain berolahraga rutin, mengonsumsi probiotik juga disarankan. Sebab, minuman ini ampuh melancarakan sistem pencernaan. Hal tersebut diungkapkan oleh ahli gizi Jonny Bowden, PhD, penulis buku The Most Effective Natural Cures on Earth. Bahwa untuk memastikan saluran buang airmu bekerja dengan optimal, Bowden menyarankan untuk makan satu porsi makanan kaya probiotik setiap hari seperti yogurt, buttermilk, kimchi, miso, atau asinan kubis.

5. Menyusui

Menyusui - Biar Kayak Shandy Aulia Ini Tips Mengecilkan Perut Usai Lahiran

Kegiatan menyusui ini terbilang sederhana karena memang suatu kewajiban, tapi menyimpan  banyak manfaat yang bisa didapat. Selain baik untuk imunitas bayi, menyusui juga efektif  membakar kalori dalam tubuh. Menurut berbagai sumber, menyusui ternyata bisa memangkas 500 hingga 700 kalori per hari.

Apalagi saat menyusui, kontraksi yang terasa di perut merupakan tanda kalau rahim sedang mengecil agar bentuk perutmu kembali normal. Jika kamu menurunkan sekitar 1 kilogram dalam seminggu, kemungkinan tidak berpengaruh dalam produk ASI. Namun, sebaiknya konsultasikan ke dokter jika hendak menurunkan berat badan di saat menyusui.

6. Perbanyak minum air putih

Perbanyak minum air putih - Biar Kayak Shandy Aulia Ini Tips Mengecilkan Perut Usai Lahiran

Air putih memiliki manfaat yang tak sepele. Memperbanyak konsumsi air putih sangat efektif melancarkan metabolisme. Apalagi setela melahirkan, seorang ibu kerap mengalami sembelit. Dengan pencernaan yang lebih baik, sehingga turut mempengaruhi bentuk perut itu sendiri. Memperbanyak konsumsi air putih juga bisa mencairkan konsentrasi sodium di dalam tubuh sehingga dapat memperbanyak air yang keluar pada sistem pencernaan. 

Ya, seperti itulah beberapa cara aman dan mudah untuk para ibu yang memiliki masalah dengan perut besar setelah melahirkan. Semoga cara tersebut bisa bermanfaat dan tak ada salahnya jika kamu mencobanya di rumah.

Miliki kartu kredit untuk memudahkanmu jika ingin mendaftar sebagai member di tempat-tempat gym. Apply secara online melalui CekAja.com, yuk!

(Baca Juga: Diet Udah, Nge-gym Juga Udah, Tapi Gak Kurus Juga? Mungkin Ini Penyebabnya)

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.