Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Biaya Mendaki 5 Gunung Tertinggi di Indonesia

by Rafly Aditia on 10 Maret, 2016

Mendaki merupakan salah satu aktivitas kegemaran anak-anak muda Indonesia masa kini. Banyak sekali muda-mudi bangsa yang menggemari pendakian gunung. Mendaki juga melatih kemandirian dan menumbuhkan kecintaan pada alam. Tapi, tahukah kamu bahwa untuk mendaki gunung-gunung tertinggi di Indonesia orang harus merogoh kocek cukup dalam?

Kamu pasti geleng-geleng kepala kalau tahu estimasi biaya yang diperlukan untuk mendaki 5 gunung tertinggi di Indonesia berikut ini :

1. Puncak Cartenz (Jaya Wijaya), Papua

Bagi para pendaki gunung, puncak Cartenz di pegunungan Jaya Wijaya, Papua adalah salah satu mimpi yang sangat ingin diwujudkan. Dengan ketinggian mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut membuat puncak Jaya selalu diselimuti oleh salju. Bahkan, puncak Jaya juga masuk dalam daftar 7 gunung tertinggi yang ada di dunia.

Untuk urusan biaya, setidaknya kamu perlu mengeluarkan uang sekitar US$ 8.000-11.000 untuk wisatawan asing dan sekitar 30-40 juta untuk wisatawan lokal.

(Baca juga: Fakta dan Mitos Kerajaan Bisnis Donald Trump)

2. Puncak Mandala (Jaya Wijaya), Papua

Lagi-lagi daratan Papua menyumbang perwakilannya dalam daftar gunung tertinggi di Indonesia. Puncak Mandala yang memiliki ketinggian 4.760 meter di atas permukaan laut dan menjadi salah satu puncak di pegunungan Jayawijaya. Pada sekitar tahun 1990an, puncak Mandala menjadi langganan hempasan salju tetapi berhubung saat ini pemanasan global semakin parah dan memperburuk iklim bumi, maka salju-salju tersebut mulai hilang.

Biayanya kurang lebih masih sama dengan mendaki puncak Jaya karena masih satu pegunungan. Sekitar US$ 8000-11.000 untuk wisatawan asing dan sekitar Rp 30-Rp 40 juta untuk wisatawan lokal. Tentunya biaya ini di luar biaya transportasi dari lokasimu ya.

3. Puncak Trikora, Papua

Dikenal dengan nama Wilhemina Peak, Puncak Trikora tentu menjadi salah satu gunung impian para pendaki profesional. Memiliki ketinggian hingga 4.750 meter membuat Puncak Trikora yang ada di wilayah Papua menduduki daftar ketiga gunung tertinggi di Indonesia.

Diperkirakan, biaya untuk mendaki puncak ini jumlahnya sama dengan yang dibutuhkan untuk mendaki puncak Jayawijaya lainnya.

(Baca juga: Daftar Terbaru MIliarder & Orang Terkaya di Dunia)

4. Gunung Kerinci, Sumatera

Gunung kerinci adalah salah satu gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Berlokasi di pulau Sumatera, Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumatera. Dengan ketinggian sekitar 3.805 mdpl membuat gunung ini menjadi obyek wisata yang paling populer di Sumatera.

Menurut sebuah situs perjalanan, biaya yang diperlukan untuk mendaki gunung Kerinci mencapai Rp 3,2 juta per orang via Bandara Soekarno Hatta. Tentunya ini merupakan harga yang sangat sepadan bila dibandingkan dengan keindahan dan pesona yang ditawarkan Gunung Kerinci.

5. Gunung Rinjani, NTB

Beralih ke wilayah Nusa Tenggara Barat, Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung yang sangat ingin ditakluki oleh para pendaki gunung. Ketinggian yang mencapai 3.726 mdpl membuat Gunung Rinjani menarik minat masyarakat terutama para pecinta alam.

Bagi kamu yang penasaran mendaki puncak Gunung Rinjani cukup sediakan uang senilai Rp 3,5 juta per orang. Harga tersebut sudah termasuk biaya pesawat loh.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami