Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Biar Rumah Seger, Simak Tips Membuat Taman yang Menyenangkan!

by Teti Purwanti on 23 Juli, 2019

Keberadaan taman di area rumah tentu akan membuat suasana terasa segar dan menyenangkan. Namun, jika ingin membuatnya, jangan sembarangan ya! Perhatikan beberapa tips membuat taman di bawah ini agar hasilnya apik dan menarik. 

tips membuat taman

Sebelum menyimak tipsnya, simak dahulu prediksi dari Organisasi Buruh Sedunia (ILO) yaitu bahwa pemanasan global ternyata menyebabkan stres. Bahkan stres akibat pemanasan global dapat menyebabkan orang kehilangan pekerjaan dan mengalami kerugian ekonomi pada tahun 2030 nanti.

Dikatakan, naiknya suhu dan meningkatnya stres di tempat kerja akan menyebabkan hilangnya pekerjaan penuh waktu bernilai 80 juta dolar dan kerugian ekonomi global sebesar 2,4 triliun dolar pada 2030. Oleh karena itu, bagi kamu yang saat ini sudah merasa stres bekerja pasti ingin membuat rumah yang senyaman mungkin dan menyejukan dengan taman yang bisa kamu pandangi sambil bersantai.

Keberadaan sebuah taman di dalam lingkungan rumah barangkali bukan menjadi perhatian utama bagi penghuninya. Namun, keberadaan taman dapat memberikan kontribusi positif terhadap rumah ataupun penghuni rumah itu sendiri. Rumah akan terlihat semakin cantik dan menarik apabila dilengkapi dengan bagian taman. Selain itu, kesegaran udara yang dihasilkan dari taman diyakini mampu memberikan pengaruh positif terhadap susana hati penghuninya.

Agar dapat menciptakan taman yang dapat memberikan kontribusi positif tersebut, tentu pemilik rumah tidak ujug-ujug menanam tanaman apa pun. Perlu diperhatikan beberapa hal sehingga taman yang dihasilkan berfungsi sebagaimana mestinya. Berikut beberapa tips yang dapat diterapkan dalam membuat taman rumah.

1. Perhatikan ketersediaan lahan

Mengenali ketersediaan lahan di lingkungan rumah tentu menjadi langkah awal yang harus dilakukan sebelum mengeksekusi pembuatan taman. Apalagi, rumah-rumah yang tersedia saat ini memiliki lahan yang sedikit, atau kalaupun cukup besar, pasti akan lebih dimaksimalkan untuk bangunan.

Taman dapat dibuat di bagian mana pun, baik di depan, di samping, maupun di belakang rumah. Saat ini bahkan ada pula taman yang dibuat di atap, loteng, dan lantai dua rumah. Yang menjadi pertimbangan adalah jenis taman atau tema yang akan dibuat tentu berbeda jika diterapkan di setiap bagian tersebut.

(Baca juga: Cara Hemat Listrik Rumah Tangga yang Tahun Depan Tarifnya Bakal Naik)
2. Desain tata letak taman

Sebelum telanjur melakukan pembelian bahan-bahan untuk taman, ada baiknya dibuat desain tata letak taman terlebih dahulu. Apalagi kalau sudah mengeluarkan kocek yang besar, tentu tidak ingin menyesal karena hasil taman yang dibuat sepenuh hati, tidak sesuai keinginan.

Desain tersebut dapat membantu dalam menentukan jenis tanaman yang akan ditanam. Dengan ada desain ini, tentu akan terlihat perbedaan antara taman yang akan dibuat di bagian depan, samping, belakang, bahkan di pagar. Konsep yang jelas juga tentu akan memaksimalkan taman menjadi lebih indah dan sedap dipandang.

3. Tentukan tema taman

Guna keserasian dengan bangunan rumah, tema taman tentu harus disesuaikan dengan tema atau konsep rumah. Beberapa tema taman, seperti klasik, modern, tropis, dapat diterapkan sesuai konsep rumah. Namun, tema taman minimalis umumnya dapat diterapkan pada semua konsep rumah. Tema minimalis juga tengah gandrung di kalangan rumah milenial, yang memilih tidak mau ribet bahkan untuk urusan rumah dan di taman.

4. Pemilihan tanaman

Setelah melakukan hal-hal di atas, hal yang sangat menentukan dalam pembuatan taman adalah pemilihan tanaman. Desain dan tema yang bagus tapi tidak diikuti dengan pemilihan tanaman yang tepat, tentu akan dapat merusak citra dari taman itu sendiri. Pilihlah tanaman yang sesuai dengan luas lahan yang tersedia. Selain itu, jangan lupa pilih tanaman favorit yang sesuai. Dengan adanya tanaman favorit pasti akan menambah semangat untuk menjaga kecantikan taman.

(Baca juga: Mau Beli Rumah Lebih Murah dari Harga Pasaran? Simak Kiatnya!)
5. Drainase taman

Guna menghindari terjadinya genangan pada taman yang dibuat, perlu diperhatikan saluran air pada taman yang akan dibuat. Dengan demikian, intensitas hujan yang tinggi tidak akan merusak keadaan taman rumah. Selain itu, pastikan juga dengan keadaan drainase yang baik mampu mencukupi kebutuhan taman akan air, apalagi di musim kemarau.

Jangan lupa pula siapkan bangku atau ayunan yang akan mempercantik taman, dan menjadi tempat berkontemplasi setelah hari yang panjang di kantor. Kamu tentu tidak mau stres karena terlalu banyak bekerja bukan? Selamat membangun taman impian!

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami