Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

3 menit waktu bacaan

Biaya Kuliah di Universitas Indonesia Jadi Murah? Ini Tipsnya

by lhmdi on 17 February, 2016

biaya kuliah - CekAja.com

Memiliki rencana bergabung dengan Universitas bergengsi tentunya memiliki risiko, salah satunya adalah biaya kuliah di Universitas Indonesia yang begitu mahal.

Universitas Indonesia, atau yang dikenal juga dengan sebutan UI, merupakan kampus yang paling banyak dicari oleh calon mahasiswa untuk meneruskan pendidikan di bangku kuliah. Namun, sering terkendala oleh biaya yang besar, apalagi jika sudah memilih fakultas favorit.

Lalu apa saja langkah agar mengikuti perkuliahan di Universitas Indonesia bisa berjalan dengan lancar dan sukses? Uraian berikut ini akan membantu kamu mendapatkan gambaran bagaimana memulai merencanakan perkuliahan di di kampus yang berlokasi di Depok, Jawa Barat ini:

  1. Melalui jalur undangan

Cara pertama agar bisa berkuliah di Universitas Indonesia adalah dengan mengikuti jalur undangan. Seorang siswa yang sudah lulus sekolah menengah ke atas dengan nilai raport yang bagus biasanya akan mendapatkan prestasi sekolah yang baik.

pinjaman tanpa jaminan kta tanpa agunan-CekAja.com

Undangan ini bisa diikuti ketika sekolah tersebut sudah bekerjasama dengan UI untuk mendaftarkan siswanya di program ini. Biaya kuliah di ui fakultas kedokteran, memang tak murah. Untuk mensiasati biaya kuliah di universitas indonesia, kamu harus kerja sampingan.

  1. Ujian tertulis

Ini adalah salah satu pilihan yang paling banyak dilakukan oleh calon mahasiswa. Mengikuti ujian tertulis merupakan salah satu cara untuk bisa mengikuti perkuliahan di Universitas Indonesia. Biaya kuliah kedokteran ui jalur snmptn, lebih murah dibandingkan yang lain seperti biaya kuliah simak ui. Harganya sama seperti biaya kuliah ui kelas internasional.

Dua jalur ini baru saja menjadi tahap awal agar bisa mendapatkan pengajaran dari dosen-dosen berkualitas di Universitas Indonesia. Lalu bagaimana mengatasi permasalahan jumlah biaya kuliah di Universitas Indonesia yang sangat tinggi? Ini tips yang bisa kamu coba:

  1. Punya prestasi

Prestasi akademik dan non akademik akan membantu kamu untuk mendapatkan percobaan mengenyam pendidikan di Universitas Indonesia. Selain nilai raport atau peringkat kelas yang jelas tertuang dalam bentuk angka prestasi seperti kegiatan olahraga atau kesenian pun bisa menjadi pertimbangan dari pihak Universitas.

Selain itu, kegiatan ini juga bisa membentuk pengembangan diri kamu ketika nantinya akan mengenyam bangku perkuliahan. Aktif dalam belajar serta aktif dengan berbagai kegiatan dan mendapatkan nilai postitif dapat memicu kamu untuk diterima di Universitas Indonesia.

  1. Cek terus informasi Beasiswa

Informasi tentang beasiswa kuliah biasanya akan selalu diumumkan oleh pihak sekolah atau pihak Universitas jauh-jauh hari, sebelum masa perkuliahan dimulai.

Nah! Bagi kamu yang ingin mendapatkan keringanan biaya kuliah di Universitas Indonesia dapat mencari informasi beasiswa sebanyak-banyaknya. Apalagi dengan mengikuti program beasiswa biaya kuliah akan jadi lebih ringan. Jadi jangan lupa untuk update terus informasi beasiswa khususnya dari Universitas Indonesia.

  1. Siapkan kelengkapan dokumen

Jika kamu memilih jalur beasiswa, maka ada hal-hal penting yang dipersiapkan sebelumnya. Pertama, kesiapan kompetensi serta kelengkapan identitas.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mempelajari hal-hal yang terkait dengan pendidikan yang akan dijalani nantinya. Mempelajari kisi-kisi soal hingga menambah pengetahuan dengan banyak membaca akan membantu meningkatkan wawasan kamu untuk mengikuti tes beasiswa di UI.

Selain itu, jangan lupa pula untuk menyiapkan dokumen seperti proposal, surat rekomendasi pendidikan, kelengkapan identitas pribadi dan dokumen lainnya yang sangat dibutuhkan.

Setelah mempersiapkan tips ini setidaknya biaya kuliah di Universitas Indonesia jadi lebih ringan kan?

  1. Menyiapkan rencana cadangan

Rencana cadangan untuk masuk di Universitas lain setidaknya juga bisa kamu persiapkan. Terdapat banyak Universitas lain yang kualitasnya tidak kalah dari Universitas Indonesia.

Selain itu, cara ini juga digunakan untuk mengantisipasi jika kamu tidak diterima di Universitas Indonesia, terdapat pilihan lain yang bisa dialihkan ke Universitas lainnya. Selain Universitas Negri, beberapa Universitas Swasta pun layak dipertimbangkan.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami