Segini Biaya dan Lokasi Rapid Test Antigen Jabodetabek Terbaru

6 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri pada

Biaya dan lokasi rapid test antigen Jabodetabek terbaru sudah semestinya diketahui masyarakat Indonesia, khususnya yang ingin bepergian saat libur akhir tahun nanti. Dan berikut informasinya khusus untuk kamu.

Terhitung sejak 18 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021 mendatang, pemerintah DKI Jakarta resmi memberlakukan aturan rapid test antigen bagi masyarakat yang ingin keluar masuk ibu kota, atau wilayah Jabodetabek.

Hal itu dilakukan guna menekan angka penyebaran virus Corona, khususnya saat libur panjang Natal dan Tahun Baru nanti.

Sebelumnya, pemerintah menerapkan rapid test antibodi untuk masyarakat yang ingin bepergian dengan transportasi umum.

Memang, biaya yang dipatok untuk mengikuti rapid test antibodi lebih murah.

Namun, tingkat akurasi dari rapid test antibodi cenderung rendah, bila dibandingkan dengan rapid test antigen maupun PCR.

Apa itu Rapid Test Antigen?

Sebelum membahas mengenai besaran biaya dan lokasi rapid test antigen Jabodetabek, ada baiknya kamu pahami dulu mengenai istilah rapid test tersebut, mengingat tidak semua orang paham akan hal itu.

Meski namanya ‘rapid test’, namun tes mendeteksi virus Corona ini punya prosedur berbeda dari rapit test pada umumnya.

Rapid test antigen dilakukan bukan dengan mengambil sampel darah, tapi sampel lendir dari swab nasofaring atau osofaring, mirip dengan test PCR.

Tujuannya adalah untuk mendeteksi potensi virus (antigen) yang ada pada tubuh, lewat sekresi hidung maupun tenggorokan.

Dalam medis, rapid test antigen ini hanyalah screening awal untuk mendeteksi kemungkinan virus Corona.

Menurut pihak CDC, rapid test antigen sendiri sangat cocok dilakukan bagi pasien tanpa gejala atau yang sudah berkontak langsung dengan pasien positif Corona.

Lama Waktu Berlakunya Rapid Test Antigen

Untuk masa berlakunya, hasil rapid test antigen masih sama dengan masa berlaku rapid test antibodi maupun PCR, yaitu 14 hari.

Hal itu juga sudah disampaikan oleh pemerintah lewat Surat Edaran Gugus Tugas Nomor 9 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19.

(Baca Juga: 9 Tips Liburan di Masa Pandemi Corona)

Berikut Biaya dan Lokasi Rapid Test Antigen Jabodetabek

Nah, buat kamu yang berencana untuk travelling saat libur akhir tahun nanti, jangan lupa lakukan rapid test antigen ya.

Dan berikut CekAja rangkum informasinya, mengenai biaya dan lokasi rapid test antigen Jabodetabek, khusus buat kamu.

1. Omni Hospital

Omni Hospital menyediakan layanan rapid test antigen untuk masyarakat yang ingin menjalani test deteksi virus Corona.

Prosedurnya sendiri dilakukan saat masyarakat sudah membuat appointment 1 hari sebelumnya.

Untuk biayanya, menurut pantauan CekAja dari berbagai sumber, rapid test antigen di jaringan Omni Hopsital manapun bakal dikenakan biaya sebesar Rp575 ribu.

Dan menyoal lokasinya sendiri, kamu bisa mendatangi Omni Hospital yang ada di Alam Sutera, Pelamos, Cikarang, ataupun Pekayon, untuk mendapatkan pelayanan rapid test antigen.

2. Klinik Tridatama

Selain Omni Hospital, kamu juga bisa mendatangi Klinik Tridatama yang berada di kawasan CIBIS Park Nomor 2, Jalan TB Simatupang, Cilandak Tim, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Klinik tersebut menyediakan layanan rapid test secara drive thru dengan biaya sama yakni Rp349 ribu.

3. Klinik Raditya Medical Center

Klinik Raditya Medical Center berada di Jalan Margonda Raya Nomor 45, Kemiri Muka, Kecamatan Beji, Kota Depok.

Klinik ini menyediakan layanan rapid test antigen dengan kisaran biaya Rp399 ribu hingga Rp474 ribu. Jadwal tesnya sendiri tiap Senin, Rabu, Kamis dan Jumat, dari pukul 10.00-14.00 WIB.

4. Laboratorium Klinik Pramita

Untuk kamu yang bertempat tinggal di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, cobalah layanan rapid test antigen di Laboratorium Klnik Pramita, terlebih jika Klinik Tridatama full booked.

Di klinik ini, layanan rapid test antigen akan dikenakan biaya sebesar Rp450 ribu.

Lokasi kliniknya sendiri berada di Jalan Karang Pola I Nomor 3, RT2/RW9, Jati Padang, Pasang Minggu, Jakarta Selatan.

5. Poliklinik Cellscience

Dengan biaya sebesar Rp420 ribu, kamu sudah bisa mendapatkan pelayanan rapid test antigen di berbagai jaringan Poliklinik Cellscience.

Adapun lokasi dari poliklinik ini antara lain:

  • Jalan Pantai Indah Selatan Nomor 11, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara
  • Lippo Mall Puri Lantai 2 Unit 9, Kembangan Selatan, Kembangan, Jakarta Barat
  • Lippo Mall Kemang, 1St Floor Unit 5, Jalan Pangeran Antasari, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan
  • Mall Kota Kasablanca, UG Floor Unit 73, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan

6. Bandara Soekarno Hatta

Kalau tak mau repot mengunjungi klinik sebelum bepergian, kamu juga bisa mencoba langsung layanan rapid test antigen di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Hanya saja, untuk melakukan rapid test di sana, kamu mesti datang lebih awal paling tidak 3-4 jam sebelum keberangkatan, guna mencegah antrean yang panjang.

Untuk kisaran harganya, rapid test antigen di Bandara Soekarno Hatta cenderung lebih murah dibandingkan layanan kesehatan sebelumnya, yakni hanya Rp200 ribu saja.

Menyoal lokasinya, berikut beberapa tempat yang bisa kamu tuju untuk melakukan rapid test antigen di Bandara Internasional Soekarno Hatta:

  • Farmalab Airport Health Center
  • Drive thru test di lapangan parkir area Terminal 3 Domestik
  • Area parkir Terminal 1B dan Terminal 2D
  • Shelter Syktrain di Terminal 2
  • Terminal 3 (area Lounge Umroh)

Khusus Shelter Skytrain dan area Lounge Umroh, calon penumpang pesawat bisa melakukan pemesanan layanan rapid test antigen terlebih dulu, lewat aplikasi Travelation milik PT Angkasa Pura II.

7. Lab Klinik Cakra Medika

Laboratorium Klinik Cakra Medika menyediakan layanan rapid test antigen dengan lama waktu menunggu kurang lebih satu jam, dan biaya Rp250 ribu per orang.

Klinik ini berada di Jalan Raya Cikarang-Cibarusuh, Bekasi, Jawa Barat.

Untuk jadwal tesnya, Klinik Cakra Medika membuka dua sesi di Hari Senin-Jumat (08.00-15.00 WIB), dan Sabtu (08.00-11.00 WIB).

8. Gloskin Aesthetic Clinic

Di kawasan Ruko Grand Soepomo, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan, terdapat klinik yang menyediakan layanan rapid test antigen, PCR dan rapid test antibodi, namanya Gloskin Aesthetic Clinic.

Di klinik tersebut, tiap orang yang melakukan rapid test antigen akan dikenakan biaya sebesar Rp665 ribu. Jadwal tesnya sendiri tiap Senin sampai Sabtu, dari pukul 10.00-20.00 WIB.

(Baca Juga: 3 Cara Membedakan Batuk Biasa dengan Covid-19)

9. RS Harapan Sehati

RS Harapan Sehati yang berlokasi di Jalan Tegar Beriman, Nomor 9F, Bojong Baru, Bogor, juga menyediakan layanan rapid test antigen dengan waktu tunggu kurang lebih setengah jam.

Biaya yang dipatok untuk satu kali rapid test antigen di rumah sakit tersebut juga murah, hanya sekitar Rp150 ribu saja per orangnya.

10. Klinik Miracle

Klinik Miracle juga menyediakan layanan rapid test antigen dengan biaya Rp550 ribu.

Lokasi klinik ini berada di Sudirman Plaza-Indofood Tower, Lantai 8, Setiabudi, Jakarta Selatan.

11. Klinik Hanuro

Berlokasi di Jalan Yudistira Raya Komplek Pemda Nomor 61, Bekasi, layanan kesehatan ini menyediakan rapid test antigen dengan tarif per orangnya sebesar Rp300 ribu.

Untuk mencoba layanan rapid test di Klinik Hanuro, kamu harus membuat appointment terlebih dulu.

Setelahnya, pihak klinik akan melayani kamu untuk mengikuti prosedur rapid test, dan hasil tes akan keluar sekitar 1-2 jam.

12. Klinik Puspita

Jaringan Klinik Puspita yang tersebar di beberapa titik di Jakarta, juga menyediakan layanan rapid test antigen dengan biaya Rp349 ribu.

Adapun lokasi dari klinik tersebut, antara lain di:

  • Jalan Benyamin Suaeb, Pandemangan, Jakarta Utara
  • Jalan Raya Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat
  • Parkir Hall C Jiexpo

Selain mendatangi langsung klinik, kamu juga bisa mencoba layanan rapid test antigen home care-nya dengan ketentuan sistem paket di atas 10 orang. Tarifnya sendiri mulai dari Rp360 ribu.

13. AIC Medical Clinic

Terakhir, layanan kesehatan di kawasan Jabodetabek yang menyediakan fasilitas rapid test antigen adalah AIC Medical Clinic.

Klinik ini berlokasi di Jalan Prof Dr. Satrio Nomor 18, Kuningan, Jakarta Selatan. Biaya rapid tesnya sendiri sekitaran Rp250 ribu per orangnya.

Nah, itu tadi informasi mengenai biaya dan lokasi rapid test antigen Jabodetabek. Ingat, selalu jaga kesehatanmu meski sudah menjalani prosedur rapid test maupun PCR.

Sebab, virus Corona itu dapat menyerang siapa saja, meski mungkin kita selalu rutin berolahraga dan jarang keluar rumah.

Selain memberi perlindungan dari dalam, kamu juga butuh asuransi kesehatan dari CekAja.com, untuk melindungi diri dari risiko penyakit.

Bukan hanya risiko penyakit saja, asuransi kesehatan juga dapat melindungi kondisi finansialmu akibat dari ongkos medis, yang kadang kala tak murah.

Di CekAja.com, kamu bukan hanya bisa langsung membeli polis asuransinya, namun juga membandingkan dulu mana sekiranya produk yang cocok dengan kebutuhan dan bujet.

Jadi, yuk langsung kepoin asuransi kesehatan di CekAja.com, dan nikmati seluruh manfaatnya untuk diri sendiri dan keluarga.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri